Istilah komputer dari huruf I

Pada artikel ini merupakan sekumpulan kamus atau istilah komputer berdasarkan abjad dari huruf I .

istilah komputer dari huruf I

istilah komputer dari huruf I

  1. I/O (Input/Output) : I/O merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi sebagai penghubung pada perangkat eksternal. Input adalah perangkat eksternal yang memasukkan data ke dalam komputer, contohnya keyboard. Output adalah perangkat eksternal yang digunakan untuk menampilkan hasil proses, contohnya monitor.
  2. I/O Address : Setiap perangkat I/O yang terhubung ke komputer Anda dipetakan ke alamat i/o (Input/Output) yang unik. Alamat ini ditetapkan untuk setiap I/O port pada komputer Anda, termasuk USB, Firewire, Ethernet, VGA, DVI port, serta port lain yang mungkin memiliki komputer Anda. Memiliki alamat yang unik yang ditetapkan ke setiap port memungkinkan komputer Anda untuk dengan mudah mengenali dan menemukan perangkat yang terpasang pada komputer Anda. Apakah itu keyboard, mouse, monitor, printer, atau perangkat lain, komputer dapat mencari itu dengan alamat I/O nya. Karena alamat I/O dikendalikan oleh motherboard komputer, mereka tidak menggunakan memori sistem apapun, atau RAM.
  3. IBM (International Business Machine Corporation) : Perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, didirikan pada tanggal 15 Juni 1911. Beberapa produk IBM yang sukses adalah IBM PC, Power PC CPU, dan lain-lain.
  4. IBM Compatible : Pasar komputer pribadi di awal 1980an terdiri terutama dari komputer Apple dan IBM. Apel sistem menjalankan sistem operasi berpemilik yang dikembangkan oleh Apple, sementara mesin IBM terutama berlari PC-DOS.
  5. IC /Chip : Silikon kecil yang dilapisi jutaan sirkuit dan gerbang logika. Icon
  6. IC : Integrated Circuit atau chip. Sebuah rangkaian mikroelektronik berupa semikonduktor yang terdiri dari sejumlah besar transistor dan komponen-komponen lainnya. IC dikemas dalam sepotong bidang persegi empat (disebut sebagai “die”) dari silikon. IC dapat digolongkan menjadi IC analog, digital maupun hybrid (campuran).
  7. ICANN : ICANN, singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998 [1]. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA).
  8. ICF : Singkatan Firewall koneksi Internet. ICF adalah fitur Windows XP yang melindungi komputer yang terhubung ke Internet dari akses tidak sah. Ketika ICF diaktifkan, Windows menyimpan log permintaan masuk dari sistem lain di Internet. Jika permintaan adalah sesuatu yang telah meminta pengguna, seperti halaman Web, transmisi tidak akan terpengaruh. Namun, jika permintaan tidak diinginkan dan tidak diakui oleh sistem, transmisi akan turun.
  9. ICMP (Internet Control Message Protocol) : Komputer melakukan transmisi jaringan melalui protokol TCP/IP. Jika terjadi kesalahan atau kegagalan pada proses transmisi, maka informasi kesalahan dikirimkan melalui ICMP.
  10. ICQ : Dari kata”I Seek You”. Aplikasi untuk chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS.
  11. ICS (Internet Connection Sharing) : Sharing atau “berbagi pakai” koneksi internet antar komputer, melalui sebuah komputer yang terhubung langsung dengan internet.
  12. ICS : Internet Connection Sharing (ICS) adalah nama yang diberikan oleh Microsoft untuk fitur dari sistem operasi Windows untuk berbagi satu koneksi internet pada satu komputer ke komputer lainnya pada jaringan area lokal yang sama, menggunakan DHCP dan Network Address Translation (NAT).
  13. ICT : Information (informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna bagi yang mengetahuinya. Communications (komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Technology (teknologi) : kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis. Dengan demikian ICT merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan yang efektif dan efisien.
  14. IDE : Standar interface harddisk dan CD drive lama yang masih ada. Murah, dan terintegrasi dengan motherboard merupakan alasan teknologi ini tetap ada. Jumlah IDE ada 4 buah tiap motherboard dan koneksi dengan kabel pipih 80 pin, interface yang bottleneck dan menghambat panas.
  15. IDE controller : Alat yang dipakai untuk mengatur harddisk. cd-rom. dsb.
  16. IDE/ Integrated Devide Elektronic : Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.
  17. IDS : Intrusion Detection System (disingkat IDS) adalah sebuah aplikasi perangkat lunak atau perangkat keras yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan. IDS dapat melakukan inspeksi terhadap lalu lintas inbound dan outbound dalam sebuah sistem atau jaringan, melakukan analisis dan mencari bukti dari percobaan intrusi (penyusupan).
  18. IEC : Badan penetap standar yang fungsinya mirip dengan IEEE, yaitu menstandarisasikan peralatan elektronik.
  19. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) : Institusi pengembang teknologi transmisi, pengembang teknologi seperti IEEE 1284 atau port paralel (LPT) untuk koneksi printer, IEEE 1394 atau port Firewire yang digunakan pada perangkat, dan sebagainya.
  20. IEEE : Sebuah institut yang melakukan diskusi, riset, dan pengembangan terhadap perangkat elektronik yang kemudian menjadi standarisasi untuk digunakan sebagai perangkat elektronik.

Lanjut istilah komputer dari huruf I Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top