Istilah komputer dari huruf B

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf B.

Istilah Komputer Huruf B

Istilah Komputer Huruf B

  1. B&W (Black and White) : Tampilan suatu obyek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123. perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.
  2. BASCOM (Basic Compiler) : Program yang menterjemahkan program BASIC berakhiran .BAS menjadi file .EXE yang dapat dieksekusi.
  3. BASE : Dasar dari sistem angka. merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh. dasar dari sistem biner adalah dua. dasar dari sistem oktal adalah delapan. dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas. dst.
  4. BASIC : Bahasa pemrograman yang berjalan di bawah sistem operasi DOS. dirancang untuk digunakan para programmer pemula dari terminal interaktif. Versi BASIC ada bermacam macam. antara lain BASICA. Turbo Basic dari Borland dan Quick Basic dari Microsoft.
  5. BBS (Bulletin Board Service) : Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan modem. biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah. untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program. Untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi serta menerima dan menyebar luaskan pengumuman-pengumuman perusahaan dan sebagainya.
  6. BCC (Block Check Character) : Suatu karakter khusus yang terdapat pada tiap blok yang dibentuk dari bit uji pada proses deteksi kesalahan transmisi dengan teknik LRC.
  7. BCD (Binary Coded Desimal) : Sebuah sistem sandi yang umum digunakan untuk menyatakan angka desimal secara digital.
  8. BCS (Block Check Sequence) : Akhir dari deretan bit isi suatu register geser; digunakan untuk melakukan pengecekan kesalahan pada transmisi data antar komputer.
  9. BER (Bit Error Rate) : Jumlah angka kesalahan dari suatu transmisi data antar dua sistem komputer dalam sebuah jaringan.
  10. BGP (Border Gateway Protocol) : Sebuah protokol yang menyediakan informasi sasaran yang dapat dijangkau router untuk berkomunikasi antar autonomous system.
  11. BIOS : Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem -boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.
  12. BISDN : Layanan pita lebar. Sebagai layanan pita lebar BISDN dapat melayani informasi dengan bit rate konstan maupun bit rate yang selalu berfluktuasi (variable). layanan yang bersifat real-time maupun yang bersifat non real-time serta dapat melayani mode connection oriented ataupun connectionless services. BISDN mengintegrasikan layanan narrowband. seperti telepon. data terminal. telemetri. facsimile. dan teletex dengan layanan broadband. seperti video telephone. videoconference. high speed data transmission. cable television. dll.
  13. BISYNC (Binary Synchronous C) : Binary Synchronous Communication (BISYNC) pada dasarnya adalah karakter atau bentuk komunikasi berorientasi byte yang berarti bahwa kelompok bit atau byte adalah elemen penting dari transmisi daripada aliran bit. BISYNC didirikan atau berasal dari IBM pada tahun 1960-an. Ini umumnya mencakup karakter dan prosedur untuk sekadar mengontrol pembentukan atau pengembangan koneksi dan transmisi data yang valid. Ini adalah protokol link half-duplex yang menggantikan protokol Synchronous transmit-receive (STR) yang biasanya digunakan dengan komputer generasi kedua.
  14. BITNET : Jaringan komputer dengan kecepatan dan biaya rendah yang dibuat untuk melayani kebutuhan jaringan di luar batas jaringan ARPANET. Menggunakan protokol store and forward untuk menyediakan layanan e-mail interaktif dan file transfer.
  15. BLAST (Block Asyncronous Transfer) : Sebuah software untuk mengalihkan data secara asinkron antar sistem komputer yang memakai software BLAST. Menggunakan perangkat antarmuka RS-232 C.

Baca selanjutnya Istilah Komputer Huruf B Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top