pengenalan API (Application Programming Interface)

Apa itu API Interface ?

Application Programming Interface atau yang disingkat dengan API adalah sebuah interface yang dapat menghubungkan antara beberapa perantara perangkat lunak atau yang dapat berperan sebagai perantara aplikasi satu dengan aplikasi lainnya

Hal ini dilakukan dengan penulisan source code tertentu sehingga Anda tidak perlu lagi membangun beragam layanan baru dari nol. Bahkan penggunaan berbagai jenis API interface dapat dilakukan secara bersamaan. Dengan implementasi API, Anda dapat mempercepat aktivitas development.

Fungsi api interface

  • Bisa menyediakan mekanisme ekstensi sehingga pengguna dapat memperluas fungsionalitas yang ada dengan berbagai cara dan ke berbagai tingkatan. 
  • Digunakan untuk komunikasi dengan berbagai bahasa pemrograman yang berbeda. Hal ini tentu cukup memudahkan bagi developer. Bahkan, developer tidak perlu menyediakan semua data sendiri karena cukup mengambil data yang dibutuhkan dari platform lain melalui API.
  • API memungkinkan produk atau layanan Anda berkomunikasi dengan produk dan layanan lain tanpa harus tahu bagaimana penerapannya. 
  • Mempunyai kemampuan untuk mengakses kode beberapa perusahaan platform secara terprogram melalui API menjadikannya sebuah platform

Jenis API Interface

Ada empat jenis API Interface yang sesuai dengan hak aksesnya yaitu : 

Public API

API ini bisa digunakan oleh siapa saja dalam lintas platform. Selain itu, jenis API ini paling mudah digunakan. Anda cukup mendaftar atau langsung memanfaatkannya di aplikasi Anda. Public API juga sering disebut dengan Open API. Contoh Public API untuk Google Maps dan API untuk data Covid Indonesia. 

Private API

Private API tidak terbuka untuk penggunaan umum. Biasanya, API jenis ini dibuat untuk keperluan internal dalam pengembangan aplikasi tertentu. Contoh, API dari back end yang digunakan untuk mengakses front end dari sebuah website. Atau, aplikasi untuk pengembangan aplikasi mobile.  

Partner API

Partner API bisa digunakan untuk kepentingan umum tapi sebatas pihak yang sudah memiliki izin penggunaannya. Seperti halnya public API, Anda perlu mendaftar kepada penyedia API terlebih dahulu. Kemudian, menggunakannya hanya di aplikasi tertentu sesuai perjanjian. Contohnya, API Pinterest. 

Composite API

Composite API merupakan API yang menyimpan data dari berbagai server dalam satu tempat. Tentunya, hal tersebut sangat menghemat waktu bagi pengguna. Itu karena pengguna bisa mendapatkan berbagai jenis data hanya dalam sekali akses. 

Cara Kerja api interface

API berkomunikasi melalui serangkaian aturan yang menentukan bagaimana komputer, aplikasi atau mesin dapat berbicara satu sama lain. Web API bertindak sebagai perantara antara dua mesin yang ingin terhubung satu sama lain untuk tugas tertentu. Contoh yang disederhanakan adalah ketika Anda masuk ke Facebook dari ponsel, Anda memberi tahu aplikasi Facebook bahwa Anda ingin mengakses akun Anda. Aplikasi seluler melakukan panggilan ke Web API untuk mengambil akun Facebook dan data Anda. Facebook kemudian akan mengakses informasi ini dari salah satu servernya dan mengembalikan data ke aplikasi seluler.

api interface adalah

Jenis API yang disebut web API ini adalah yang paling umum tetapi terbatas hanya untuk web. Ada API untuk hampir setiap mesin atau sistem yang mengharapkan untuk berinteraksi dengan mesin atau sistem lain.

BACA JUGA : JSON : Definisi, Fungsi, Struktur Dan Tipe Data

Jenis api interface yang digunakan Web Developer

Ada tiga jenis API interface yang sering digunakan oleh developer dalam pembangunan aplikasi. Nah, arsitektur ini berkaitan pada bentuk data yang dikirim. 

RPC

RPC merupakan teknologi untuk membuat komunikasi antara client side dan server side bisa dilakukan dengan konsep sederhana.  API ini memiliki dua jenis, yaitu :

  • XML-RPC, menggunakan format XML sebagai media perpindahan data
  • JSON-RPC, menggunakan JSON untuk perpindahan data

SOAP

Arsitektur API lainnya adalah SOAP (Simple Object Access Protocol). Arsitektur ini menggunakan XML (Extensible Markup Language) yang memungkinkan semua data disimpan dalam dokumen.

REST

REST atau Representational State Transfer adalah arsitektur API yang cukup populer karena kemudahan penggunaannya. Tak perlu coding yang panjang untuk menggunakannya. REST menggunakan JSON sebagai bentuk datanya sehingga lebih ringan. Performa aplikasi pun menjadi lebih baik. 

