Membuat Modul Converter DC to DC 3.7V to 3.3V

Pada artikel kali ini kita akan membuat DC Converter 3.7V to 3.3 menggunakan Baterai Lithium-Ion dan ATmega328. Rangkaian ini berguna bagi Module atau sensor yang beroperasi pada tegangan 3.3V. Salah satu penerapan modul ini ialah untuk baterai portabel. Biasanya tegangan yang diperlukan untuk perangkat elektronika dan mikrokontroler hanya berkisar 5V sampai dengan 12V saja.

Namun seiring berkembangnya teknologi maka dalam dunia elektronika terdapat standar baru dari JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council). yang mana 3.3 Volt merupakan standart pada tegangan perangkat kekinian. Salah satu contohnya adalah mikrokontroler yang menggunakan prosesor ARM, komputer mini, raspberry pi, dan lain-lain.

Modul Converter DC to DC 3.7V to 3.3V ini saya terapkan pada project dalam membuat GPS Receiver menggunakan Modul GPS L80. Jadi GPS Receiver tersebut akan di supply dengan baterai portabel. Untuk lebih jelas silahkan lihat skema rangkaian dibawah ini.

Converter 3.7V to 3.3

Pada Rangkaian di atas merupakan kita menggunakan Mikrokontroler Atmega328 dan tambahan beberapa komponen. Anda juga dapat merakit komponen pada breadboard atau menggunakan PCB secara langsung.

Penjelasan DC Converter 3.7V to 3.3

Dengan menggunakan mikrokontroler Atmega328, maka rangkaian ini juga dapat bekerja dengan Kode Arduino. Pin pemrograman yang digunakan untuk memprogram Mikrokontroler Atmega328 menggunakan Modul FTDI.

Selain itu juga terdapat sakelar digunakan untuk menghidupkan/mematikan perangkat. Anda juga dapat menggunakan tombol reset untuk mengatur ulang seluruh rangkaian. Rangkaian ini juga dapat langsung dihubungkan dengan baterai lithium 3.7V untuk memberi daya pada perangkat.

Untuk membaca data keluaran, Anda dapat menghubungkan perangkat ini ke handphone Android/ iPhone anda menggunakan Modul USB-to-TTL. Kemudian buka Serial Monitor di Android/iPhone dan di sana Anda dapat membaca Data GPS.

Desain PCB

Jika Anda tidak ingin merakit sirkuit pada breadboard dan ingin menggunakan PCB untuk project tersebut, maka inilah Desain PCB untuk interface Modul GPS L80 Mikrokontroler Arduino terlihat seperti di bawah ini.

Converter 3.7V to 3.3

Karena Modul GPS L80 beroperasi pada 3.3V, kita dapat dengan mudah membuat Receiver GPS Bertenaga Baterai. Sirkuit ini dapat ditenagai melalui Baterai Lithium-Ion 3.7V.

Begitulah cara membuat DC Converter 3.7V to 3.3 menggunakan Baterai Lithium-Ion dan ATmega328. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top