Block Sharing Koneksi Hotspot MikroTik

Block sharing koneksi hotspot mikrotik – Biasanya koneksi yang menggunakan Hotspot pada MikroTik, terdapat beberapa IP atau device yang menggunakan traffic yang cukup tinggi. Hal ini karena IP atau device tersebut digunakan kembali untuk tethering atau di sharing lagi ke beberapa device.

Baca Juga : Solusi session time left mikrotik tidak muncul di halaman Status Hotspot

Namun kita masih dapat membatasi koneksi dari client agar tidak bisa disharing lagi. Hal ini agar koneksi hanya bisa digunakan oleh perangkat client yang terkoneksi langsung ke router saja, sehingga koneksi dari klien tersebut tidak dapat di sharing atau disebarkan kembali ke perangkat lainnya.

block sharing koneksi hotspot mikroTik

Untuk melakukan block atau membatasi sharing koneksi hotspot mikrotik tersebut konfigurasinya cukup mudah, yaitu kita hanya mengubah nilai TTL (Time To Live) dari packet download yang menuju ke client.

Berikut langkah-langkah block atau membatasi sharing koneksi hotspot mikrotik :

  1. Klik IP lalu pilih Firewall.
  2. Selanjutnya pilih menu Mangle.
  3. Lalu klik add (tanda plus +)
  4. Klik menu General.
  5. Pada menu Chain pilih Postrouting.
  6. Kemudian pada menu Out. Interface pilih Interface / IP Address yang akan di blokir
  7. Lalu klik menu Action.
  8. Pada kolom Action pilih Change TTL.
  9. Pada kolom TTL Action pilih Change.
  10. Selanjutnya pada New TTL isi nilai 1.
  11. Kemudian hilangkan tanda centang pada Passthrough.
  12. Terakhir klik Apply dan klik OK.
block sharing koneksi hotspot mikrotik

Selanjutnya kita akan menguji dengan melakukan test ping dari perangkat yang terkoneksi langsung ke router dengan perangkat yang terhubung melalui sharing koneksi.

Hasil Pengujian dan Kesimpulan

block sharing koneksi hotspot mikrotik

Ketika kita melakukan test PING dari kedua perangkat maka terlihat untuk nilai TTLnya menjadi ‘1’. Sedangkan test PING yang dilakukan di perangkat yang terhubung ke Wireless Router Client maka otomatis akan ‘Request Timeout‘.

Jadi, apabila perangkat yang langsung terhubung langsung ke Access Point utama bisa mengakses internet, Namun jika perangkat lain mengaktifkan Tethering, maka perangkat yang terhubung ke Tethering tersebut sudah tidak bisa mengakses internet.

Baca juga : Mengatasi User Hotspot Mikrotik Yang Sering Minta Login

Hal ini karena paket yang menuju ke perangkat itu sudah di-Drop karena nilai TTL pada packet header yang menjadi nilai ‘0 (Nol)’. Setiap packet data yang melewati jaringan dari ‘ sumber address’ ke ‘address tujuan’ akan ditambahkan informasi nilai TTL. Nilai TTL ini akan dikurangi satu persatu setiap melewati gateway (Layer3 device/Router).

Begitulah tutorial singkat mengenai cara membatasi atau block sharing koneksi atau tethering di hotspot MikroTik. Semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top