Cara Menjalankan Software dan Game Lama di Windows 10

Sebenarnya Microsoft telah mencoba membuat program dan format file agar kompatibel agar bisa menjalankan Software dan Game Lama di Windows 10, namun hal tersebut tidak selalu berhasil karena jarak antar sistem operasi terlalu jauh seperti Windows XP, Windows 98. Bahkan dengan menggunakan mode kompatibilitas bawaan Windows 10, beberapa program tersebut tetap tidak dapat dijalankan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan Game Lama dan Aplikasi Tidak Berjalan di Windows 10 yaitu :

Penyebab Aplikasi dan Game lama Tidak Berjalan di Windows 10

  • Ketergantungan pada Versi Perangkat Lunak Lama
    Beberapa perangkat lunak bergantung pada pustaka lama yang tidak lagi secara otomatis disertakan dalam instalasi Windows 10.
  • Perangkat Lunak 16-bit:
    Windows versi 64-bit tidak mengandung lapisan kompatibilitas bawaan untuk aplikasi 16-bit yang lebih lama. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang mengapa Windows 64-bit tidak lagi mendukung aplikasi 16-bit di sini.
  • Perangkat Lunak DOS:
    Windows 10, seperti semua versi Windows sejak Windows XP, tidak lagi berjalan di atas DOS. Beberapa program DOS masih berjalan, tetapi sebagian besar ​​terutama game gagal bekerja.
  • DRM
    Masalah lain yang dihadapi program Windows lama adalah solusi DRM yang tidak ada atau usang yang menghentikan program booting. Misalnya, SecuROM DRM menyebabkan masalah besar untuk game lama di sistem baru.

Untuk itulah pada tips kali ini, saya akan menjelaskan cara menjalankan Software Atau Game Lama dan di Windows 10.

Cara menjalankan Software Game Lama Windows 10

Jalankan sebagai Administrator

Jika ingin menjalankan program misalnya dari Windows XP, hal pertama yang harus dicoba adalah menjalankan aplikasinya sebagai administrator. Selama era Windows XP, sebagian besar pengguna biasanya adalah administrator. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Windows terbaru, karena Microsoft berupaya untuk meningkatkan keamanan.

Menjalankan Software Game Lama Windows 10

Adapun langkah-langkahnya cukup mudah yaitu :

  • Buka aplikasi yang dapat dieksekusi atau pintasannya,
  • Klik kanan,
  • dan pilih Jalankan sebagai Administrator

Pemecahan Masalah Kompatibilitas Program

Windows 10 memiliki Pemecahan masalah kompatibilitas yang berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah kompatibilitas umum. Hal ini dapat kita manfaatkan ketika gagal mengklik kanan aplikasinya.

Adapun langkah-langkahnya yaitu :

  • Klik menu start lalu tulis di pencarian: Run programs made for previous versions of Windows

  • Pilih Advanced> Run as Administrator> lalu klik Next
    Menjalankan Software Game Lama Windows 10
  • Setelah itu klik Next lagi, lalu Pemecah masalah sekarang akan memindai sistem Anda untuk kemungkinan masalah kompatibilitas.
  • Jika aplikasi yang ingin dijalan kan tidak ada dalam daftar maka pilih opsi Not listed, dan pilih Next
  • Kalian harus mencari lokasi file pada aplikasi atau program yang ingin dijalankan. Sebagai contoh disini saya ingin menjalankan game lawas yaitu Premier Manager 98
  • Setelah itu Pilih Try recommended settings

  • Seperti yang kalian lihat program sudah berfungsi. Namun ada notifikasi bahwa kita harus menggunakan CD-ROM. Selanjutnya tinggal klik OK

Kegagalan Program compatibility troubleshooter

Jika pada Langkah kedua tadi masih gagal maka Program compatibility troubleshooter akan menanyakan apakah perbaikannya berhasil atau tidak. Centang salah satu dari 4 opsi berdasarkan pada penjelasan yang telah saya rangkum dibawah ini :

  • Program bekerja di versi Windows sebelumnya tetapi tidak akan menginstal atau menjalankan sekarang. Contoh: Program pengaturan tidak akan dimulai.
  • Program terbuka tetapi tidak ditampilkan dengan benar. Contoh: Warna, ukuran, atau resolusi yang salah.
  • Program ini membutuhkan izin tambahan. Contoh: Kesalahan akses ditolak muncul, atau program meminta izin administrator untuk dijalankan.
  • Saya tidak melihat masalah saya tercantum.

Setelah menentukan pilihan berdasarkan hasil tes yang telah jalankan sebelumnya, maka selanjutnya tinggal klik Next. Lalu biarkan program melanjutkan pemecahan masalah

Pengaturan Kompatibilitas Manual di Windows 10

Selain menggunakan Program compatibility troubleshooter, kalian dapat mengakses opsi kompatibilitas Windows 10. Caranya adalah

  • Klik kanan aplikasi yang ingin dijalankan lalu pilih Properties
  • Pilih tab compatibility
  • Centang Run compatibility troubleshooter untuk menjalankan aplikasi pada versi Windows sebelumnya
  • Dibagian menu setting, centang Run in 640 x 480 screen resolution, Disable display scaling on hight DPI settings, dan Run this program as an administrator
  • Setelah itu klik Apply dan klik OK, maka Program akan menjalankan Pemecahan masalah secara otomatis

Perubahan ini hanya memengaruhi akun pengguna Anda. Jika Anda ingin menerapkan perubahan pengaturan kompatibilitas untuk setiap pengguna, gunakan tombol Ubah pengaturan untuk semua pengguna. Seperti pemecah masalah otomatis, ini akan menjadi proses coba-coba.

Nonaktifkan Driver yang Tidak Ditandatangani

64 dan 32-bit Windows 10 menggunakan penegakan tanda tangan driver yang berfungsi untuk keamanan dan stabilitas serta memastikan keamanan driver yang berbahaya atau tidak stabil dari jaringan. Biasanya aplikasi lama seperti game atau program lainnya tidak lagi menggunakan driver terbaru. Hal tersebut membuat Windows tidak akan mengizinkan untuk menjalankan  program atau menginstalnya. Kita dapat menonaktifkan penegakan tanda tangan driver tersebut tetapi sistem akan menjadi sedikit lebih rentan. Adapun cara menonaktifkan penegakan tanda tangan driver bisa dilihat artikel saya sebelumnya

Cara Nonaktifkan Driver yang Tidak Ditandatangani 

Gunakan Mesin Virtual

Kalo pada windows 7, terdapat fitur mesin virtual dengan lisensi yang bisa masuk ke “Mode Windows XP. Namun, pada windows 10 tidak memiliki mode virtual. Tapi kita bisa menggunakan mesin virtual dengan menginstall aplikasi seperti VirtualBox atau VMware Player, dan lisensi Windows XP sehingga kita dapat menjalankan aplikasi versi Windows yang lebih lama, di jendela di desktop Anda. Namun hal ini bukan solusi yang ideal, tergantung pada aplikasi, mesin virtual memiliki dukungan perangkat keras yang terbatas.

DOSBox 

Jika Anda ingin menjalankan program atau game DOS lama, anda bisa menggunakan emulator DOSBox. DOSBox adalah aplikasi gratis yang menjalankan program DOS pada sistem Windows 10 yang bisa nerguna untuk menjalankan game dan aplikasi DOS lama. DOSBox menghidupkan kembali ratusan game klasik dan program DOS. Emulator Ini digunakan dengan sangat baik, artinya jika Anda macet, akan ada solusi online.

Begitulah cara Menjalankan Software dan Game Lama di Windows 10, Silahkan dicoba …

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top