Istilah komputer dari huruf M

Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Pada artikel ini merupakan sekumpulan kamus atau istilah komputer berdasarkan abjad dari huruf M.

Istilah Komputer Dari Huruf M

Istilah Komputer Dari Huruf M

  1. MAC Address/Physical Address : Alamat dari setiap hardware yang terpasang pada jaringan. Contoh
  2. MAC : Singkatan dari Macintosh. keluarga PC dari Apple yang diperkenalkan sejak 1984. MAC merupakan komputer pertama yang mempopulerkan penggunaan Graphical User Interface (GUI). arsitektur hardwarenya memungkinkan kemudahan dan konsistensi penggunaan. MAC yang pertama memakai power Motorola 32 bit 680 x 0 CPU. Pada 1994 Apple memperkenalkan Power Macs yang menggunakan chip Power PC CPU. Dengan Insignia Solution softwindows. DOS dan window dapat diaplikasikan pada Power Macs.
  3. MAC Address (Media Access Control Address) : Alamat unik dengan panjang 48-bit yang mengidentifikasikan perangkat keras jaringan, seperti router, komputer dan lain-lain. Pada komputer, MAC Address ditetapkan pada kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem jaringan.
  4. MAC Address : MAC Address (Media Access Control Address) adalah., sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.
  5. MAMP : MAMP adalah singkatan dari : Macintosh, Apache, MySQL dan PHP. Menginstal MAMP di Mac OS X sangat mudah hanya dengan beberapa klik mouse, Anda sudah dapat menginstal Apache, PHP dan MySQL untuk Mac OS X.
  6. MAN : Sekelompok komputer yang dihubungkan bersama dalam satu areal kota.
  7. MANET : Mobile Ad Hoc Network (MANET) adalah kumpulan dari beberapa wireless node yang dapat di set-up secara dinamis dimana saja dan kapan saja tanpa menggunakan infrastruktur jaringan yang ada. MANET juga merupakan jaringan sementara yang dibentuk oleh beberapa mobile node tanpa adanya pusat administrasi dan infrastruktur kabel.
  8. MBR : Master Boot Record. Adalah sector pada harddisk yang berlokasi pada silinder 0 head 0 sector 1 (atau dikenal sebagai LBA 0).
  9. MBR : Merupakan bagian dari harddisk atau floppy disk yang memiliki kode yang didalamnya tersimpan program boot khusus, dan untuk referensi fitur kunci lain untuk menjaga disk bekerja.
  10. MCA : Micro Channel Architecture. Bus yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987. Digunakan pada beberapa model komputer PS/2.
  11. MFT : Jantung dari NTFS yang berisi catatan dari setiap berkas yang terletak dalam volume NTFS berikut atribut yang dikandungnya.
  12. MHL : Merupakan standar industri antarmuka audio/video yang memungkinkan konsumen untuk menghubungkan ponsel dan perangkat elektronik portabeldan menampilkannya ke televisiHD (HDTV). Standar MHL mendukung hingga resolusi 1080p video definisi tinggi (HD) dah audio surround 7.1 sekaligus melakukan pengisian terhadap perangkat yang terhubung.
  13. MHz : Ukuran kecepatan internal prosesor komputer, yang terutama digunakan untuk PC menunjukkan angka jutaan siklus waktu per detik
  14. MIDI : (Musical Instrument Digital Interface) Merupakan sebuah standard untuk menghubungkan instrument elektronik (electronic instruments). pemroses efek (effect processors). dan komputer.
  15. MIDI : Format suara instrument yang diperkenalkan pada tahun 1983 dan mempunyai ukuran yang kecil serta suaranya sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
  16. MIME : (Multi-Purpose Internet Mail Extension) Digunakan untuk menunjukkan tipe data dalam server Web. sehingga program pembantu serta Plug-in yang tepat dapat dipanggil.
  17. MIMO : Singkatan dari Multiple Input Multiple Output, standar baru untuk Wi-Fi yang menjanjikan kecepatan transfer data sampai 108 MHz
  18. MIPS : MIPS (Microprocessor without Interlocked Pipeline Stages) merupakan salah satu prosesor yang dibangun dengan arsitektur RISC. Desain prosesor MIPS saat ini banyak digunakan pada beberapa sistem embedded seperti the Series2 TiVo, perangkat Windows CE, Cisco routers, Android, dan konsol permainan seperti Nintendo 64 dan Sony PlayStation. Bahasa perakit merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan untuk memberikan instruksi- instruksi kepada prosesor MIPS. Untuk mensimulasikan pemrograman pada MIPS dengan bahasa perakit, dapat menggunakan beberapa perkakas, misalnya ProcSym, untuk meng-compile, menjalankan, dan melihat hasil dari kode-kode program. Arsitektur awal MIPS adalah 32-bit, dan 64-bit ditambahkan kemudian. Pembaruannya meliputi MIPS I, MIPS II, MIPS III, MIPS IV, MIPS V, MIPS32, dan MIPS64.
  19. MIS : Management Information System( MIS ) adalah suatu divisi khusus pada bidang Teknologi Informasi ( hardware dan software ) & komunikasi.
  20. MLC (Multi-level Cell) : Teknologi yang mampu menyimpan lebih dari 1 bit informasi dalam sebuah sel tunggal.

Lanjut istilah komputer huruf M Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top