Istilah komputer dari huruf L

Pada artikel ini merupakan istilah komputer berdasarkan abjad dari huruf L. Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf B.

Istilah Komputer Dari Huruf L

Istilah Komputer Dari Huruf L

  1. L1 Cache : Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data. dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.
  2. L2 Cache : Umumnya terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat prosesor. meskipun demikian. prosesor Athlon generasi terbaru memiliki L2-Cache on chip. Fungsinya sama dengan L1 Cache. L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache. adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.
  3. LAMP : LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap. Komponen-komponen dari LAMP: Linux � sistem operasi.
  4. LAN : Sekelompok komputer yang dihubungkan bersama dalam satu gedung/area yang tidak terlalu luas (± 1 km persegi).
  5. LAN : Yaitu sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti dirumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah system komunikasi computer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.
  6. LBA : Logical Block Address. Adalah salah satu cara pengalamatan (addressing) sector pada harddisk yang menggunakan metode berupa penomoran dimulai dari 0 sebagai alamat sector pertama pada harddisk.
  7. LCD : Alat penghasil gambar yang menggunakan ribuan sampai jutaan piksel agar dapat menghasilkan citra atau teks. Layar LCD dapat berfungsi karena adanya kristal cair yangmenghasilkan gambar jika ada arus listrik mengalir, sehingga menghasilkan pola gambar/teks.
  8. LDAP (Lightwieght Directory AP) : Lightwieght Directory Access Protocol-Protokol yang digunakan untuk mengkases berbagai informasi dalam suatu direktori. LDAP dikembangkan atas dasar X.500 hanya saja lebih mudah dan mendukung TCP/IP. Walaupun penggunaannya belumlah luas tapi LDAP yang merupakan Open Protocol sangat fleksibel karena bisa diimplementasikan untuk aplikasi Seperti e-mail. Public Key dengan berbagai platform dan sistem operasi.
  9. LED : Komponen elektronika berpolaritas yang terbuat dari bahan semikonduktor jenis dioda yang mampu memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.
  10. LED : LED adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.
  11. LIFO : LIFO adalah metode pengolahan data di mana item terakhir masuk adalah yang pertama untuk dihapus. Ini adalah kebalikan dari LIFO FIFO (pertama di, pertama keluar), dalam item yang dihapus dalam urutan yang mereka telah dimasukkan.
  12. LILO : Bootloader yang terdapat pada sistem operasi GNU/Linux Red Hat dan turunannya. Biasanya LILO sering di -set sesuai kebutuhan penggunanya. Banyak menu konfigurasi yang disediakan oleh LILO, dan LILO pun dapat diinstall dan di-uninstall.
  13. LISP : Singkatan untuk List Processing. Yaitu bahasa pemrograman level tinggi yang digunakan dalam aplikasi artificial intelligence
  14. LPI : Baris per inci (LPI) adalah pengukuran resolusi pencetakan dalam sistem yang menggunakan layar halfton. Secara spesifik, adalah ukuran seberapa dekat jarak baris di grid halfton. LPI yang tinggi menunjukkan detail dan ketajaman yang lebih tinggi.
  15. LPT (Local Print Terminal) : Standar port paralel untuk printer yang pertama kali digunakan pada komputer IBM.
  16. LSB : Unit terkecil dari informasi dalam suatu bilangan biner. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off. Dalam komputer suatu informasi disusun dalam 8 bit atau sama dengan 1 byte.
  17. LTE /4G : Sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mempunyai kecepatan downlink sampai 300 Mbps dan uplink sampai 75 Mbps.
  18. LTE : Long Term Evolution (LTE) adalah generasi teknologi telekomunikasi selular. Menurut standar, LTE memberikan kecepatan uplink hingga 50 megabit per detik (Mbps) dan kecepatan downlink hingga 100 Mbps.
  19. LTO (Linier Tape Open) : Standar open magnetic tape yang dibuat oleh HP. IBM dan Seagate yang dilisensikan ke vendor pihak ketiga. Pada tahun 1998. LTO memperkenalkan format Accelis dan Ultrium yang membagi komponen umum seperti head untuk read/write. track layout dan teknologi servo. Cartridge LTO berisi memori yang menyimpan history dari penggunan data.
  20. LUN : Dalam computer storage, logical unit number atau LUN adalah angka yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah unit logis, yang merupakan perangkat yang ditangani oleh protokol SCSI atau protokol yang serupa seperti Fibre Channel atau iSCSI. Sebuah Lun dapat digunakan dengan perangkat yang mendukung membaca / menulis operasi, seperti tape drive, tetapi yang paling sering digunakan untuk merujuk ke disk logis sebagai diciptakan pada SAN. Meskipun tidak secara teknis benar, istilah “Lun” sering juga digunakan untuk merujuk pada drive itu sendiri.

Lanjut istilah komputer huruf L Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top