Istilah komputer dari huruf E

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf E

Istilah Komputer Dari Huruf E
  1. E : 1. Simbol yang ditujukan untuk kekuatan elektromotif atau voltase. 2. Mempunyai arti elektronik atau penggunaan di dalam teknologi informasi dan komunikasi pada e-mail, ecommerce, e-business, e-government dan lain sebagainya. 3. Mempunyai arti sesuatu yang ada atau melibatkan teknologi internet.
  2. E-Mail : Metode pengiriman pesan antar komputer dengan jaringan.
  3. E-Mail Virus : Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail. virus baru akan bekerja dan menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word. biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti virus Worm.ExploreZip.
  4. E-book (Electronic-book) : Buku yang bisa di-download dari internet dan bisa dibaca menggunakan komputer.
  5. E-commerce (Electronic-commerce) : Aktifitas ekonomi di internet, meliputi transaksi barangdan jasa, pembelian, dan penjualan. E-commerce juga sering dikenal dengan istilah “belanja online” (Online shopping)
  6. E-commerce : Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau ecommerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Ecommerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (ebusiness) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
  7. E-mail : Yaitu surat menyurat melalui interner. Pengguna dapat saling bertukat berita. Berita berita itu akan di kumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox ,sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.
  8. E-mail Address : Yaitu alamat yang dipakai dalam proses pengiriman e-mail ke tujuannya. Alamat tersebut dibuat berdasarkan DNS.
  9. E-mail Bankruptcy : kebanyakan dari kita menerima beberapa e-mail sehari. Tergantung pada pekerjaan Anda, Anda bahkan dapat menerima puluhan harian pesan yang tidak spam. Sementara itu cukup sulit untuk menjaga dengan kebanyakan e-mail diterima dalam satu hari, jika Anda jatuh di belakang beberapa hari, hal ini dapat hampir mustahil untuk mengejar ketinggalan. Setelah beberapa saat, Anda mungkin berakhir dengan ratusan pesan di kotak masuk yang tidak telah menjawab. Jika Anda menjadi tenggelam di bawah tumpukan tak berujung e-mail di kotak masuk Anda, satu-satunya cara out mungkin untuk menyatakan kebangkrutan e-mail. Mirip dengan kebangkrutan keuangan, e-mail Kepailitan melibatkan menulis off kerugian dan mulai lagi dari awal. Cara yang paling bijaksana menyatakan kebangkrutan e-mail adalah untuk menyisipkan semua alamat e-mail dari pesan Anda tidak menanggapi ke dalam pesan tunggal. Kemudian mengirim pesan menjelaskan bahwa Anda telah jatuh terlalu jauh di belakang pada e-mail Anda dan minta maaf karena tidak menanggapi.
  10. EAROM : (Electronically Alterable Read Only Memory) Merupakan salah satu jenis ROM yang dapat diprogram ulang sepanjang masih berada di dalam komputer.
  11. EAX (Environmental Audio Extensions) : Teknologi efek suara 3D dari Sound Blaster. Pengembangannya menghasilkan beberapa versi seperti EAX, EAX 2.0, dan EAX 3.0.
  12. EBCDIC : (Extended Binary Coded Decimal Interchange) Sistem sandi 8 bit untuk 256 kombinasi/karakter. merupakan sistem sandi standar dalam komunikasi data.
  13. ECC : ECC= adalah sistem koreksi, kalo ada salah perhitungan dalam proses yg dilakukan oleh proc yg disimpan dalam ram, maka di ram akan dikoreksi, non-ECC berarti ga bisa seperti yg ECC bisa
  14. ECHO : Perintah yang terdapat pada file autoexec.bat untuk menyembunyikan perintah (on) atau memunculkan perintah (off) yang terdapat di dalamnya ke layar monitor.
  15. ECL (Emitter Coupled Logic) : Metode pembangunan logika yang sering dipakai sistem komputer besar.
  16. ECMA (European Computer MA) : European Computer Manufacture AssociationPerkumpulan penyalur peralatan komputer di Eropa yang ikut berperanserta dalam perumusan Standar di dunia komputer.
  17. EDFA (Erbium-Doped Fiber Amplifier) : Sebuah piranti yang berfungsi meningkatkan sinyal dari sebuah serat optik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an. dan meraih sukses sebagai optical amplifier. EDFA menjadi dasar pengembangan jaringan serat optik.
  18. EDGE : Merupakanteknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Tujuan pengembangan teknologi ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efisiensi spektrum, dan memungkinkan penggunaan aplikasi -aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas.
  19. EDI (Electronic Data Interchange) : Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.
  20. EDIFACT (Electtronic Data IFACT) : Electtronic data Interchange for Admnistration Commerce and Transport-Serangkaian aturan Standar penggunaan Elektronis data Interchange.
  21. EDO RAM (Extended Data ORAM) : Extended data Output RAM-Jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memor ini banyak menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page Memory) RAM. karena dapat menyimpan dan membaca secara simultan. maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM ini dapat lebih cepat.
  22. EDO RAM/ Extended Data Out RAM : Chip RAM yang menyertakan komponen logik yang mengorganisi aliran data keluar yang menawarkan aliran data lebih cepat bila ada permintaan dengan susunan berurutan.
  23. EDP (Electronic Data Processing) : Pengolahan informasi yang dikerjakan secara elektronik oleh komputer.
  24. EDP Management Science : Ilmu yang mempelajari sekelompok masalah manajemen yang sanggup ditangani program komputer.
  25. EDPS (Electronic Data PS) : Electronic data Processing System-sistem pengolahan data menggunakan alat bantu komputer.
  26. EEPROM (Electronically EPRAM) : Electronically Erasable Programmable Read Only MemorySalah satu tipe chip ROM yang dapat dihapus dan diprogram kembali dengan memakai suatu alat khusus.
  27. EFF (Electronic Frontier Foundation) : Yayasan yang bertujuan untuk menampung semua permasalahan di lingkungan pengguna komputer yang muncul sebagai dampak dari penyebaran informasi dan komunikasi (Internet).
  28. EFT (Electronic Funds Transfer) : Teknik pengiriman atau pertukaran data-data transaksi keuangan secara elektronik.
  29. EGA (Enhanced Graphics Adaptor) : Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik. setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter). 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350 titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATI Technologies Inc dengan card bernama EGA WONDER. dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX mengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics Adapter). mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot) dengan 256 warna. dari 4096 kombinasi warna dasar (pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (Proffesional Enhanced Graphics Adapter). ataupun PGA (Proffesional Graphics Adapter). menampilkan layar teks 132 x 43 karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync.
  30. EIA (Electronics Industry Association) : Sebuah perkumpulan pabrik elektronik di USA yang menentukan standard antarmuka. misalnya RS 232-C dan RS-422A.

Lanjut istilah komputer dari huruf E Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top