Starlink : Cara Kerja Serta Kelebihan & kekurangan nya

Starlink : Cara Kerja Serta Kelebihan & kekurangan nya – Starlink adalah proyek yang dikembangkan oleh perusahaan SpaceX yang bertujuan untuk menyediakan akses internet global melalui jaringan satelit. Starlink menempatkan ribuan satelit ke luar angkasa yang berada pada ketinggian sekitar ± 550 km dan beratnya sekitar 250 kg. Satelit-satelit tersebut dapat ditempatkan ke orbit dalam jumlah banyak dengan sekali peluncuran.

Starlink menggunakan jaringan satelit di orbit rendah bumi, hal ini memungkinkan koneksi internet dengan cakupan yang luas, dan koneksi yang cepat sekitar 50 dan 200 Mbps dengan latensi sekitar 30 – 50 ms. Saat ini satelit starlink menggunakan pita frekuensi Ku-band untuk pengguna dan di Ka-band untuk gateway.

Satelit Starlink menggunakan orbit LEO (low earth orbit), dimana Satelit-satelit LEO ini bergerak dengan kecepatan tinggi memutari bumi sekitar 90 menit. Karena kecepatan tinggi, maka satelit starlink harus terus-menerus diorbitkan atau mereka akan jatuh ke Bumi dan terbakar di atmosfer.

Peluncuran & Konstelasi Satelit Starlink

Sebelum mengetahui sistem kerja Starlink, terlebih dahulu anda harus memahami peluncuran & Konstelasi satelit starlink. SpaceX meluncurkan ratusan satelit ke orbit rendah bumi menggunakan roket Falcon 9. Satelit-satelit ini membentuk konstelasi yang terdiri dari ribuan satelit kecil yang saling terhubung. Proses peluncuran satelit Starlink ini dapat berulang secara berkala seiring dengan pengembangan dan peningkatan konstelasi Starlink.

Setiap peluncuran membawa sejumlah satelit baru ke orbit, yang bertujuan untuk memperluas cakupan dan kapasitas jaringan Starlink. Setelah diluncurkan, sistem kerja konstelasi Starlink melibatkan koordinasi antara ribuan satelit kecil yang beroperasi di orbit rendah Bumi (LEO), stasiun darat atau gateway, dan terminal pengguna.

cara kerja satelit starlink

Starlink terdiri dari ribuan satelit kecil yang tersebar di seluruh permukaan bumi, yang memungkinkan jaringan starlink dapat menyediakan akses internet cepat dan andal di seluruh dunia. Dalam teknologi konstelasi starlink, satelit-satelit ini dirancang untuk berkomunikasi satu sama lain serta dengan stasiun darat atau gateway menggunakan sinyal laser atau radio.

Cara Kerja Satelit Starlink

Teknologi Starlink adalah sistem kerja yang kompleks yang mencakup satelit, stasiun darat (gateway), antena terminal pengguna, dan infrastruktur internet yang saling berinterkoneksi. Setiap pengguna Starlink memiliki terminal atau antena yang terhubung dengan satelit. Terminal ini berkomunikasi dengan satelit-satelit Starlink di orbit melalui sinyal radio.

Cara Kerja Satelit Starlink

Antena terminal akan memancarkan dan menerima sinyal dari satelit. Antena ini secara otomatis menyesuaikan arahnya untuk terhubung dengan satelit yang tepat. Setelah itu, data dari pengguna dikirimkan melalui antena terminal ke satelit Starlink yang terdekat.

Baca juga : VSAT : Pengertian, Jenis, Komponen dan Cara Kerja

Selanjutnya satelit akan meneruskan data tersebut ke stasiun Bumi atau gateway. Gateway adalah fasilitas darat yang bertindak sebagai titik akses utama ke internet. Mereka menerima data dari satelit Starlink dan menghubungkannya ke infrastruktur internet yang lebih besar.

Data dari pengguna diarahkan melalui gateway ke server tujuan atau situs web yang diminta oleh pengguna. Jika terdapat respons dari server tujuan atau situs web tersebut, maka sinyal data akan diarahkan kembali melalui gateway ke satelit Starlink, yang kemudian mengirimkannya kembali ke antena pengguna.

Proses kerja dari satelit starlink ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses internet yang cepat dan andal di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur internet lainnya.

Kelebihan dan kekurangan starlink

Setelah mengetahui Sistem kerja satelit Starlink, maka terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan, diantaranya :

Kelebihan Starlink

1. Akses Internet di Daerah Terpencil: Salah satu keunggulan terbesar Starlink adalah kemampuannya untuk menyediakan akses internet di daerah terpencil, pedalaman, atau daerah yang sulit dijangkau.

2. Koneksi Cepat: Starlink menjanjikan koneksi internet yang cepat dengan kecepatan unduh dan unggah yang tinggi, terutama bila dibandingkan dengan layanan satelit internet yang ada saat ini.

3. Global Coverage: Dengan konstelasi satelit yang direncanakan mencapai ribuan satelit, Starlink berpotensi memberikan cakupan internet global yang luas, memungkinkan akses di mana pun di dunia.

4. Fleksibilitas: Starlink dapat diakses di berbagai lokasi dan dapat dipasang dengan cepat tanpa perlu membangun infrastruktur kabel atau serat optik yang mahal.

Kekurangan Starlink

1. Tidak cocok di daerah perkotaan yang padat :

  • Starlink harus dipasang di tempat terbuka tanpa hambatan seperti pohon atau bangunan.
  • Biaya langganan dan harga terminal Starlink masih lebih mahal dari pada beberapa layanan internet yang ada sebelumnya seperti fiber optik.
  • Di perkotaan sudah banyak infrastruktur jaringan, hal ini memungkinkan terjadinya Interferensi sinyal frekuensi antar jaringan yang berada didekatnya atau saling tumpang tindih.

2. Ketergantungan pada Cuaca: Meskipun SpaceX telah bekerja untuk mengurangi dampak ini, namun koneksi Starlink tetap bisa terpengaruh oleh kondisi cuaca yang buruk seperti badai atau awan tebal.

3. Keterbatasan Kapasitas: Meskipun konstelasi satelit Starlink diharapkan dapat mencapai ribuan satelit, namun kapasitas jaringan tetap terbatas sehingga dapat terjadi kemacetan jika terlalu banyak pengguna menggunakan jaringan pada saat bersamaan.

4. Umur operasional satelit: Dibandingkan dengan usia satelit orbit GEO (Geostationary) yang bisa beroperasi hingga 15-25 tahun, maka satelit starlink hanya mampu bertahan di luar angkasa beberapa tahun saja.

3. Isu Lingkungan: Penggunaan ribuan satelit dalam konstelasi Starlink telah memunculkan kekhawatiran akan dampak lingkungan, termasuk potensi peningkatan sampah antariksa dan polusi cahaya di malam hari.

Begitulah pembahasan mengenai cara Kerja Satelit Starlink Serta Kelebihan & kekurangan nya. Untuk sementara ini Starlink menjanjikan akses internet global yang cepat dan andal, namun masih ada beberapa tantangan teknis dan regulasi yang harus diatasi sebelum layanan tersebut dapat meraih potensinya sepenuhnya.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top