Halaman Login Hotspot MikroTik Tidak Muncul Otomatis

Pada saat user ingin mengakses internet melalui wifi, maka akan muncul captive portal atau halaman login hotspot yang menampilkan username dan password secara otomatis.

Artikel ini saya buat untuk anda penyedia layanan internet menggunakan MikroTik sebagai server hotspot yang bermasalah pada halaman login hotspot tidak muncul. Adapun penyebab dan cara mengatasi masalah halaman login hotspot yang tidak muncul adalah sebagai berikut.

Login Halaman Hotspot Secara Manual

Sebenarnya cara ini bukan sebuah solusi yang tepat karena user/pengguna harus mengakses halaman login dengan cara mengetikkan alamat IP atau nama DNS dari server hotspot melalui browser. Namun jika user menginginkan untuk harus terhubung ke jaringan, maka anda bisa mengarahkan user untuk mengakses halaman login hotspot secara manual dulu atau sementara.

Selain itu, pastikan juga kalau sedang tidak ada gangguan internet dari provider yang di gunakan. Untuk mengetahui alamat IP dan nama DNS server hotspot yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke munu IP > hotspot > tab server profile
  • Lalu klik profile yang digunakan
  • Pada tab general, anda sudah melihat alamat IP atau nama DNS dari server hotspot

Update Perangkat MikroTik

Solusi selanjutnya adalah update perangkat mikrotik anda. Hal ini juga perlu dilakukan karena kemungkinan permasalahannya terdapat ”bug” pada versi RouterOS sehingga halaman login Hotspot MikroTik tidak muncul otomatis. Untuk itu anda harus mengupgrade ataupun mendowngrade Mikrotik anda. Adapun cara mengupgrade dan downgrade Mikrotik bisa dilihat pada link berikut : Upgrade dan Downgrade RouterOS Mikrotik

Jika memungkinkan, update juga perangkat HP/laptop dari user nya. Hal ini juga perlu dilakukan karena ada bug pada perangkat tertentu sehingga perangkat tidak bisa terhubung ke jaringan hotspot.

Periksa Settingan Acess Point

Langkah selanjutnya pada permasalahan halaman login hotspot MikroTik yang tidak muncul otomatis adalah anda harus memastikan kalau Acess point yang digunakan sudah terhubung ke mikrotik.

1, Pastikan kabel UTP pada Acess point sudah terhubung pada port mikrotik yang sudah di setting hotspot.

2. Pastikan settingan acess point sudah sesuai. Jika anda menggunakan menggunakan perangkat ”Tenda” atau ”nanostation” sebagai acess pointnya, maka tutorialnya bisa di lihat dibawah ini.

Setting tenda sebagai access point

Setting nanostation sebagai access point

Mengubah IP Pool di MikroTik

Penyebab selanjutnya pada permasalahan halaman login Hotspot MikroTik tidak muncul otomatis adalah IP pool yang dibuat di mikrotik sudah penuh. Hal ini berguna untuk anda yang sudah mempunyai banyak client atau user/pelanggan.

Untuk itu, anda perlu menyesuaikan IP pool yang lebih besar agar bisa dialokasikan dalam jumlah banyak. Pada contoh ini, kita akan mengubah subnet /24 yang mana hanya bisa membuat alokasi 254 ip. Setelah itu, kita rubah menjadi /22 yang mana dapat menampung ip hingga 1024.

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

  • Masuk IP > Address lalu pilih alamat IP yang digunakan untuk hotspot
  • Pada kolom ”Address” ubah subnet addressnya. Contoh : 192.168.xx.x/24 menjadi 192.168.xx.x/22
  • Klik IP > Pool > tab Pools
  • Pada kolom ”Addressesubah192.168.14.2-192.168.xx.254 menjadi 192.168.14.2-192.168.xx.1024
halaman login Hotspot tidak muncul

Tambahkan Alamat IP DNS Server

Fungsi DHCP Server adalah memberikan alokasi IP secara otomatis kepada client atau user/pelanggan. Untuk itulah kita harus menambahkan DHCP Server sebgai berikut :

  • Masuk ke winbox lalu buka menu IP > DHCP Server
  • Klik tab Networks, lalu pilih IP Server hotspot yang anda gunakan.
  • Isi DNS Server menggunakan IP Gateway
halaman login Hotspot tidak muncul

Buat DNS Static di MikroTik

Koneksi yang digunakan android biasanya akan di arahkan pada beberapa domain seperti :

  • connectivitycheck.android.com
  • connectivitycheck.gstatic.com
  • clients1.google.com
  • clients3.google.com

Untuk itu kita akan mengarahkan domain tersebut ke alamat ip address yang tidak di gunakan. salin dibawah ini lalu pastekan pada Terminal winbox.

ip dns static add name=clients1.google.com address=10.0.0.1
ip dns static add name=clients3.google.com address=10.0.0.1
ip dns static add name=connectivitycheck.android.com address=10.0.0.1
ip dns static add name=connectivitycheck.gstatic.com address=10.0.0.1

Ubah urutan NAT

Penyebab selanjutnya pada permasalahan halaman login Hotspot MikroTik tidak muncul otomatis adalah kesalahan urutan NAT. Hal ini bisa terjadi karena adanya penambahan rule baru di Firewall NAT sehingga perubahan urutan default nya berubah. Adapun cara mengubah urutan NAT untuk hotspot adalah sebagai berikut :

  • Buka menu IP > Hotspot > tab Nat
  • Pindahkan rule srcnat ke posisi paling atas.
halaman login Hotspot tidak muncul

Setting Ulang Hotspot di MikroTik

Cara terakhir dalam mengatasi halaman login Hotspot MikroTik yang tidak muncul otomatis adalah dengan memeriksa seluruh settingan hotspot mikrotik. Langkahnya

1. Backup dulu agar untuk menghindari terjadi kesalahan. Tutorialnya klik DISINI

2. Setelah itu, hapus settingan hotspot mikrotik dengan cara sebagai berikut :

  • Klik menu IP > Hotspot > tab ”Server”
  • Klik kanan profile hotspotnya lalu pilih ”remove” atau ”disable”

3. Lakukan setting ulang dengan konfigurasi yang sama seperti sebelumnya. Caranya bisa anda baca pada link cara setting hotspot di mikrotik

Begitulah beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mengatasi masalah pada halaman login Hotspot MikroTik yang tidak tidak muncul otomatis. Jika anda sudah menerapkan beberapa cara di atas namun halaman login masih tidak muncul, maka kemungkinan besar permasalahannya ada pada routerboard mikrotik anda yang rusak. Sekian dulu dari saya dan semoga bermanfaat !!!

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top