Pure Sine Wave Inverter menggunakan IC Timer 555

Dalam project kali ini kita akan membuat Rangkaian Pure Sine Wave Inverter menggunakan IC Timer 555. Disini saya menggunakan baterai 12V DC yang akan dirubah menjadi tegangan AC 220V berbentuk gelombang sinus murni (Pure Sine Wave).

Pada dasarnya, ada empat jenis gelombang yaitu :

  • gelombang sinus
  • gelombang gigi gergaji
  • gelombang persegi
  • gelombang segitiga.

Namun yang akan kita bahas disini ini terdiri dari dua konsep utama:

  • Gelombang sinus
  • Inverter

Mari kita bahas satu persatu …

Teori pendukung

Tegangan AC merupakan tegangan yang berfluktuasi dan berbentuk gelombang sinus. Efisiensi gelombang sinus murni kira-kira 100%. Jika Anda mendapatkan gelombang sinus murni (pure sine wave) maka tidak ada kerugian di dalamnya, tetapi jika rangkaian anda tidak akan pernah bisa mendapatkan gelombang sinus murni, maka sebagai gantinya anda bisa mendapatkan gelombang sinus yang dimodifikasi (modified sine wave)

Baca Juga : Rangkaian dimmer lampu led

Gelombang sinus adalah kurva matematika yang merupakan gelombang halus, berbentuk s, periodik, kontinu dan digambarkan sebagai grafik fungsi sin yang ditunjukkan oleh Y=sin x. Gelombang sinus digunakan dalam Matematika, fisika, teknik, pemrosesan sinyal, dan gelombang terkait lainnya. Dalam Elektronika, gelombang sinus menunjukkan AC.

Inverter adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah DC menjadi AC. Kita dapat mengatakan, Inverter adalah rangkaian penyearah yang berlawanan. Tujuan dari inverter ini adalah sama. Oleh karena itu, ketika kita menggabungkan konsep-konsep ini,

Pure Sine Wave Inverter adalah sirkuit yang mengambil input dalam bentuk DC dan memberikan output sebagai AC. Digunakan untuk menjalankan semua jenis instrumen yang dirancang untuk berjalan pada output gelombang sinus yang halus.”

Rangkaian Pure Sine Wave Inverter IC Timer 555

Kita dapat membuat rangkaian Pure Sine Wave Inverter dengan banyak metode, dua di antaranya adalah:

  • Inverter Gelombang Sinus Murni melalui MOSFET.
  • Inverter Gelombang Sinus Murni melalui IC Timer 555.

Pada artikel ini kita akan mecoba dengan tipe ke-2. Jadi mari kita lihat sirkuitnya.

Cara kerja Rangkaian

Cara Kerja dari Rangkaian Pure Sine Wave Inverter ini dimulai ketika 12 volt DC diterapkan pada tiap komponen. Catu daya 12 volt masuk ke Timer 555 melalui pin 3 dari timer 555 yang ada dalam Mode Astabil. Karena Mode ini, timer 555 menghasilkan satu pulsa seragam yang diumpankan ke induktor. Setiap kali, ketika pulsa baru memasuki induktor, ia menyimpan energi dalam bentuk elektromagnet.

Dalam waktu t, ketika energi ini dikeluarkan sepenuhnya melalui induktor, tanda-tanda induksinya berubah. Setelah itu, pulsa baru memasuki induktor dan proses ini berlangsung. Energi ini melewati resistor dan akhirnya diumpankan ke transformator.

Inverter IC Timer 555

Dalam kasus kami, transformator dinaikan tinggi dan memberi kami output 240V AC. Satu dapat memeriksa ini menggunakan AC Voltmeter. Dioda yang terhubung ke pin 7 dari 555 Timer melewatkan arus hanya dalam satu arah (karena ini adalah dioda) dan mengirimkan pulsa ini ke transformator melalui kapasitor untuk pulsa yang stabil.

Begitulah pembahasan tentang Rangkaian Pure Sine Wave Inverter menggunakan IC Timer 555. Semoga bermanfaat !!!

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top