Istilah komputer dari huruf K

Pada artikel ini merupakan istilah komputer berdasarkan abjad dari huruf K. Namun seiring perkembangan dunia teknologi saat ini, maka data ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini

Istilah Komputer Dari Huruf K

Istilah Komputer Dari Huruf K

  1. KB (Kilo Byte) : KB adalah singkatan dari KiloByte, dimana 1 KiloByte = 1024 Byte. Sedangkan Kb adalah singkatan dari Kilobit, dimana 1 Kilobit = 1024 bit = 128 Byte, karena 1 Byte = 8 bit.
  2. KBps : Kilobytes per second.
  3. Kc : Seribu karakter perdetik, biasa digunakan untuk menyatakan kecepatan transfer data.
  4. KDE : Tampilan antarmuka (UI) pada Linux KDE atau pada varian linux lain. Kernel
  5. KHz : Satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik.
  6. KOffice : KOffice adalah paket aplikasi office untuk K Desktop Environment (KDE). Semua komponennya dirilis dengan lisensi open source. Versi terbaru KOffice adalah 2.3.1, yang dirilis 2011
  7. KVM Switch : KVM Switch merupakan singkatan dari Keyboard, Video, Mouse Switch merupakan sebuah perangkas keras (hardware) atau juga sejenis alat elektronik yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer/server dengan sebuah keyboard, sebuah monitor dan juga sebuah mouse.
  8. Kaleida : Joint venture antara Apple dan IBM yang membangun software ScriptX multimedia.
  9. Kapasitor/Kondensator : Alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday.
  10. Kbit/s (Kilobits per Second) : Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer men-download informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.
  11. Kerberos : Sistem keamanan berbasis enkripsi buatan MIT untuk menghalangi penyelewengan dalam pengawasan password dan login. Sistem ini menyediakan layanan untuk menentukan client yang diperbolehkan mengakses server tertentu. serta layanan pembuktian keaslian antara password dan login milik client dan server.
  12. Kernel : Inti dari sebuah sistem operasi, serangkaian program dalam sebuah sistem operasi yang berfungsi melaksanakan fungsi-fungsi paling dasar sistem tersebut.
  13. Kerning : kerning adalah penyesuaian spasi antar pasangan huruf, terutama dalam tipe huruf display (headline).
  14. Key  : 1. Field yang mencirikan sebuah record. 2. Field yang menentukan posisi sebuah record dalam suatu urutan. 3. Tuas atau tombol sebuah mesin atau peralatan yang dioperasikan secara manual, misalnya tombol keyboard. 4. Memasukkan data ke komputer dengan bantuan keyboard.
  15. Keyboard : Seperangkat papan dengan ratusan tombol yang digunakan untukmemasukkan perintah. Keylogger
  16. Keyboard Shortcut : Keyboard shortcut adalah kombinasi antara dua tuts atau lebih di keyboard, yang ketika ditekan akan membantu kamu dalam mengerjakan suatu task yang terkadang membutuhkan penggunaan mouse atau pointing device lainnya.
  17. Keygen : Sebuah program kecil yang berfungsi untuk menghasilkan kata kunci yang berlainan yang berguna pada saat registrasi software dimana harus memasukkan kata kunci (product key).
  18. Keylogger : Perangkat keras atau lunak yang dirancang untuk merekam atau mencatat penekanan pada tombol keyboard. Hasil pencatatan akan disimpan dalam sebuah file log. Keylogger terkadang digunakan untuk tujuan yang bersifat ilegal, seperti aplikasi Spyware yang merekam apa yang diketikkan pengguna pada aktivitas chat, login, email, dan sebagainya dengan tujuan mencuri informasi.
  19. Keystroke : sederetan nomor code untuk satu special character tertentu, setiap SC mempunyai keystroke yang berbeda.
  20. Keyword : Kata kunci. Dalam aturan tata bahasa pemrograman, adalah kata-kata yang tidak boleh digunakan sebagai nama variable, fungsi, prosedur, konstan dan lainnya. Karena kata tersebut merupakan kata-kata yang telah dipesan oleh bahasa tersebut untuk melakukan perintah dasar.

Lanjut istilah komputer huruf K Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top