7 Tips Memilih RAM yang Cocok dengan motherboard

Berikut ini merupakan tips dalam memilih RAM yang cocok dengan motherboard laptop ataupun Komputer. Hal yang paling penting dalam mengupgrade RAM adalah dengan memilih speed di atas nya, namun ada berapa spesifikasi yang harus diperhatikan. Simak tips Memilih RAM yang Cocok dengan motherboard.

7 Tips Memilih RAM yang Cocok dengan motherboard

Lihat Langsung RAM Komputer/laptop

Kita hanya membandingkan tulisan di RAM yang sudah kita punya dengan yang ingin kita beli, bandingkan tulisan di RAM yang sudah kita punya dengan yang ingin kita beli, kalian juga bisa tanyakan langsung ke toko komputer dan biarkan petugas toko yang mencari yang cocok

memilih RAM yang cocok dengan motherboard

Sistem Operasi yang di Gunakan

Untuk mengecek sistem operasi 32bit atau 64bit, silahkan pergi control panel. Dibagian system, maka akan menemukan seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah.

memilih RAM yang cocok dengan motherboard

Jika windows dikomputer kalian masih 32bit dan ingin upgrade RAM diatas 4GB maka OS kalian harus diinstall ulang ke windows 64bit terlebih dahulu biar ram yang terbaca di computer/laptot diatas 4GB . untuk cek kapasitas maksimal pada system operasi bisa kita search google dengan kata kunci “ physical memory limits windows “ sebagai contoh lihat gambar dibawah

memilih RAM yang cocok dengan motherboard

Maka pada windows 10 home utk 32bit maks ram yg 4GB dan 64 Bit maks ram 128 GB

Slot

jika motherboard PC atau laptop anda mendukung dual channel, maka pilihlah RAM yang memiliki jumlah ganda. Contoh Sebaiknya pilih 2 buah memori dengan kapasitas 2GB dari pada hanya membeli 1 buah memori RAM berkapasitas 4 GB.agar kinerja sistem komputer lebih optimal karena berjalan pada 2 channel yang seimbang. Sebagian besar motherboard mempunyai 2 atau 4 slot pemasangan RAM. Kamu bisa memanfaatkan semua slot itu untuk memasang RAM yang sudah dibeli

memilih RAM yang cocok dengan motherboard

Tipe RAM

Tipe RAM yang digunakan sekarang ini apakah DDR2, DDR3, DDR3L, DDR4 atau bahkan DDR5 generasi terbaru, yang sering terjadi adalah kesalahan membeli tipe memori RAM, yang seharusnya dibeli DDR3, malahan beli DDR4 ataupun sebaliknya (yang sudah pasti tidak cocok dan tidak bisa digunakan).

memilih RAM yang cocok dengan motherboard

Untuk mengecek tipe RAM sobat bisa menggunakan aplikasi windows yaitu CPU-Z,dan untuk kecepatan RAM bisa melihat task manager.

Frekuensi RAM

Jika anda memiliki motherboard dual channel 8GB dengan clock 1.333 MHz, maka RAM berkapasitas 16 GB dengan clock 1.866 MHz tidak dapat kamu pasang karena kinerjanya tidak akan maksimal dan membuat PC atau laptop menjadi tidak stabil

memilih RAM yang cocok dengan motherboard

Kapasitas RAM

Untuk menentukan kapasitas RAM, semakin besar tentu semakin baik. Tergantung dari memory controller yang ada di prosesor. Beberapa prosesor memiliki nilai kapasitas maksimal RAM yang berbeda-beda . Untuk mencari nilai maksimal RAM kamu bisa search Google. Untuk Intel, search dengan rumus “Ark (Tipe Prosesor)”.

BACA JUGA : Tips Memilih Power Supply komputer/PC

Bedakan RAM untuk PC dan Laptop

Jika anda menggunakan PC pilihlah RAM tipe DIMM, LODIMM, atau LO DIMM. Sementara itu, untuk laptop pilihlah RAM tipe SODIMM atau SO-DIMM.

Begitulah cara memilih RAM yang cocok dengan motherboard. Tonton juga videonya di channel di bawah ini :

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top