Istilah komputer dari huruf H

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf H

Istilah Komputer Dari Huruf H

Istilah Komputer Dari Huruf H

  1. HBA : Perangkat yang menghubungkan host sistem (komputer) ke perangkat jaringan atau penyimpanan lain.
  2. HD : Semua jenis sistem video yang memiliki resolusi lebih tinggi dibandingkan dengan video definisi standar, umumnya dengan resolusi tampilan 720×480 (480p), 1280×720 (720p), atau 1920×1080 (1080i atau 1080p).
  3. HDD : Media penyimpanan data utama pada komputer yang menggunakan piringan keras bermagnet yang memungkinkan data dapat disimpan dalam titik –titik bermagnet.
  4. HDMI : Salah satu antarmuka peralatan multimedia digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri.
  5. HDTV (High Definition Television) : Sistem video dengan kualitas warna dan suara yang lebih tinggi dari pada televisi biasa. HDTV memiliki dimensi layar lebih lebar, yaitu dengan rasio 16:9 dan memiliki resolusi dua kali lebih tajam.
  6. HDV : HDV adalah virus yang ditularkan melalui darah seperti HBV dan HIV, menunjukkan bahwa pengguna narkoba suntikan yang terinfeksi melalui penggunaan jarum suntik bersamaan atau alat suntik lain mungkin berada pada risiko tinggi terinfeksi HDV juga.
  7. HFS (Hierarchical File System) : Sistem file untuk media penyimpanan milik sistem operasi Macintosh. Jika Windows menggunakan FAT 32 atau NTFS, maka Macintosh menggunakan HFS.
  8. HH : Perangkat ponsel/tablet. Homepage
  9. HLLAPI : (High Level Languge Application Program Interface) Program interface IBM yang memungkinkan sebuah aplikasi PC untuk berkomunikasi dengan sebuah aplikasi mainframe.
  10. HSDPA : Sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut teknologi 3,5G. HSDPA merupakan evolusi dari standar WCDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi, hingga 14,4 Mbit/s.
  11. HSF (Heat Sink Fan) : Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.
  12. HSPA : Koneksi protokol telepon genggam dalam ranah 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja protokol UMTS.
  13. HSUPA : Protokol telepon genggam 3G dalam keluarga HSPA dengan kecepatan unggah/upload (“uplink”) hingga 5,76 Mbit/s. Nama HSUPA diciptakan oleh Nokia.
  14. HTML 3.2 : Standar format HTML yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium)
  15. HTPC : Home teater Personal Computer adalah istilah yang dikenakan kepada computer yang memiliki seluruh fungsi multimedia yang ada sampai saat ini. 
  16. HTML : Merupakan script halaman web, berupa dokumen ASCII atau teks biasa, yang tersusun atas tag, link, javascript, dan CSS.
  17. HTTP : Merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, yaitu Protokol yang didesain untuk mendesain dokumen HTML yang digunakan dalam www.
  18. HTTPS (Hyper-Text Transport Protocol Secure) : Sama seperti HTTP, hanya transfer data dilakukan melalui jalur lebih aman yang disebut SSL (Secure Socket Layer). Data yang dikirim telah dienkripsi terlebih dahulu melalui SSL, sehingga keamanannya lebih terjamin. Protokol ini umum digunakan pada situs perbankan, e-commerce, dan lain-lain untuk menjaga keamanan transaksi data melalui halaman web.
  19. HTTPS : HTTPS adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS) untuk menyediakan komunikasi terenkripsi antara web server dan klien. Biasanya HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login, dll Protokol ini menggunakan port 443 untuk komunikasi. Website yang sudah menggunakan protokol ini GMail.com, dan juga situs-situs lain seperti PayPal, Amazon, dll.
  20. Hacker : Seseorang atau sekelompok orang yang secara ilegal bisa mengakses data dan informasi dalam komputer orang lain untuk mengganggu pekerjaan orang lain, merusak sebuah sistem informasi, pencurian dan jual –beli data/informasi, dan untuk tindak kejahatan lainnya; hacker juga menciptakan virus atau sejenisnya.
  21. Hacker dg Keahlian khusus : Seorang hacker dapat mencapai pengalaman dan keahlian pada bidang-bidang tertentu seperti sistem operasi atau sebuah Aplikasi. Dalam hal ini ada dua tingkatan, yaitu : 1. Wizard Istilah ini diberikan pada seseorang yang telah memiliki pengetahuan luas dibidangnya. Kemampuannya tersebut tidak diragukan lagi. 2. Guru Istilah ini digunakan pada seseorang yang mengetahui semua hal pada bidangnya, bahkan yang tidak terdokumentasi. Ia mengembangkan trik-trik tersendiri melampaui batasan yang diperlukan. Kalau bidangnya berkaitan dengan aplikasi, ia tahu lebih banyak daripada pembuat aplikasi tersebut.
  22. Half-Duplex : Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi “collision” (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan.
  23. Halftone : Halftone adalah pola titik-titik kecil yang dapat mensimulasikan perbedaan warna dengan menggunakan perbedaan persentase tinta.
  24. Halftone Image : Suatu citra yang direproduksi melalui sebuah layar khusus dengan tampilan titik yang terdiri atas berbagai ukuran untuk mensimulasikan berbagai warna abu-abu dalam foto. Teknologi Halftone merupakan teknologi yang dipakai untuk mereproduksi citra dalam koran/tabloid/majalah.
  25. Handshakking : Suatu cara pengontrolan aliran data antara dua perangkat lunak menggunakan sinyal RS232. dan handshaking perangkat keras pada umumnya menggunakan karakter control Xon dan Xoff.

Lanjut istilah komputer dari huruf H Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top