GPU: Definisi,Fungsi, dan jenis-jenisnya

Definisi GPU

GPU (Graphic Processing Unit) berfungsi untuk membantu kinerja CPU. GPU adalah chip yang bisa diprogram dan dispesialisasikan untuk berbagai kebutuhan tampilan atau display.

Cara kerja GPU yakni dengan melakukan render pada gambar, video atau animasi yang ditampilkan pada layar komputer Anda. Letak hardware ini dekat dengan CPU, yakni berada di motherboard.

Mengapa GPU Mulai Dikembangkan?

Awalnya seluruh proses komputasi yang berkaitan dengan grafis hanya dijalankan oleh CPU. Namun, seiring berkembangnya teknologi, bagian yang dianggap otak utama komputer ini dirasa kurang mumpuni untuk melakukan kerja berat. Dari sinilah, GPU kemudian hadir dan mendapat peran sebagai otak utama untuk display komputer modern.

Hadirnya GPU ini karena tuntutan pada tampilan grafis yang makin tinggi, serta penggunaan berbagai software untuk keperluan yang berkaitan dengan objek 3D semakin meluas sehingga CPU tidak lagi mampu bekerja optimal.

BACA JUGA : 7 point penting tips Memilih dan menentukan VGA card dengan benar

Ketika beraktivitas, khususnya saat yang berhubungan dengan display seperti desain grafis atau menonton film serta bermain game online, tentu kita akan mendambakan gambar yang halus serta detail.

Fungsi GPU

Grafis

Fungsi utama dari GPU ini adalah memproses masukan grafis yang ada, kemudian menampilkannya pada layar monitor dengan kualitas yang tinggi.

Peran besar sangat terasa bagi anda yang berkecimpung dengan desain grafis dan editing, setar gamers, karena semakin hari semakin menuntut grafis yang lebih baik.

Komputasi Berulang

Selain untuk keperluan grafis, Fungsi GPU lainnya adalah untuk melakukan komputasi pararel pada data yang berjumlah banyak. Jika Anda yang beraktivitas dengan banyak aplikasi non grafis yang memerlukan komputasi berulang dan terus menerus, GPU akan sangat membantu Anda meringankan pekerjaan ini.

Contoh nyata dari komputasi berulang, yang menuntut performa optimal adalah penambangan cryptocurrency. Proses ini menuntut kinerja dan daya tahan GPU yang tinggi agar dapat menghasilkan penambangan yang optmal. Penambang cryptocurrency ini selanjutnya akan memerlukan GPU dalam jumlah yang tidak sedikit, serta kinerjanya bisa terintegrasi.

Jenis-jenis GPU

Selain untuk komputer atau laptop, GPU juga digunakan pada smartphone. Mengingat kini smartphone juga semakin canggih dan menyediakan berbagai aplikasi yang menuntut tampilan 3D. Smartphone seperti ini biasanya tidak diperuntukkan guna bermain game misalnya, atau aplikasi lain yang menuntut tampilan grafis maksimal.

BACA JUGA : Cek GPU Clock Speed VGA CARD aplikasi GPU- Z

Beberapa diantara jenis GPU yang banyak digunakan antara lain :

Mali

Mali yaitu jenis GPU yang dilahirkan perusahaan ARM. Saat ini versi Mali yang tercepat yaitu Mali T-720, namun hingga saat ini masih sedikit perangkat yang berjalan dengan menggunakan jenis ini. Tingkatan produk Mali dari terendah hingga tercepat Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760, salah satu produk dari samsung yang sudah menerapkan teknologi ini yaitu Samsung Galaxy S6.

Tegra

Tegra pertama kali dikenalkan pada tahun 2008 yang dibekalkan pada media player Zune HD, namun sayangnya Zune HD tidak memiliki App Store sendiri sehingga tidak begitu besar dampaknya di pasaran,

gpu adalah

Namun pada tahun 2010 teknologi ini diumumkan dan dipasarkan diberbagai vendor terkenal seperti Samsung, Acer dan lainnya, hal ini dibuktikan dengan hadirnya Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200 yang menerapkan teknologi Tegra 2 dalam urusan tampilannya, menurut survey Tegra ini sendiri juga merupakan salah satu dari beberapa SoC terkenal dan tercepat di seluruh penjuru dunia.

PowerVR

PowerVR merupakan jenis GPU yang paling banyak dijumpai di perangkat Apple seperti iPod dan iPhone. Salah satu produk terbaru dari PowerVR yaitu G6430, yang saat ini telah terpasang di iPhone 5S.

gpu adalah

Tingkatan produk PowerVR dari terendah hingga tercepat PowerVR SGX535 (iPhone 3GS), PowerVR SGX543MP2 (iPhone 4S), PowerVR SGX543MP3 (iPhone 5/5C), PowerVR G6430 (iPhone 5S), namun untuk produk iPhone yang terbaru sudah tidak dibekali dengan teknologi ini, contohnya seperti iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.

Adreno

Adreno merupakan jenis graphic perfomance unit yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (produk dari ATI). Produk Adreno dari terendah hingga tercepat Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420, untuk sementara ini yang diketahui yang sudah dibekali teknologi tersebut yaitu Xiaomi Mi Note Pro dan HTC One M9 Prime.

VideoCore Broadcome

VideoCore Broadcome merupakan jenis GPU yang membutuhkan konsumsi daya rendah keluaran dari produsen teknologi Broadcome. Saat ini VideoCore Broadcome dikembangkan oleh pihak Alphamosaic Ltd. VideoCore Broadcame menggunakan arsitektur DSP dual dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top