Istilah komputer dari huruf F

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf F.

Istilah Komputer Dari Huruf F

Istilah Komputer Dari Huruf F

  1. FAQ (Frequently Asked Question) : Dokumen yang berisi pertanyaan-pertanyaan umum pada satu masalah. Hampir semua homepage dan newsgroup yang bagus memiliki FAQ untuk memperkenalkan kepada pembaca atau pengunjung baru masalah hangat yang ada di tempat mereka dalam bentuk jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dikemukakan.
  2. FARNET : Nama perusahaan non-profit yang bertujuan meningkatkan pemakaian jaringan komputer sebagai pendorong peningkatan pendidikan dan penelitian.
  3. FAST (Federation Againts ST) : Federation Againts Software Theft-suatu Organisasi di Inggris yang dibentuk dengan tujuan untuk mengkampanyekan perlindungan atas hak-hak pembuat software.
  4. FAT : Sistem media penyimpanan format Windows/sistem partisi harddisk. FCC (Federal Communication Commission)
  5. FAT32 : Sistem berkas FAT’ atau ‘FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel. FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald, pada tahun 1976-1977. Sistem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu, termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), OpenDOS, FreeDOS, MS-DOS, IBM OS/2 (versi 1.1, sebelum berpindah ke sistem HPFS), dan Microsoft Windows (hingga Windows Me). Untuk disket, FAT telah distandardisasikan sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Standar-standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa dukungan nama berkas panjang, karena memang beberapa bagian dalam standar nama file panjang di dalam sistem berkas FAT telah dipatenkan. Sistem berkas ini digunakan oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.
  6. FDDI (Fiber Distributed DI) : -Fiber Distributed Data Interface- Standar transmisi data pada kabel serat optik dengan rata-rata 100.000.000 bits per detik. Standar ini diperkenalkan oleh American National Standards Institute (ANSI).
  7. FDDI : Media transmisi yang menggunakan serat kaca (fiber optic) sebagai pentransfer data.
  8. FIFO (First In First Out) : Salah satu teknik pengelolaan queue atau penanganan tugas yang bertumpuk. yaitu item yang pertama akan dikerjakan lebih dahulu.
  9. FLOPS (Floating Point OPS) : -Floating Point Operation Per Second- Ukuran kecepatan pengolahan data berupa angka dalam aplikasi ilmiah. Kapasitas komputer dalam mengolah angka dengan kecepatan tinggi telah dipertimbangkan dengan baik pada flops ini .
  10. FM (Frequency Modulation) : Teknik modulasi yang menggunakan perubahan frekuensi sinyal analog untuk membedakan kedua sinyal digital.
  11. FORMAT : 1. Pada DOS merupakan perintah untuk membentuk sector pada disket atau harddisk sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data. 2. Pengaturan hasil keluaran computer. meliputi penentuan jumlah baris per halaman. spasi antarbaris. batas tulisan (margin). huruf yang dipakai. dll.
  12. FORTRAN (FORmula TRANslation) : Bahasa pemrograman yang dirancang untuk menyusun perhitungan-perhitungan pada aplikasi ilmiah dan teknik. Ekspresi dalam FORTRAN memiliki persamaan dengan aljabar..
  13. FPGA : Field-Programmable Gate Array (FPGA) adalah komponen elektronika dan semikonduktor yang mempunyai komponen gerbang terprogram (programmable logic) dan sambungan terprogram
  14. FPS : Jumlah bingkai gambar yang ditunjukkan dalam satu detik untuk gambarbergerak seperti film atau video game. Semakin tinggi angka FPS semakin halus pergerakannya.
  15. FPU : Dikenal juga sebagai numeric coprocessor. yaitu sirkuit khusus dalam mikroprosesor yang bekerja menangani angka dengan lebih cepat. Kelebihannya itu disebabkan oleh satu set instruksi yang dimilikinya. yang memfokuskan diri pada operasi matematis. FPU sudah mulai banyak dipakai dalam PC. terutama untuk menangani pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan grafis.
  16. FPU : Sebutan untuk unit pemroses dalam mikroprosesor yang mampu menangani bilangan floating-point(bilangan yang memiliki koma dan pangkat). FPU digunakan pada sebagian besar permainan komputer (game), program tabel berlajur (spreadsheet), serta aplikasi Computer-Aided Design (CAD).
  17. FSB : Kecepatan koneksi dari bus yang mempunyai satuan kecepatan dalam melakukan pertukaran data, satuan yang digunakan adalah Mega Hertz (MHz).
  18. FTAP (File Transfer Access Method) : Metode pengalihan file yang dibuat oleh OSI. berisi fungsi-fungsi dasar pengelolaan.
  19. FTP (File Transper Protocol) : Program yang memungkinkan kita memindahkan data di antara dua komputer yang berjauhan letaknya. Protokol yang dipakai pada Internet untuk mengirim file.
  20. FTP : Merupakan teknologi yang digunakan untuk melakukan transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet dengan menggunakan konsep client server. Bluetooth juga mendukung fungsi ini.
  21. Facebook : Merupakan situs jejaring sosial melalui internet, situs pertemanan yang memungkinkan anggotanya untuk memasang foto dan berbagi data pribadi.
  22. Facility Assignment : Fasilitas penempatan memori dan peralatan eksternal yang dibutuhkan oleh program pada saat dieksekusi.
  23. Facility Length : Bagian dari format paket data yang berfungsi ketika pengguna meminta fasilitas. misalnya karena panggilan masuk tidak diperbolehkan.
  24. Facsimile : Alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini.
  25. Fading : Gangguan saluran transmisi. terutama pada sistem gelombang mikro ketika sinyal-sinyal yang dikirim melalui berbagai jalur ke penerima mengalami perubahan karena kondisi atmosfir.
  26. Failure : Yaitu pernyaaan yang menunjukan bahwa alat terkait tidak berjalan dengan semestinya.
  27. Faktor Interleave : Perbandingan banyak sector yang diloncati dalam proses perekaman data dalam hard disk. Sebenarnya perekaman sebuah file dalam hard disk dilakukan secara terpisah pada beberapa sector.
  28. Fanfold Paper : Jenis kertas yang dipakai untuk mencetak keluaran proses komputer sering disebut continous form.
  29. Far End Crosstalk : Crosstalk yang terjadi dalam rangkaian komunikasi yang bergerak ke arah yang sama dan dianggap sebagai sinyal dalam rangkaian tersebut.
  30. Fast Access Storage : Yaitu unit penyimpanan data dalam komputer yang memiliki kemampuan melakukan pengaksesan data dengan kecepatan tinggi.

Lanjut istilah komputer dari huruf F Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top