Istilah komputer dari huruf E

Istilah Komputer Dari Huruf E (3)

  1. Eject : Yaitu perintah yang diberikan pada printer untuk menempatkan kertas diawal halaman. apabila saat ini posisi kertas berada di tengah , maka sisa halaman akan dibaikan dan meletakan kertas berikutnya
  2. Electric Delay Line : Akhir penundaan yang dipakai untuk menampung sinyal dengan memutar informasi yang dibawa oleh suatu gelombang transmisi.
  3. Electronic Bulletin Board : Papan pengumuman elektronik yang terdapat di suatu system jaringan. Umumnya berisi berita-berita terbaru. Pengguna dalam sistem jaringan tersebut dapat membacanya ataupun menempatkan berita ke dalamnya untuk dibaca pengguna lain.
  4. Electronic Differential Analyzer : Komputer analog yang menggunakan penghubung elektronik terpadu untuk menganalisis persamaan differensial.
  5. Elemen Komputer : Kesatuan komponen penyusun komputer dan merupakan bagian penting dari komputer agar komputer dapat digunakan.
  6. Else : Perintah percabangan dalam bahasa pemrograman yang akan dianggap sebagai pilihan pertama yang harus dilaksanakan apabila kondisi yang diberikan tidak terpenuhi.
  7. Embed : Kemampuan suatu program aplikasi memasukkan data atau obyek dari software lain.
  8. Embedded system : Sebuah sistem komputer yang menjadi komponen dari mesin atau sistem yang lebih besar. Embedded sistem dapat memberikan respon yang sifatnya real time. Embedded sistem banyak digunakan pada peralatan digital. seperti jam tangan.
  9. Emoticon : Simbol yang dibuat dengan keyboard untuk menjelaskan emosi pengguna komputer yang bersangkutan dengan lambang-lambang.
  10. Empahasized : Bentuk pencetakkan teks dengan kualitas huruf agak besar dan jarak yang lebih lebar dibandingkan dengan bentuk huruf normal.
  11. Emulation : Keserbagunaan komputer yang digambarkan oleh kenyataan bahwa komputer dapat deprogram untuk meniru komputer lain. Komputer kecil dapat meniru komputer dengan kemampuan besar. atau komputer yang dapat menjalankan program yang diperuntukkan bagi jenis komputer tertentu.
  12. Emulator : Perangkat lunak yang memungkinkan suatu program atau piranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer (arsitektur dan sistem operasi) dan untuk dijalankan dalam sistem itu (atau dijalankan dalam suatu sistem yang didedikasikan), dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda.
  13. Enabled : Perintah yang mengijinkan suatu alat atau item terpilih kembali berfungsi. Kebalikan dari disabled.
  14. Enabling the Line : Kegiatan menyiapkan unit kendali transmisi untuk menerima panggilan pada saluran komunikasi.
  15. Encapsulation Facility : Fasilitas antar sambungan jaringan yang mempunyai kemampuan untuk menjalin komunikasi antara dua sistem dengan rancang bangun yang berbeda. Jaringan yang dipakai akan disesuaikan dengan rancang bangun jaringan lain.
  16. Encode : Proses menulis (atau menyimpan) sebuah format berkas. Enkripsi
  17. Encoder : Suatu sistem komputer atau sistem jaringan yang hanya mampu menerima satu masukan saja. yang setiap masukan akan menghasilkan beberapa kombinasi hasil keluaran.
  18. Encoding : pengkodean atau penyandian (encoding) adalah proses konversi informasi dari suatu sumber (objek) menjadi data, yang selanjutnya dikirimkan ke penerima atau pengamat, seperti pada sistem pemrosesan data.
  19. Encryption : Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip. kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text. sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.
  20. Encryption/ Enkripsi : Proses pembuatan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari pengguna yang tidak sah, khususnya selama transmisi atau ketika informasi tersebut disimpan pada medium magnetik yang boleh diangkat-angkat.
  21. End : Tombol pada keyboard. berfungsi untuk menggerakkan kursor ke akhir baris.
  22. End Distortion : Gangguan pada pengiriman data secara asinkron yang disebabkan karena adanya distorsi pada bit stop.
  23. End Key : Suatu tombol yang digunakan untuk menggerakkan kursor.
  24. End Note : Catatan yang ditempatkan di bagian bawah halaman namun hanya berlaku pada halaman tertentu saja.
  25. End System : Hardware dalam sistem komunikasi yang bertindak sebagai sumber data (pengirim) atau tujuan akhir data (penerima).
  26. End Users : Sebutan bagi orang yang hanya mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain.
  27. End of Carry : Istilah untuk sisa pembagian bilangan biner.
  28. End of Data Mark : Suatu karakter yang menandai ahir dari semua data dalam suatu unit penyimpanan.
  29. End of File Mark : Karakter kendali yang menandai akhir pembacaan seluruh record pada suatu file.
  30. Ending Delimiter : Field dalam frame MAC yang menunjukkan akhir field informasi dan awal dari field Frame Check Sequence (FCS).

Lanjut istilah komputer dari huruf E Halaman 4

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top