Implementasi API interface

Sebuah API dapat diimplementasikan dengan menulis sintaks dalam program yang menyediakan sarana untuk meminta layanan program. Mekanisme implementasi yang terjadi secara umum terdapat dalam penjelasan sebagai berikut.

Pengaksesan API

Tahap pengaksesan ini dilakukan oleh pihak Anda atau pengguna Application Programming Interface. Para programmer perlu mengetahui sasaran layanan atau informasi yang diperoleh beserta ketersediaannya. 

Menjalankan Request ke Server

Jika diperhatikan lebih lanjut, langkah pertama berupa pengaksesan API merupakan salah satu bentuk komunikasi. Komunikasi akan diteruskan ke server penyedia layanan jika alamat Application Programming Interface telah sesuai. Permintaan informasi dapat terjadi secara spesifik sesuai tipe method dalam request-nya.

Pengiriman Response oleh Server

Tindak lanjut atas request yang sudah diterima oleh server penyedia layanan dikomunikasikan dalam bentuk response. Hal ini merupakan informasi yang ingin diakses, misalnya jumlah kursi penumpang tersedia, nomor gerbong kereta api, nomor kursi duduk kereta api, waktu operasional kereta api, dan masih banyak lagi.

Penyampaian Response Untuk Aplikasi

Setelah hasil response telah dapat diterima oleh aplikasi, kemudian akan dikelola oleh algoritma yang dibuat dalam produk internal, misalnya pemotongan harga karena promosi bisnis, penyediaan fitur filter atau sort untuk pengurutan harga, dan masih banyak lagi.

Contoh Penggunaan API interface

  1. API memungkinkan Anda mengembangkan sebuah website dengan berbagai fitur yang lebih lengkap.Jika menggunakan WordPress, Anda bisa melakukan integrasi dengan berbagai platform menggunakan API. Salah satu contohnya adalah WordPress REST API
  2. Jika Anda ingin menyematkan peramban web untuk menampilkan satu atau beberapa laman web, misalnya, Anda tidak harus memprogram peramban web Anda sendiri dari awal hanya untuk aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan WKWebView API untuk menyematkan objek browser WebKit (Safari) di aplikasi Anda
  3. Google API : memungkinkan Anda untuk menghubungkan kode Anda ke seluruh jajaran layanan Google, dari Maps ke Translate. API sangat penting bagi Google sehingga mereka mengakuisisi Apigee, platform manajemen API terkemuka.
  4. API Facebook : memungkinkan Anda mengakses secara terprogram grafik sosial dan alat pemasaran Facebook. Facebook sendiri telah membatasi data pengguna apa saja yang dapat Anda akses melalui API ini di jalan keluar dari Cambridge Analytica dan skandal lainnya.

Manfaat API interface

Memudahkan Membangun Aplikasi yang Fungsional

Dengan menggunakan API, akan lebih mudah untuk membuat aplikasi yang fungsional dan kompleks. Tanpa harus menambahkan data secara manual. aplikasi yang dikembangkan akan memiliki fitur dari aplikasi tujuan. Sebagai contoh, pada aplikasi Grab. Sebagai sebuah platform layanan transportasi, peran peta sangatlah penting. Namun, Grab tidak perlu mengembangkan aplikasi peta sendiri. Dengan API, aplikasi tersebut cukup mengambil data dari Google Maps. Penggunaan API ini cukup membantu membuat platform Grab semakin besar. Alasannya, developer cukup mengembangkan layanan lain karena penggunaan peta sebagai elemen utama dipastikan berjalan dengan baik.

Pengembangan Aplikasi Menjadi Lebih Efisien

Kita tidak perlu melakukan komunikasi langsung dengan aplikasi lain. Cukup dengan komunikasi melalui API. Hal ini sangat membantu, terutama jika Anda ingin membangun aplikasi lintas platform dengan berbagai layanan sekaligus.  Sebagai contoh, Anda membangun website pemesanan tiket online untuk berbagai maskapai di dunia. Dengan bantuan API, Anda cukup melakukan integrasi untuk masing-masing layanan maskapai tersebut. Jadi, tidak perlu lagi melakukan komunikasi manual berupa update harga atau tersedianya tempat duduk.  Selain itu, Anda bisa dengan mudah menambahkan atau mengurangi integrasi layanan sesuai perkembangan bisnis Anda. 

Meringankan Beban Server

Kita tidak perlu menyimpan semua data yang pada server pribadi. Caranya cukup dengan meminta API untuk mendapatkan data terbaru dari server aplikasi asal. Dengan kondisi ini, maka server tidak akan terbebani sehingga  mengurangi resiko website tidak dapat diakses karena server down. 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top