Cara Instalasi Antena VSAT

Pada artikel ini kita akan membahas cara instalasi antena VSAT (Very Small Aperture Terminal). Antena VSAT umumnya digunakan untuk komunikasi data dua arah, seperti internet satelit, layanan telepon, atau jaringan pribadi virtual (VPN).

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pada instalasi antena VSAT, pada pembahasan ini saya menggunakan antena VSAT C-Band yang berdiameter 1.8 m. Hal ini saya rangkum berdasarkan pengalaman saya pribadi pada saat instalasi antena VSAT IP dari PT.PSN

Berikut beberapa langkah cara instalasi antena VSAT

1. Penentuan Lokasi

Tahap pertama saat instalasi, pastikan antena VSAT harus ditempatkan di lokasi yang tepat, biasanya di tempat terbuka tanpa hambatan yang signifikan dari pohon, bangunan, atau halangan lainnya yang dapat menghalangi pandangan langsung ke satelit.

2. Pengaturan Fisik Antena

Pada saat instalasi perangkat outdoor, antena VSAT harus dipasang dengan benar dan diatur sesuai dengan spesifikasi produsen. Pastikan tiang utama dari kaki antena sudah tegak lurus menggunakan waterpass/ inclinometer.

cara instalasi antena VSAT
Antena VSAT IP C-Band Diameter 1.8m

3. Koneksi Kabel

Sambungkan kabel IFL dari antena VSat ke modem satelit. Pastikan kabel tersebut terpasang dengan aman dan tidak mengalami kerusakan. Hubungkan BUC dan LNB dengan modem menggunakan kabel IFL. Kabel IFL in dari LNB terhubung ke RX modem sedangkan Kabel IFL Out dari BUC terhubung ke TX pada modem.

cara instalasi antena VSAT
Koneksi Kabel Outdoor & Indoor

4. Konfigurasi Perangkat Modem

Setelah antena terpasang dan kabel terhubung, langkah selanjutnya pada instalasi VSAT yaitu mengkonfigurasikan modem satelit sesuai petunjuk yang diberikan oleh penyedia layanan ISP VSAT. Ini meliputi pengaturan seperti alamat IP, pengaturan frekuensi, dan lain-lain.

Ada beberapa tahap Konfigurasi Perangkat Modem, diantaranya :

1. Nyalakan modem dan hubungkan dengan laptop lewat kabel Ethernet

2. Kemudian ubah IP laptop anda sesuai dengan IP default modem, biasanya 192.168.1.1.

3. Setelah itu akses ke modem via web browser menggunakan IP 192.168.1.1.

4. Selanjutnya konfigurasikan modem menggunakan parameter yang disediakan oleh ISP VSAT melalui kordinator.

Konfigurasi modem di web browser

5. Menentukan arah pointing

Setelah antena terpasang dengan benar dan modem sudah dikonfigurasikan, proses selanjutnya pada instalasi VSAT yaitu menentukan arah polarisasi, azimut dan elevasi berdasarkan data lokasi geografis. Ini melibatkan penggunaan kompas dan inclinometer. Selain itu, anda dapat mengetahui posisi satelit menggunakan aplikasi SatFinder yang dapat di download di playstore.

cara instalasi antena VSAT
Gambaran arah pointing antena

Sudut Azimuth adalah sudut yang dibentuk antara 00 (utara) dengan garis arah satelit Horizontal, yang dimulai dari Utara – Timur – Selatan – Barat – Utara. Sedangkan sudut Elevasi adalah sudut yang dibentuk oleh permukaan bumi dengan arah Satelit Vertical, dimana sudut 00 dimulai dari permukaan bumi. Untuk lebih jelas, perhatikan gambar (pengaturan pointing posisi antena VSAT) di pembahasan selanjutnya.

6. Pointing antena

Tahap selanjuntya dalam melakukan instalasi antena VSAT yaitu pointing. Pointing merupakan proses mengarahkan antena ke satelit komunikasi yang sesuai untuk mendapatkan koneksi yang baik. Ada tiga pengaturan posisi antena VSAT, yaitu sudut Azimuth, sudut Elevasi dan polarisasi.

cara instalasi antena VSAT
pengaturan pointing posisi antena VSAT

Anda dapat terhubung ke antena melalui monitor pada web browser, hal ini akan mempermudah anda saat melakukan pointing karena anda dapat melihat kekuatan sinyal satelit secara langsung. Lakukan pointing antena sambil memantau Signal pada Es/No pada Web browser, Mainkan azimuth dan elevasi sampai nilaiEs/No mendapatkan angka tertentu.

Jika setelah diarahkan tapi nilaiEs/No masih belum berubah, putar secara perlahan azimuth dan elevasinya sesuai arah satelit yang dituju sampai memperoleh nilai Es/No maksimal. Pastikan juga arah polar dari LNB sudah benar.

Signal pada Es/No pada Web browser

7. Crosspol

Tahap penting lainnya dalam instalasi antena VSAT yaitu melakukan crosspol. Cross polarization atau yang disingkat dengan crosspol merupakan sebuah proses untuk memastikan sekaligus memaksimalkan arah rambat sinyal dari VSAT ke transponder satelit yang telah di konfigurasi di dalam modem.

Crosspol diperlukan agar arah antena benar-benar maksimal dan optimal mengarah pada arah yang tepat dan tidak mengganggu pengguna satelit lain. Crosspol dilakukan dengan cara menghubungi NOC atau NMC pada provider satelit. Atau anda juga dapat berkordinasi dengan kordinator anda untuk tahap selanjutnya.

8. Uji Coba

Tahap akhir dari instalasi antena VSAT adalah dengan melakukan uji coba untuk memastikan bahwa koneksi VSAT anda berfungsi dengan baik. Periksa kecepatan unduh dan unggah, serta ping untuk melihat stabilitas koneksi.

Begitulah pembahasan mengenai cara instalasi antena VSAT. Proses ini mungkin memerlukan sedikit latihan dan kesabaran, tetapi dengan bantuan peralatan dan panduan yang tepat, anda dapat dengan cepat dan efektif mengarahkan antena VSAT mereka untuk koneksi yang handal.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top