cara memperbaiki Adaptor/charger laptop

Permasalahan dalam memperbaiki charger laptop pada kasus ini itidak mengeluarkan tegangan 19V tetapi lampu indikator menyala. Mari kita bahas dimulai dari definisi.

Apa itu Adaptor/charger laptop ?

Adaptor atau charger laptop adalah sebuah rangkaian catu daya atau alat elektronika yang berguna untuk mengubah tegangan AC 220V menjadi tegangan DC yang sesuai dengan kebutuhan laptop yaitu 19V. Adaptor/charger laptop berfungsi mensupply sumber tegangan untuk mencharger atau mengisi daya pada baterai laptop. Jadi tanpa adanya Adaptor/charger maka laptop tidak dapat dicharger karena kehabisan Daya pada baterainya

Jenis kerusakan Adaptor/charger laptop

Dengan mengetahui jenis kerusakan Adaptor atau charger laptop dapat mempermudah dalam menganlisa sebelum memperbaiki charger laptop tersebut.

  • Charger kabel power atau kabel adaptor putus
  • Lampu indikator menyala tapi Tidak mengisi baterai laptop atau sebaliknya
  • Tegangan output tidak stabil atau tidak keluar sama sekali 0 V
  • Tegangan stabil 19V namun tidak dapat menyalakan laptop (beban )
  • Konslet, adaptor dihubungkan ke listrik PLN MCB langsung turun
  • Mati total

BACA JUIGA : cara cek komponen elektronika motherboard laptop

Dari beberapa kerusakan Adaptor/charger laptop yang pernah saya perbaiki seperti pembahasan diatas, maka pada tulisan kali ini yang saya akan bahas adalah pont no 2 dan 3. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini . 

Permasalahan pada adaptor atau charger laptop ini ialah tidak mengeluarkan tegangan 19V tetapi lampu indikator menyala seperti tampak gambar diatas. pada tulisan kali ini saya akan membagikan pengalaman atau tutorial untuk memperbaiki charger laptop jika mengalami kasus yang sama.

Adapun spesifikasi dari Adaptor/charger laptop yang akan saya perbaiki bisa dilihat pada label belakang casing seperti pada gambar dibawah :

cara memperbaiki charger laptop

Sesuai dengan label Adaptor/charger laptop yang saya perbaiki seperti tampak gambar diatas ini adalah Adaptor/charger laptop merk HIPRO yang mengeluarkan tegangan 19 VDC dan arus maks 3,43 A.

Kenapa adaptor/charger laptop harus diperbaiki ?

Memperbaiki charger laptop kelihatannya lebih sulit dari pada langsung menggantinya dengan baru. Apalagi untuk harga charger adaptor laptop memang sudah sangat murah. Namun, jika adaptor charger laptop kalian masih original mending diperbaiki sendiri. Alasannya adalah :

  • Adaptor atau charger laptop yang Original pasti harga pasarannya masih mahal, jadi walaupun second tapi mempunyai kualitas yang bagus.
  • charger laptop yang baru dengan harga murah tidak dapat menyamai kualitas yang original.
  • Adaptor laptop yang murah memiliki tegangan ripple tidak stabil atau kualitas jelek, namun charger laptop yang mahal juga tidak menjadi jaminan kualitas dari adaptor tersebut.

Jadi langkah yang paling tepat adalah dengan memperbaikinya sendiri, karena dengan memperbaikinya sendiri kita juga bisa belajar elektronika, apalagi kalau kita bisa berhasil memperbaikinya maka akan merasakan kepuasan tersendiri.

Persiapan alat dan bahan

Sekarang kita lanjut ke pembahasan utama. Sebelum mengetahui cara memperbaiki kerusakan adaptor/charger laptop, kita siapkan alat-alat berikut :

  • Solder dan timah
  • Multitester
  • Sedotan timah
  • Cutter atau Obeng min (-)
  • Tang Potong
  • DLL

Cara memperbaiki charger laptop

Setelah kita mengetahui jenis kerusakan dan sudah memperisapkan alat yang dibuthkan, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa kerusakan komponen yang terdapat di dalam rangkaian. Adapun Langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Bongkar casing laptop menggunakan cairan tiner agar mempermudah jika tidak ada sekrup yang mengunci casing adaptornya
  2. Setelah dibongkar, persiapkan multitester  dan cek kabel adaptor apakah ada yang putus menggunakan skala ohm. Jika kabel adaptor masih bagus lanjut ke point selanjutnya
  3. Hubungkan kabel power dan ukurlah tegangan dibagian sekunder yaitu jalur 19VDC. seperti tampak gambar dibawah
cara memperbaiki charger laptop

Note : Jalur DC sangat berdekatan dengan rangkaian Power ( AC) harap hati-hati dan jangan menyentuh sisi primer atau bagian yang terhubung ke kabel power

  • Jika tidak ada tegangan di jalur 19VDC, maka selanjutnya cek komponen bagian disisi sekunder seperti transistor, elco, dioda dan jalur lain. Untuk lebih jelas lihat pada diagram pada jalur rangkaian yang saya lingkari
cara memperbaiki charger laptop
  • Seperti pada kasus ini, kerusakan yang terjadi adalah pada elco 25V yang posisinya berada di dekat jalur 19V seperti tampak gambar dibawah :
cara memperbaiki charger laptop
  • Setelah didapat kerusakan pada komponen, ukur kembali tegangan output charger apakah sudah mengeluarkan tegangan 19 VDC
  • Jika sudah keluar tegangan 19 VDC berarti langkah-langkah perbaikan berhasil

Begitulah cara memperbaiki charger laptop dengan jenis kerusakan Lampu indikator menyala tapi tidak mengisi baterai laptop atau tegangan output tidak stabil atau tidak keluar sama sekali 0 V. Silahkan dishare jika bermanfaat dan tonton videonya dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top