Contoh Rumus hlookup excel 

Pengertian Rumus HLOOKUP di Excel

HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari suatu data pada baris pertama sebuah tabel data berdasarkan baris tabel atau secara horizontal, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut. Awalan huruf “H” didepan kata Hlookup merupakan singkatan dari kata Horizontal.

BACA JUGA : rumus microsoft excel lengkap beserta contohnya

Contoh hlookup excel penggunaannya yaitu kita bisa mengetahui harga barang berdasarkan nama barang atau mencari nama karyawan berdasarkan nomor ID nya. Jika judulnya terletak disamping gunakanlah fungsi HLOOKUP, namun jika judul tabelnya terletak di atas maka gunakanlah fungsi VLOOKUP.

Bentuk Rumus HLOOKUP

Sama seperti  Fungsi VLOOKUP, Fungsi HLOOKUP juga memiliki empat argumen, dan format penulisan rumus HLOOKUP adalah sebagai berikut :

=HLOOKUP(DataYangDicari;RangeTabel;BarisKe;KondisiPencarian)

Keterangan :

HLOOKUP: Merupakan nama rumus untuk mencari data secara horizontal.

DataYangDicari: Merupakan data acuan/sel dari kolom pertama yang ingin dicari.

RangeTabel: Merupakan referensi Range dari tabel dengan data acuan di baris awal tabel.

BarisKe: Berbentuk angka berdasarkan baris keberapa dari tabel yang dicari.

KondisiPencarian: Bisa berbentuk TRUE atau angka “1” untuk mencari data yang mendekati, bisa juga berbentuk FALSE atau angka “0” untuk mencari data yang sama persis.

Apabila muncul pesan #N/A maka dipastikan terdapat kesalahan atau ketidakcocokan baik itu pada data atau referensi rangenya. Selain itu kondisi pencarian yang kita masukkan tidak ditemukan.

Cara Menggunakan Rumus HLOOKUP MS EXCEL

Pastikan sudah ada tabel data yang ingin diambil datanya kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Klik sel yang ingin ditampilkan hasil pencarian-nya sesuai dengan header tabel.
  • Ketikkan rumus HLOOKUP dengan format berikut: 
=HLOOKUP(DataYangDicari;RangeTabel;BarisKe;KondisiPencarian)
  • Lalu masukkan sel pada DataYangDicari di baris pertama tabel.
  • Pada RangeTabel blok range tabel tidak usah blok judul tabelnya langsung tekan tombol F4 pada keyboard untuk menjadikan referensi sel tersebut menjadi absolut.
  • Ketikkan angka sesuai dengan baris keberapa pada Baris Ke dihitung dari atas ke bawah.
  • Setelah itu ketikkan TRUE atau angka “1” untuk mencari data yang mendekati.
  • Ketik FALSE atau angka “0” jika ingin mencari data yang sama persis.
  • Tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Contoh Rumus Fungsi HLOOKUP di Excel

Saat Menggunakan fungsi/rumus Hlookup untuk melakukan pencarian data yang sama persis, pastikan Anda mengisi RangeLookup dengan nilai FALSE atau TRUE.

hlookup excel contoh

RUMUS :

=HLOOKUP(A7;A2:D5;3;TRUE)
=HLOOKUP(A7;A2:D5;3;FALSE)

Contoh Rumus Excel Hlookup diatas untuk mencari posisi Teks “HP” yang merupakan nilai dari sel A7 pada baris pertama Tabel referensi A2:D5. “HP” ada pada kolom ke-3 pada tabel tersebut. Kemudian fungsi Hlookup akan menghasilkan baris ke-3 yang sejajar/sekolom dengan posisi teks “HP”.

hlookup excel contoh

Contoh Rumus Excel Hlookup pada gambar diatas memakai RangeLookup “FALSE” yang berarti Fungsi HLOOKUP harus mencari nilai yang sama persis, maka rumus HLOOKUP menghasilkan pesan error #NA, sebab nama ”Headset” tidak bisa ditemukan.

hlookup excel contoh

Rumus :

=HLOOKUP("P*";A2:D5;3;FALSE)

Contoh Rumus Excel Hlookup pada gambar diatas, kita dapat menggunakan karakter wildcard, tanda tanya (?) dan tanda bintang (*) pada NilaiYangDiCari jika tabel referensi yang baris pertamanya bernilai Teks semua.

Contoh Rumus Excel Hlookup pada gambar diatas untuk mencari teks yang diawali dengan huruf “P” dan diikuti oleh karakter apapun. Pada baris pertama TabelReferensi A2:D5 yang memenuhi kriteria tersebut adalah teks “POWERBANK”.

Rumus :

=HLOOKUP(C2; $A$2:$D$5; 2;0)

Seperti pada gambar diatas digunakan untuk menampilkan Harga Berdasarkan Nama Toko. Lihat letak judul serta nama tokonya pada tabel data terlebih dahulu. Lalu tulis rumus contoh diatas.

Sel C2 yaitu sel acuan terletak di kolom pertama tabel. Sedangkan $A$2:$D$5 adalah range yang diambil dari tabel data dan sudah dijadikan absolut. Caranya dengan tekan tombol F4 pada keyboard, Angka 2 adalah posisi baris pada judul Harga per item. Lalu 0 adalah kondisi pencariannya atau bisa juga ditulis dengan FALSE untuk mencari menampilkan atau mencari kata yang sama persis.

Rumus :

=HLOOKUP(C2; $A$2:$D$5; 2;0)+C5

Seperti pada gambar diatas, kta juga bisa mengkombinasikan HLOOKUP dengan Rumus Formula lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih kompleks. Kita cukup menuliskan kembali rumusnya, Lalu kombinasikan dengan cara memasukkan tanda perkalian (+) dan sel yang ingin tambahkan di akhir rumus untuk mencari harga total. Tinggal kita tarik atau drag ke bawah pada sel hasil perkalian tersebut untuk melihat hasil penjumlahan berdasarkan nama toko lainnya

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top