Istilah komputer dari huruf O

Berikut ini merupakan sekumpulan istilah komputer dari huruf O. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini.

Istilah Komputer Dari Huruf O

Istilah komputer dari huruf O

  1. OASIS : Singkatan dari organisasi untuk kemajuan standar terstruktur informasi. Untuk seseorang yang backpakeran melalui Sahara, ini bukanlah jenis OASIS yang ingin Anda lihat. Tetapi apakah itu menjadi pemandangan selamat datang di dunia ilmu komputer. OASIS adalah konsorsium nirlaba, global yang mendukung pengembangan dan penerapan e-bisnis standar
  2. OCR : Aplikasi yang berfungsi untuk menscan teks pada buku misalnya, dan dikonversi menjadi format digital, sehingga dapat diedit dengan software pengolah kata (tidak perlu mengetik ulang, tinggal di-scan saja).
  3. ODBC : Open Database Connectivity (ODBC) adalah Microsoft strategis Interface untuk mengakses data dalam lingkungan heterogen relasional dan non – relational database management systems.
  4. ODD : Perangkat pembaca storage jenis optic, yang memutar disc dan menyinarinya dengan laser, guna membaca/menulis data ke disc tersebut.
  5. OEM : Perusahaan yang membuat komponen yang dijual kepada perusahaan pembeli kemudian perusahaan pembeli membuat suatu produk lain yang menggunakan komponen tersebut dan produk yang menggunakan komponen tersebut dijual dengan menggunakan merk perusahaan pembeli. Dalam produk tersebut, nama komponen perusahaan adalah asli yang berisi identitas perusahaan OEM.
  6. OEM : Sebuah frasa slank untuk menyebut suatu perusahaan yang mempunyai hubungan khusus dengan produsen komputer berskala besar. OEM membeli produk buatan perusahaan besar yang belum diberi merk dan kemudian mengemasnya dan menjual produk tersebut dengan merk milik perusahaan mereka.
  7. OLAP : OLAP adalah bagian dari kategori yang lebih global dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data.
  8. OLE (Object Linking and Embedding) : Cara dari Microsoft untuk dapat berkomunikasi antara program komputer yang berbeda. dasar yang dipakai untuk pengembangan ActiveX.
  9. OLED : Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau diode cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.
  10. OLED : Sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi , seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.
  11. OOP : Object Oriented Programming. Teknik pemrograman yang berorientasi pada objek
  12. OS : Software mendasar yang berfungsi sebagai penghubung antara user dengan komputer.
  13. OS X : OS X adalah sistem operasi andal di setiap Mac. Dibangun di atas fondasi UNIX yang solid, OS X dirancang untuk memanfaatkan kemampuan perangkat keras secara maksimal. Dirancang agar mudah digunakan sekaligus indah dilihat.
  14. OS/2 HPFS : Mendukung filesystem OS/2 dan HPFS. Linux hanya dapat membaca filesystem tersebut (read-only).
  15. OSD : OSD singkatan dari “On Screen Display” adalah menu konfigurasi termasuk layar dengan berbagai monitor.
  16. OSI : Merupakan standarisasi dalam jaringan komputer yang menjembatani platform, Windows, Linux, Macintosh, dan lainnya. OSI terdiri dari 7 lapisan (layer), yaitu Physical, Data Link, Network, Transport, Session, Presentation, dan Application.
  17. OSI Model : Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).
  18. OSPF : Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.
  19. OTP (One-Time Programmable) : Bagian memori atau fungsi memori tertentu yang hanya memungkinkan pemrograman dilakukan pada satu waktu. Dalam hal ini pemrograman ulang tidak dimungkinkan.
  20. Object 3D : Obyek-obyek seperti pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditampilkan secara visual tiga dimensi pada browser web dengan bantuan plugin tertentu.
  21. Object : Pada SWiSH. object dapat berupa simple object dan complex object. Yang dimaksud simple object adalah gambar atau image. sedangkan teks dianggap sebagai complex object.
  22. Offline : Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.
  23. On Now : Teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft. On Now adalah istilah untuk sebuah PC yang selalu dalam keadaan hidup tetapi kelihatan mati dan segera merespon pada user atau kondisi lain jika diminta.
  24. Online : Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.
  25. Opacity : Secara umum Opacity adalah suatu hal yang cukup sulit untuk dilihat secara langsung. Dalam komputer, opacity seringkali berhubungan dengan bagaimana suatu image nampak terang atau tak terang dengan background yang ada, dan keterkaitannya dengan alpha channel. Dalam pengaturan opacity hingga mendekati 0 %, membuat image menjadi nampak transparan dengan background. Intinya semakin kecil nilai opacity, maka image semakin tidak terlihat.

Lanjut istilah komputer huruf O Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top