Istilah komputer dari huruf C

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf C.

istilah komputer dari huruf C

Istilah Komputer Dari Huruf C

  1. C# (C Sharp) : Bahasa pemrograman di dalam paket aplikasi Microsoft Visual Studio.NET. Konsep pemrograman C# mirip dengan pemrograman JAVA.
  2. C/C++ : bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
  3. CAD (Computer Aided Design) : Software untuk membuat desain produk dan gambar teknik.
  4. CAD/ Computer Aided Design : Istilah yang diaplikasikan untuk program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alatalat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.
  5. CAI (Computer Assisted Instruction) : Software untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu obyek. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertannyaan. Berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa. komputer akan memberi informasi apakah siswa melakukan kesalahan.
  6. CAM (Computer Aided Manufacture) : Sistem komputer untuk mengatur dan mengawasi jalannya proses operasi suatu mesin.
  7. CAM/ Computer Aided Manufacturing : Istilah yang menjelaskan penggunaan computer dalam manufaktur sebuah produk. Sebuah produk diselesaikan ke dalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditransmisikan ke dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.
  8. CASE (Computer Aided SE) : adalah implementasi alat dan metode yang difasilitasi komputer dalam pengembangan perangkat lunak. CASE digunakan untuk memastikan perangkat lunak berkualitas tinggi dan bebas cacat. (Patel, n.d.) Sehingga CASE dapat didefinisikan sebagai alat yang terintegrasi yang digunakan oleh desainer untuk membantu merencanakan, menganalisis, mendesain, memprogram, dan memelihara sebuah sistem informasi. CASE memastikan pendekatan rujukan dan disiplin dan membantu desainer, pengembang, penguji, manajer, dan lainnya untuk melihat tonggak proyek selama pengembangan.
  9. CC (Carbon Copy) : Alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama.
  10. CCD : Peranti muatan-berpasangan (bahasa Inggris: charge-coupled device atau CCD) adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan, atau berpasangan. Di bawah kendali sirkuit luar, setiap kondensator dapat menyalurkan muatan listriknya ke tetanggannya. CCD digunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri), optikal dan spektroskopi UV dan teknik kecepatan tinggi .
  11. CCIT : (Comite Consultatif Internationale de Telegraphique et Telephonique) Sebuah organisasi tingkat dunia yang bertugas menentukan standar-standar di bidang komunikasi.
  12. CCIT Recommendations : Rekomendasi yang diberikan oleh CCIT untuk penggunaan alat-alat pendukung komunikasi. misalnya jenis protokol komunikasi. metode modulasi modem. Dan lain-lain.
  13. CD (Carrier Detect) : Status modem jika sedang terhubung dengan modem lain.
  14. CD : Merupakan media penyimpanan optik berbentuk piringan yang mampu menyimpan data hingga 700 MB, 80 Menit.
  15. CD Drive (Drive CD) : Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk. yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).
  16. CD ROM (CD Read Only Memory) : -Compact Disc Read Only Memory-(Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah);digunakan dalam penyimpanan data komputer.)
  17. CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory : Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.
  18. CD RW : Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.
  19. CD RW Drive : Alat pembaca Compact Disc yang digunakan untuk mengisi data ke CD RW.
  20. CD Title : Compact Disc yang berisi program-program komputer.

Lanjut istilah komputer dari huruf C Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top