Istilah komputer dari huruf E

Istilah Komputer Dari Huruf E (6)

  1. Execution Error Detection : Pelacakan kesalahan pada waktu berlangsungnya proses eksekusi.
  2. Execution Time : Waktu selama berlangsungnya perintah eksekusi.
  3. Executive : Program yang membantu untuk mengelola operasi suatu sistem komputer.
  4. Executive Instruction : Petunjuk cara mengoperasikan program komputer yang dirancang secara khusus.
  5. Executive System Utilities : Sekumpulan program yang bermanfaat. seperti program diagnostik dan sebagainya. Program ini membantu manajer menangani pekerjaannya secara efisien.
  6. Exit : Instruksi untuk keluar dari suatu program komputer.
  7. Expanded Batch : Operasi batch yang diperluas sehingga mampu melakukan pemrosesan data yang lebih kompleks daripada operasi batch pada umumnya.
  8. Expansion : Peningkatan kemampuan komputer dengan jalan menambahkan komponen hardware tertentu sehingga komputer sanggup melaksanakan suatu tugas yang tidak dapat dilaksanakan oleh sistem komputer dasar.
  9. Expansion Bus : Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.
  10. Expansion Card : Kartu periferal tambahan yang terpasang pada komputer dan memiliki berbagai fungsi. Contohnya VGA card, sound card, dan LAN card.
  11. Expansion Pack : Versi lanjutan dari aplikasi game yang biasanya terdapat perluasan dari segi cerita, karakter, level, dan sebagainya.
  12. Expert System : Expert System berupa sebuah program yang menirukan kepakaran seseorang.
  13. Exploit : Sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik. Eploit banyak digunakan untuk penetrasi baik secara legal maupun ilegal untuk mencari kelemahan (vulnerability) pada komputer tujuan.
  14. Export : Export adalah suatu kegiatan pemindahan barang dari tempat asal ke tempat lain.
  15. Export File : Mengubah format suatu file ke dalam bentuk tertentu agar dapat dibaca oleh software lain.
  16. Expression : Terdiri dari operand-operand yang berasal dari sebuah konstanta atau variabel dan diisikan ke dalam pernyataan program sumber untuk dievaluasi sehingga diperoleh nilai tertentu.
  17. Extended LAN : Suatu jaringan lokal yang terdiri dari dua atau lebih jalur data LAN terpisah. baik yang menerapkan media pengendali akses (MAC) yang sejenis maupun yang berbeda.
  18. Extended Memory : Memori tambahan di samping memori utama.
  19. Extended Precission Word : Word dengan ketelitian yang lebih detail dalam aritmatika floating foint berupa data 16 bit.
  20. Extended partition : Partisi kedua pada suatu harddisk. yang kedudukannya sejajar dengan primary partition (partisi utama dari harddisk).
  21. Extensible Language : Bahasa pemrograman yang dapat diperluas kemampuannya dengan menambahkan beberapa hal baru dan memodifikasi yang telah ada sebelumnya.
  22. Extensinble System : Sistem komputer yang dapat diperluas oleh pengguna dengan menerapkan bahasa dari subsistem buatannya sendiri sedemikian rupa sehingga orang lain juga dapat menggunakannya.
  23. Extension : Format sebuah file yang menentukan jenis dan aplikasi yang membuka file tersebut. Ada ribuan atau lebih jenis ekstension. Contoh ekstension pada file misalnya *.exe (executable), *.dll (dinamic link library), *.sys (system file), *.bat (MS – DOS batch file), *.jpg (JPEG), *.png (portable network graphic), *.flac (free losseness audio codec), *.mp3 (MPEG3 layer audio), *.avi (audio video interleave), dan lain lain.
  24. Exterior Gateway Protocol : Protokol pada lapis jaringan model OSI yang digunakan gateway untuk saling berkomunikasi dalam autonomous system.
  25. External Delay : Penundaan waktu pengoperasian komputer disebabkan oleh faktor-faktor dari luar sistem komputer. dalam hal ini adalah manusia. misalnya operator dan teknisi.
  26. External Device Control : Kemampuan dari peralatan eksternal untuk melakukan interupsi selama mengerjakan suatu tugas.
  27. External Error : Yaitu kesalahan fungsi komputer yang disebabkan oleh ketidak beresan alatalat eksternal.
  28. External Files : Yaitu file yang tidak langsung diambil oleh browser seperti beberapa format gambar , suara , video dan file program lainnya.
  29. External Hard Drive : external hard drive (EHD) sama dengan hard disk yang ada di dalam jeroan komputer PC atau laptop. Karena memakai istilah external maka bedanya tentu pada penempatannya saja yakni berada di luar PC atau laptop. EHD dapat dipakai untuk menyimpan data secara permanen atau sementara sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  30. External Interrupt : Interupsi yang berasal dari luar sistem komputer. misalnya dari operator ataupun dari peralatan eksternal.

Lanjut istilah komputer dari huruf E Halaman 7

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top