Apa itu function generator

Pengertian Function generator

Function generator atau generator fungsi merupakan suatu alat ukur elektronik yang digunakan untuk menciptakan gelombang listrik. Function generator mampu memberikan beberapa pilihan bentuk gelombang dengan frekuensinya diatur sepanjang range yang lebar. Bentuk Gelombang ini bisa secara berulang-ulang atau satu kali yang dalam kasus ini semacam sumber pemicu diperlukan, secara internal ataupun eksternal.

Bentuk gelombang

Function Generator mampu menghasilkan berbagai bentuk gelombang seperti :

  • Gelombang Sinus (Sine Wave)
  • Gelombang Kotak (Square Wave)
  • Gelombang Gigi Gergaji (Sawe Tooth Wave)
  • Gelombang Segitiga (Trianguler Wave)
  • Gelombang Pulsa (Pulse)

Namun generator fungsi analog umumnya menghasilkan gelombang segitiga sebagai dasar dari semua outputnya. Segitiga ini dihasilkan oleh kapasitor yang dimuat dan dilepas secara berulang-ulang dari sumber arus konstan.

Hal ini menghasilkan ramp voltase menanjak dan menurun secara linier. Ketika voltase output mencapai batas atas dan batas bawah, proses pemuatan dan pelepasan dibalik menggunakan komparator, menghasilkan gelombang segitiga linier. Dengan arus yang bervariasi dan ukuran kapasitor, frekuensi yang berbeda dapat dihasilkan.

Tipe lain dari generator fungsi adalah sub-sistem yang menyediakan output sebanding terhadap beberapa input fungsi matematika. Contohnya, output berbentuk kesebandingan dengan akar kuadrat dari input. Alat seperti itu digunakan dalam sistem pengendali umpan dan komputer analog.

Bagian Function Generator

Fungtion Generator atau generator fungsi terdiri dari 2 bagian yaitu :

  • Generator Utama menyediakan gelombang output sinus, kotak, atau gelombang segitiga dengan rangkuman frekwensi 0,01 Hz sampai 13 MHz.
  • Generator modulasi menghasilkan bentuk gelombang sinus, kotak, dan segitiga dengan rangkuman frekuensi 0,01 Hz – 10 kHz.

Generator sinyal input dapat digunakan sebagai Amplitudo Modulation (AM) atau Frequensi Modulation (FM) mana yang Selubung (envelope) dapat diatur sebagai berikut :

  • AM dapat diatur dari 0% sampai 100%;
  • FM dapat diatur frekwensi pembawanya hingga ±5%. 

Frekuensi Function Generator

Generator fungsi umumnya menghasilkan frekuensi pada kisaran 0,5 Hz sampai 20 Mhz atau lebih tergantung rancangan pabrik pembuatnya. Frekuensi yang dihasilkan dapat dipilih dengan memutar-mutar tombol batas ukur frekuensi (frequency range).

Amplitudo sinyal yang dapat diatur berkisar antara 0,1V – 20 Vpp (tegangan puncak ke puncak) kondisi tanpa beban, dan 0,1 V – 10Vpp (Volt peak to peak/tegangan puncak ke puncak) dengan beban sebesar 50Ω. Output  utama ditetapkan oleh SYNC Output.

Frekuensi pembawa dibangkitkan oleh sebuah osilator LC yang sangat stabil, menghasilkan sebuah bentuk gelombang sinus yang baik dan tidak memiliki dengung yang cukup besar atau modulasi derau. Frekuensi osilasi dipilih melalui sebuah pengontrol rangkuman frekuensi dan sebuah cakera penyetel nonius ( vernier ). Rangkaian LC dirancang agar memberikan suatu keluaran yang tetap konstan sepanjang setiap rangkuman frekuensi.

Frekuensi yang masuk memasuki penguat pita lebar, didalam pita lebar terdapat proses yang dibantu oleh osiloskop untuk mengubah gelombang frekwensi seperti gelombang sinus, segitiga dan kotak.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top