Istilah komputer dari huruf A

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan istilah komputer dari huruf A.

istilah komputer dari huruf A

Istilah komputer dari huruf A

  1. AAC (Advanced Audio Coding) : Format standar untuk suara digital. Pengembangannya memiliki tujuan untuk menggantikan format suara MP3. AAC umumnya digunakan sebagai format standar untuk suara pada perangkat seperti iPhone, iPod, serta aplikasi iTunes.
  2. ABI (Application Binary Interface) : Pemafaran spesifikasi antarmuka perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan
  3. ACK (Acknowledgement) : Sebagian besar protokol data transfer mengirimkan sebuah acknowledgement message, yang menjadi indikasi bahwa sebuah data yang terkirim telah diterima dengan baik. Jika yang dikirim oleh pengirim adalah NAK (Negative Acknowledgement) maka berarti data yang dikirim berikutnya tidak akan ditransfer sebelum ada ACK. Disini digunakan sistem Cheksum verification. ACK adalah pesan dari mesin ke mesin, dan tidak terikat oleh pengguna komputer
  4. ACL (Access Control Unit) : Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu.
  5. ACPI : Teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi.
  6. ADB : Aplikasi yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada ponsel Android melalui PC.
  7. ADC (Analog/Digital Converter) : Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  8. ADF : Pada pemindai gambar automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut
  9. ADN (Advances Digital Network) : Biasanya ADN bisa diartikan juga dengan leased line 56Kbps
  10. ADPCM (Adaptive Differential Pulse Code Modulation) : Bentuk dari variasi modulasi kode format suara PCM yang memiliki bit rate lebih rendah.
  11. ADSL : Suatu teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.
  12. AGP (Accelerated Graphics Port) : Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1.06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.
  13. AGPset : Sebuah chipset yang mendukung Accelerated Graphics Port.
  14. AHCI : Yaitu sebuah host controller interface yang mendefinisikan operasi SATA Host Bus Adapter secara non-implementation specific. AHCI memberikan pengembang software dan perancang hardware metode standar untuk mendeteksi, mengkonfigurasi dan pemrograman adapter SATA AHCI.
  15. AI (Artificial Intelligence) : Ilmu yang mengembangkan komputer supaya dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia
  16. AIFF (Audio Interchange File Format) : Format file suara berkualitas tinggi dan tanpa kompresi yang dikembangkan oleh Apple.
  1. AIX (Advanced Interactive eXecutive) : adalah sebuah versi sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh IBM untuk platform server dan workstation IBM RS/6000. Versi pertama dari AIX dibuat berbasiskan sistem operasi UNIX System V release 2.
  2. ALOHA : Teknik pengawasan akses tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman data akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapat tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.
  3. ALU (Arithmetic and Logical Unit) : Bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari registerregister untuk menyimpan informasi.
  4. AM (Amplitudo Modulation) : Jenis modulasi yang menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital.
  5. AMD Phenom : Prosesor komputer desktop buatan AMD dengan mikro-arsitektur bernama K10. Beberapa varian prosesor AMD Phenom adalah terdiri dari 4 inti prosesor (quad-core) dan 3 inti prosesor (triple-core).
  6. AMD760 : Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon. Chipset ini terdiri dart dua chip yaitu AMD761 sistem bus controller atau yang dikenal sebagai Northbridge dan AMD 766 peripheral bus controller atau Southbridge. Chipset AMD760 memberikan standar bare pada teknologi memori yang lebih bertenaga yaitu memori DDR PC1600 dan DDR PC 2100 yang memungkinkan performa tinggi pads aplikasi multitasking dan multimedia intensif. Chipset AMD760 mendukung sampai FSB26 MHz dan memori DDR 266MHz dan juga AGP 4x.
  7. AMD760MP : Chipset buatan AMD untuk digunakan bersama prosesor Athlon MP. Terdiri dari dua chip yaitu chip AMD762 sistem bus controller (Northbridge) dan AMD766 peripheral bus controller (Southbridge). Chipset AMD760MP menggunakan teknologi memori DDR dan memungkinkan performa maksimal pada teknologi prosesor x86 pada aplikasi multitasking dan multimedia. Chipset AMD760MP ini mampu mendukung dua prosesor Athlon MP. FSB 266 MHz. memori DDR PC2100. dan AGP 4x serta mendukung PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.
  8. AMD761 : Chip sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang menangani elemen sistem penting yang mempengaruhi performa sistem secara keseluruhan sementara juga mengatasi transfer data ke prosesor. Fitur utama AMD761 sistem controller adalah kemampuan untuk mengontrol prosesor Athlon dengan bus 266MHz. memori DDR 266MHz. AGP 4x. dan bus PCI 33MHz/32-bit.
  9. AMD762 : CHIP sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang mendukung prosesor AMD Athlon MP. memori DDR PC2100 hingga kapasitas maksimal 4GB. dan kartu grafis AGP 4x. Semua fitur ini didisain untuk memberikan performa tinggi pada server kelas entry-level ataupun workstation dual processor kelas range sampai highend. AMD762 memiliki fitur yang mendukung FSB 266MHz. didisain untuk memberikan peningkatan transfer data 33 persen bila dibandingkan dengan prosesor AMD Athlon biasa. Selain itu chip ini juga mampu menangani DDR memori yang mendukung Error Correction Control (ECC) serta PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

Baca selanjutnya Istilah komputer dari huruf A : Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top