Istilah komputer dari huruf G

Berikut ini merupakan istilah komputer dari huruf G. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini

Istilah Komputer Dari Huruf G

Istilah Komputer Dari Huruf G

  1. GB : Berasal dari kata GigaByte. merupakan satuan pengukuran kapasitas harddisk pada komputer dengan 1 GB = 1024 MB.
  2. GBT (Gerakan Bawah Tanah) : Istilah yang diberikan para pengguna fasilitas IRC untuk menyebut user yang kelihatannya diam. tetapi sedang berbicara kepada orang lain secara diam-diam.
  3. GCR (Group Coded Recording) : Metode perekaman data pada pita magnetik dengan kerapatan sangat tinggi.
  4. GIF : Format file untuk menyimpan data berupa gambar. Format GIF dikembangkan pertama kali oleh Compuserve. Format GIF 89a dapat menyimpan beberapa gambar sekaligus dalam satu file untuk dijadikan animasi. File GIF terkompresi. sehingga sangat kecil dan sesuai untuk penggunaan di Internet.
  5. GIF/ Graphics Interchange Format : File format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded (dikirim) ke online services.
  6. GIGO (Garbage In Garbage Out) : Sebuah peringatan bahwa tidak ada program yang menghasilkan keluaran yang sempurna apabila memakai data yang keliru.
  7. GIS : GIS (Geographic Information System) adalah : Sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.
  8. GLONASS : Merupakan sistem navigasi milik Rusia, yang mana serupa GPS kepunyaan Amerika.
  9. GNU : GNU adalah suatu sistem operasi komputer yang sepenuhnya terdiri dari perangkat-perangkat lunak bebas.
  10. GNU/GPL : Merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang dibuat oleh Richard Stallman untuk proyek sistem operasi yang mirip UNIX. Lisensi GPL memberikan penerima salinan hak perangkat lunak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama.
  11. GOCA (Graphics Object CA) : Graphics Object Content Architecture-Sebuah dokumen berformat IBM yang berisi campuran antara grafik dan teks.
  12. GOTO : Perintah dalam bahasa pemrograman untuk melompat ke instruksi yang disebutkan setelah pernyataan GOTO tersebut.
  13. GPIB (General Purpose IB) : General Purpose Interface Bus- Bus yang memenuhi standar industri IEEE-488 yang dapat digunakan untuk merk-merk lain.
  14. GPIO : General-purpose input/output (GPIO) adalah pin generik pada sirkuit terpadu (chip) yang perilakunya (termasuk apakah pin itu input atau output) dapat dikontrol (diprogram) oleh pengguna saat berjalan
  15. GPRS (General Packet Radio S) : General Packet Radio Service- Layanan komunikasi berbasis paket. tanpa kabel sebagai media komunikasi. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS adalah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan y
  16. GPRS : Merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses internet dimanapun selama sinyal GPRS tersebut ada. GPRS adalah perangkat pemancar yang menggunakan gelombang radio. Perangkat nirkabel yang mempunyai GPRS misalnya telepon seluler atau PDA (yang mendukung fasilitas GPRS).
  17. GPS : Kepanjangan dari Global Positioning System, sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi, dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara terus-menerus mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasarkan informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. Dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit
  18. GPS : Sebuahsistem satelit yang menyediakan informasi lokasi dan waktu pada perangkat yangebuamendukung GPS.
  19. GPU : Sirkuit khusus yang dirancang untuk cepat memanipulasi dan mengubah memori yang sedemikian rupa sehingga mempercepat pembangunan gambar dalam frame buffer yang dimaksudkan untuk output tampilan.
  20. GRUB : Bootloader yang disediakan oleh GNU dan merupakan proyek dari GNU. GRUB banyak digunakan pada berbagai macam distro linux GNU/Linux.
  21. GSM (Global System for MC) : Global System for Mobile Communication-Seluler Digital atau Standar PCS yang digunakan di seluruh dunia. GSM merupakan Standar yang paling banyak digunakan di Eropa dan Asia Tenggara.
  22. GSM : Sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang akan dikirim akan sampai pada tujuan.
  23. GUI : Tampilan sebuah OS yang menggunakan unsur grafik dalam interfacenya.
  24. GUID : Globally Unique Identifier atau disingkat GUID adalah sebuah susunan angka yang bersifat pseudo-random (acak-semu) yang digunakan di dalam banyak aplikasi perangkat lunak. GUID yang dapat dibuat memang tidak dijamin unik, tapi jumlah maksimum GUID yang dapat dibuat adalah 2, yang merupakan angka yang sangat besar sehingga kemungkinan angka yang dibuat dua kali mendekati nihil. GUID merupakan implementasi Microsoft dari sebuah standar Open Software Foundation yang disebut sebagai Universally Unique Identifier (UUID). GUID biasanya ditulis dalam bilangan heksadesimal dengan panjang hingga 128 bit (16-byte)
  25. GaAS (Gallium Arsenide) : Teknologi yang dipakai untuk membuat sirkuit logika di beberapa tipe komputer.
  26. Gadget : Perangkat elektronik (mis
  27. Gain : Perbandingan antara banyak sinyal yang dikeluarkan dengan jumlah sinyal semula (yang dimasukkan).
  28. Gallery : Beberapa bentuk atau format penggunaan yang telah disediakan oleh software tertentu.
  29. Game : Istilah untuk menyebutkan software permainan.
  30. Game Port : Sebuah konektor I/O yang digunakan untuk menyambungkan sebuah joystick atau video game controller yang lain. Game port umumnya adalah socket s15-pin pada bagian belakang PC.

Lanjut istilah komputer dari huruf G Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top