Gelombang Radio FM dan AM

Pada artikel kali ini kita akan membahas Gelombang Radio FM dan AM, dimulai dari definisi, Modulasi, Perbedaan, Cara kerja, Frekuensi. simak artikelnya !!!

Apa itu Gelombang ?

Gelombang merupakan gejala rambatan pada suatu getaran. Dengan kata lain gelombang adalah getaran yang merambat.

Gelombang Radio FM AM

Gelombang terdapat pada medium berupa zat cair,zat padat atau gas, di mana dapat berjalan dan memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya.

Apa itu Modulasi ?

Modulasi merupakan penumpangan suatu sinyal (sinyal informasi) ke sinyal pembawa (carrier). Modulasi adalah perubahan radiasi elektromagnetik harus dimodulasi atau diubah agar berguna sebagai transmisi radio. Tanpa modulasi, tidak ada informasi yang dibawa oleh sinyal radio.

Gelombang Radio FM AM

 

Apa itu FM dan AM ?

Frequency Modulation (FM), adalah frekuensi yang mentransmisikan suara dengan mengubah frekuensi sinyal.artinya sinyal elektrik dari studio, akan “dibawa” dan disesuaikan frekuensi gelombang pembawa.

Amplitude Modulation (AM) adalah frekuensi yang mentransmisikan suara dengan mengubah kekuatan sinyal. artinya sinyal elektrik tadi akan dipancarkan dengan menyesuaikan pada amplitudo gelombang pembawanya.

 

Cara kerja gelombang Radio FM dan AM

Cara Gelombang Radio FM AM pada sistem komunikasi radio yaitu Radiasi elektromagnetik (listrik di udara) tersebut hanyalah suara acak, agar dapat diubah menjadi sinyal yang dapat mengirimkan informasi (musik atau suara). Sinyal harus dimodulasi terlebih dahulu, lalu Informasi dibawa melintasi ruang menggunakan gelombang radio. Pada akhir pengiriman, informasi yang dikirim, akan dikonversi oleh beberapa jenis transduser menjadi sinyal listrik yang bervariasi waktu yang disebut sinyal modulasi.

Gelombang Radio FM AM

Sinyal modulasi dapat berupa sinyal audio yang mewakili suara dari mikrofon. Sinyal video yang mewakili gambar bergerak dari kamera video, atau sinyal digital yang terdiri dari urutan bit yang mewakili data biner dari komputer.

Untuk mempermudah dalam memahami cara kerja dari gelombang radio fm dan am dapat di contohkan sebagai berikut .

Suara penyiar atau lagu pada studio diubah dari “suara” menjadi “sinyal elektrik”, lalu “menumpang” pada “sinyal gelombang pembawa” (yang disebut ”modulasi”). Kemudian keduanya dipancarkan dan akan berkeliaran di angkasa hingga akhirnya “tertangkap” oleh antena radio. Proses “Modulasi” ini lah yang memiliki berbagai macam jenis , yaitu FM, AM. gelombang FM dan AM.

 

Frekuensi Radio Gelombang FM dan AM

Gelombang FM memiliki rentang frekuansi dari 87.5 – 108 Mhz (Mega Herzt). Sedangkan gelombang AM memilih rentang 530 kHz – 1600 kHz (Kilo Hz), gelombang AM juga dikenal dengan gelombang Medium Wave atau MW

 

BACA JUGA : Amplifier : Definisi, Jenis, fungsi, komponen dan cara kerja

Rumus Gelombang Radio FM dan AM

Frekuensi merupakan jumlah getaran gelombang suara per detik atau jumlah getaran gelombang elektrik per detik pada gelombang elektromagnetik.

setiap stasiun radio memiliki “alamat” frekuensinya masing-masing. Jadi, dalam menghitung frekuensi harus mengetahui periode atau waktu dalam satuan detik yang dapat di rumuskan sebagai berikut :

f = 1/T

Keterangan:

f  = Frekuensi dalam satuan hertz (Hz)

T = Periode dalam satuan detik (sec)

Contoh soal:

Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu siklus gelombang listrik adalah 0,004 detik, berapa frekuensinya ?

Rumus menghitung:

f = 1/T

sehingga f = 1/0,004 adalah 250 Hz Sehingga jawabannya adalah 250 Hz.

Sedangkan untuk menghitung periode dalam satuan detik (T) menggunakan rumus yang sama, yaitu: T = 1/f

 

Perbedaan Gelombang Radio FM dan AM

Gelombang FM terdengar lebih “jernih”, namun memiliki daya jangkau siaran yang tidak jauh seperti gelombang AM. Sementara gelombang AM, walaupun dapat merambat jauh, tapi kualitas suaranya tidak sebagus FM dan kadang dipengaruhi oleh cuaca. Oleh karena itu, FM harus menggunakan beberapa pemancar untuk menutupi area yang sama dari salah satu pemancar AM.

perbedaan gelombang Radio FM dan AM

Gelombang AM memiliki panjang gelombang pendek (SW = Short Wave, yang bekerja pada frekuensi diatas AM yaitu 1600 kHz sampai 30000 kHz). Gelombang ini dapat menjangkau puluhan ribu kilometer, karena dapat dipantulkan oleh permukaan bumi dan lapisan udara,

 

Contoh penerapan gelombang SW terdapat pada pesawat terbang. Saat lalu lintas komunikasi antar pilot pesawat terbang dengan menara pengawas di bandara. Jadi jika kita mencari-cari gelombang di “jalur” SW ini terkadang akan mendengar pembicaraan antara pilot dan bandara

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top