Cara membuat power supply variable digital

Sebelum ke pembahasan bagaimana cara membuat power supply variable digital, ada baiknya kita ketahui dulu perbedaan power supply dan power supply variable. Power supply atau Catu daya merupakan hal yang sangat penting. Karena kita membutuhkan sumber tegangan yang dapat memberikan supply tegangan pada rangkaian. Namun tentunya setiap rangkaian membutuhkan level tegangan yang berbeda-beda. Dalam rangkaian elektronika, level tegangan yang paling sering digunakan adalah 3 sd 12 Volt. Untuk itulah dalam penggiat elektronika membutuhkan sebuah alat bantu yang bernama Power Supply variable.

cara membuat power supply variable digital

Apa itu Power Supply variable

Power Supply variable adalah power supply yang memiliki level tegangan output yang dapat diatur (Variabel).

Untuk membuat power supply variable digital dapat menggunakan IC regulator tegangan seperti LM78XX, LM317,LM2596 dan lain-lain.

Pada artikel ini, penulis akan membagikan cara membuat power supply variable digital dengan mudah dan tidak perlu membuat rangkaian yang rumit, karena Regulator tegangan yang kita pakai sudah termasuk dalam module kit. Yaitu menggunakan Modul Stepdown LM2596S.

Untuk lebih mengetahui modul LM2596S ini silahkan baca DISINI

Pada Modul LM2596 ini terdapat jalur input dan output jadi kita tinggal menambahkan beberapa komponen yang diperlukan dimana nantinya akan dihubungkan melalui jalur input dan output tersebut. Adapun komponen dalam membuat power supply variable digital adalah sebagai berikut.

Komponen dan peralatan

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat power supply variable digital, saya pisah menjadi dua bagian yaitu komponen peralatan utama dan pendukung.

Komponen Utama

cara membuat power supply variable digital
  • Modul LM2596 adjustable step down DC-DC
  • Digital display voltamperemeter 100v/10 A
  • Jack Conector Banana female
  • Toggle Switch 3 terminal
  • Potensiometer 10k
  • Jack Conector DC female

Baca juga : Toggle Switch

Komponen dan peralatan pendukung

  • Lem tembak
  • Solder dan timah
  • Jack konektor Banana male
  • Jack Conector DC male
  • Kabel jumper
  • Kotak box
  • Catu Daya 3-40 VDC: bisa pakai charger laptop, baterai 1860 dll

Baca juga : Potensiometer

cara membuat power supply variable digital

Setelah kita telah menyiapkan beberapa peralatan dan komponen, langkah selanjutnya adalah merangkai komponen. Adapun skema dan pemasangan nya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

cara membuat power supply variable digital

Seperti pada skema diatas dapat kita lihat bahwa pemasangan nya sangat lah sederhana, Agar power supply variable yang kita buat menjadi keluaran digital maka disini kita membutuhkan sebuah Kit Digital display voltmeter+amperemeter

Untuk petunjuk pengkabelan Digital display voltmeter+amperemeter ini silahkan baca DISINI

Pada Modul LM2596 ini sebenarnya sudah terdapat trimpot yang bisa digunakan sebagai pengatur output tegangan, namun untuk project yang saya buat ini trimpot nya saya ganti dengan potensiometer sehingga dapat lebih memudahkan kita dalam mensetting output tegangannya. Adapun hasil rancangan dalam membuat power supply variable digital dapat dilihat pada gambar dibawah ini .

cara membuat power supply variable digital

Petunjuk cara penggunaan

Dalam membuat alat, tentu ada prosedur cara penggunaan. Disini saya akan terangkan cara prnggunaan alat power supply variable digital secara berurutan.

  1. Hubungkan catu daya ke input Port Jack DC ( catu daya yang boleh melewati pada alat berkisar tegangan 3V – 40V DC )
  2. Ubah posisi toggle switch dari posisi Off ke On ( alat akan menyala dan langsung membaca level tegangan  input catu daya )
  3. Putar potensiometer untuk menrunkan tegangan ( tegangan yang dapat disesuaikan adalah lebih rendah dari tegangan input catu daya )
  4. Atur tegangan sambil melihat display voltamper meter ( tegangan yang diatur harus disesuaikan pada tegangan beban , contoh jika beban menggunakan Led 3V maka putar potensio sampai mendapat nilai 3V )
  5. Setelah tegangan sudah di sesuaikan, selanjutnya Hubungkan input beban ke Output jack banana merah (+) dan hitam (-)
  6. Alat akan membaca arus pada Beban dan menyala (Seperti pada gambar dibawah, Arus yang terbaca pada LED 0,17 A )
  • Ubah posisi toggle switch ke posisi Off, lalu cabut catu daya untuk mematikan alat

Rangkaian Kerja power supply variable

Setelah berhasil membuat power supply variable digital, disini saya akan menjelaskan rangkaian kerjanya. Tegangan dari catu daya (3V – 40V DC) masuk ke port Jack DC lalu mengalir ke jalur input regulator LM2596 yang kemudian terbaca pada display volt ampere meter. Alat akan membaca maka tegangan dan arus output apabila diberikan beban

cara membuat power supply variable digital

Dengan memutar potensiometer maka modul lm2596 akan bekerja dengan merubah level tegangan input menjadi tegangan lebih rendah pada output (1,5-35 VDC). Namun tegangan dan arus maksimum yang dihasilkan pada output akan mengikuti dari tegangan input catu daya. Semakin besar tegangan yang kita atur, maka arus pada beban semakin tinggi. Sesuai dari spesifikasi modul lm2596, Arus maksimal yang bisa di capai adalah 3 A.

Contoh jika input tegangan yang dipakai adalah adaptor 12V arus 1,5 A, maka tegangan maksimum pada output yang dapat kita atur adalah berkisar 1,5-11 VDC dan Arus yang maksimal 1,5 A.

Begitulah cara membuat power supply variable, untuk lebih jelas dalam proses pembuatan alat ini silahkan ditonton video nya di bawah

https://www.youtube.com/watch?v=bVXD2TsIZ0c&ab_channel=PrakTekOtodidak

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top