Cek GPU Clock Speed VGA CARD aplikasi GPU- Z

GPU clock speed adalah kecepatan inti dari GPU (unit pemrosesan grafis). Jika kecepatan clock GPU nya rendah, makin pemrosesannya juga semakin lama. Adapun inti berfungsi pembuat grafiknya. Untuk mengetahui clock speed gpu pada sebuah Vga Card, kita membutuhkan aplikasi yang bernama GPU-Z.

BACA JUGA : Mengatasi unsupported video driver pada adobe premiere pro

Aplikasi GPU- Z ini memiliki sebuah fungsi untuk cek GPU Clock Speed pada VGA CARD atau untuk mensimulasikan vga card dalam  keadaan load atau beban untuk menunjukkan clock yang sebenarnya. sebagai contoh disini saya menggunakan vga card yang low profile. yaitu nvidia GT 710.

GPU clock speed

Pada screenshot GPU-Z di atas, angka ‘954Mhz’ GPU Clock merupakan Base Clock,  boost 954Mhz’ adalah Boost clock. Sedangkan Max. Boost Clock adalah clock Maksimum yang diijinkan si GPU saat boost aktif ( terdeteksi lewat GPU-Z render test ). untuk menguji maks boost clock nya dengan cara mengklik bagian tanda tanya bus interface PCI E.

GPU clock speed

Jadi disini disimulasikan jika pada GPU mendeteksi bahwa aplikasi yang digunakan tidak memberikan load yang berat, dan masih ada power dan thermal headroom, maka si GPU akan secara otomatis meningkatkan clocknya.

GPU clock speed

Seperti pada gambar diatas, vga card ini maks gpu maksimunmyanya adalah 953, tentu setiap VGA card akan berbeda. Semakin tinggi nilai gpunya dari vga card maka akan semakin baik
Semoga bermanfaat …..😉

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top