cara memasang atau mengganti RAM komputer sendiri

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil di komputer. Kecepatan dan kinerja komputer sebagian besar disebabkan oleh jumlah memori di komputer. Jika komputer tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat, maka dari itu saya akan share cara memasang atau mengganti RAM komputer sendiri.
BACA JUGA : 7 point penting tips Memilih dan menentukan VGA card dengan benar

Sebagian besar pengguna komputer belum semuanya tau tentang memasang atau mengganti RAM komputer sendiri. Dari pada dibawa ke tukang service komputer lebih baik anda mengganti ram komputer anda sendiri. memasang atau mengganti RAM komputer sendiri yaitu sebagai berikut :

Langkah-langkah memasang atau mengganti RAM komputer

  • Buka kesing CPU anda. (sebaiknya posisi CPU di tidurkan).
  • Cari komponen RAM. Untuk membukanya buka pengunci slot ( di setiap ujung slot memory pada motherboard ). Tekan pengunci RAM tersebut bersamaan di setiap ujung RAM.
  • Setelah terbuka, ambil RAM yang akan menggantikan RAM lama, lalu masukan kedalam slot RAM secara bersamaan (kanan dan kirinya). Perlu di perhatikan sebelum anda memasukan RAM pada slot RAM, anda harus memastikan bahwa RAM tersebut tidak terbalik. Karena bila terbalik anda memasangnya, tidak akan bisa pas dengan slot RAM.
  • Setelah berhasil memasang RAM tersebut, silahkan coba untuk menghidupkan PC kalian. Bila tidak terjadi kesalahan maka komputer akan berjalan normal seperti biasanya.
  • Setelah komputer berhasil hidup dengan normal. Maka pasang kembali kesing – kesing yang sudah anda lepas pada langkah pertama

untuk video nya silahkan tonton di bawah ini

Semoga bermanfaat …..😉

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top