Rangkaian Alat Detektor Kelembaban Tanah pada Penyiraman Tanaman

Rangkaian Alat Detektor Kelembaban Tanah Untuk Penyiraman Tanaman – Penyiraman tanaman secara rutin merupakan hal yang harus dilakukan untuk membantu tanaman tumbuh dengan subur dan terawat dengan baik. Namun seringkali kita lupa menyiram tanaman di rumah atau kantor kita karena adanya kesibukan lain.

Apalagi jka tanaman tersebut berada di dalam ruangan maka memerlukan perawatan yang lebih dibandingkan dengan tanaman yang berada di luar. Untuk itulah pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat alat detektor kelembaban tanah untuk penyiraman tanaman.

Perangkat ini akan mengingatkan anda untuk menyirami tanaman setiap kali tanaman kering atau membutuhkan air. Alat ini akan mengeluarkan bunyi bip dan LED akan menyala ketika kedua probe sirkuit ini tidak mendeteksi adanya kelembaban di tanah tanaman.

Komponen yang diperlukan

Berikut ini komponen yang diperlukan pada Rangkaian detektor kelembaban tanah.

  • Resistor 100Ω
  • Resistor Variabel 300K
  • LED
  • Transistor 2N2222
  • Buzzer
  • Probe

Pinout 2N2222

Komponen utama pada rangakain ini menggunakan transistor 2N2222 yang mana kaki pinoutnya ditunjukkan pada gambar dibawah ini ..

Rangkaian alat detektor kelembaban tanah

Rangkaian alat detektor kelembaban tanah

Prinsip Kerja Rangkaian

Rangkaian ini beroperasi pada tegangan 3,6 volt. Dua probe digunakan untuk mendeteksi keberadaan kelembaban di dalam tanah. Ketika tanah menjadi kering, probe akan mendeteksinya dan mengalirkan arus ke transistor yang akan mengaktifkan LED dan buzzer. Resistor variabel digunakan untuk mengatur tingkat kekeringan tanah yang diinginkan untuk mengaktifkan LED dan buzzer.

Untuk menyetel rangkaian, masukkan probe saat tanah lembab dan sesuaikan sedikit resistor variabel hingga LED dan bel berbunyi. Sekarang keluarkan satu probe dari tanah, Jika buzzer dan LED aktif menunjukkan bahwa rangkaian telah diatur dan siap digunakan.

Aplikasi dan Kegunaan

Rangkaian ini dapat digunakan sebagai alarm untuk tanaman anda di rumah, kantor, rumah kaca, irigasi dll. Dengan beberapa modifikasi, anda juga dapat membuat alat monitoring penyiram tanaman otomatis berbasis mikrokontroller.

Begitulah tutorial tentang cara membuat alat detektor kelembaban tanah untuk penyiraman tanaman. Dengan memanfaatkan rangkaian sederhana ini, anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika lupa menyiram tanaman. Semoga bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top