Menghitung frekuensi & tegangan pada osiloskop

Pada artikel kali ini kita akan melakukan perhitungan tegangan dan frekuensi pada osiloskop. Sebagai contoh, saya akan menguji coba mengukur tegangan keluaran dari alat transformator 12 volt AC frekuensi 50 Hz seperti tampak gambar dibawah.

frekuensi dan tegangan osiloskop

Pada praktek kali ini juga bertujuan untuk menguji apakah hasil kalibrasi yang telah kita lakukan sebelumnya telah berhasil atau tidak yang mana sudah saya bahas pada artikel sebelumnya .

BACA JUGA : Cara Kalibrasi osiloskop

Seperti pada gambar dibawah, kita bisa melihat bahwa hasil gelombang yang muncul pada layar melebihi luas dari layar tersebut. Maka terlebih dahulu ubah tombol volt/div pada posisi 5 volt.

Setelah pengaturan pada tombol volt/div maka bentuk gelombang sinus akan terlihat jelas pada layar osiloskop seperti dibawah ini.

frekuensi dan tegangan osiloskop

Untuk lebih memudahkan perhitungan tegangan dan frekuensi sekaligus, maka aturlah tombol time/div sehingga bentuk gelombang sinus akan terlihat jelas dan memudahkan dalam menghitung amplitudo maupun periodenya dalam 1 gelombang.

Menghitung tegangan pada osiloskop

Seperti tampak gambar dibawah bentuk gelombang sinus sudah terlihat jelas, kita tinggal menghitung tegangan nya.

  • Pertama hitung amplitudenya yang merupakan Vpp dari nilai gelombang tersebut.
  • Besarnya kotak yang terukur adalah 3,4 (3 kotak + 2 strip garis didalam kotak, tiap strip 0,2)
  • Tombol volt/div yang dipakai adalah 5 volt/div, maka nilai Vpp adalah gelombang sinus tersebut adalah 3,4 div x 5 volt/div = 17 volt. Sehingga besarnya Vpp adalah 17 volt,
  • Untuk Vrms nya tinggal dibagi Vpp dengan akar 2 atau Vpp dikalikan 0,707. Maka akan didapatkan Vrms= 17 x 0,707 = 12,019 volt (sesuai dengan tulisan transformator).

Menghitung Frekuensi pada osiloskop

Setelah mengetahui cara menghitung tegangan, maka sekarang kita akan menghitung frekuensi pada osiloskop. Terlebih dahulu Atur posisi atas dan bawah supaya lebih memudahkan dalam mengitung periode satu gelombang seperti pada gambar dibawah ini.

Untuk menghitung frekuensi maka kita perlu tahu terlebih dahulu periode gelombang tersebut.

Berdasarkan tampak gambar diatas, dapat kita analisa bahwa :

  • periodenya (ujung simpul kiri dan kanan) adalah 10 div x 2 ms/div = 20 ms
  • Sehingga frekuensinya adalah 1/T = 1/20 ms = 1/0,02 s = 50 Hz.
  • Berarti dari pengukuran menggunakan osiloskop pada output transformator 12 volt adalah 12,019 volt dengan frekuensi AC 50 Hz.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top