Istilah komputer dari huruf P

Pada artikel ini merupakan istilah komputer berdasarkan abjad dari huruf P. Pengetahuan tentang istilah-istilah komputer merupakan modal dasar yang harus dikuasai. Berikut ini merupakan merupakan sekumpulan istilah atau kamus komputer berdasarkan abjad dari huruf P.

Istilah Komputer Dari Huruf P

Istilah Komputer Dari Huruf P

  1. P2P : Merupakan model jaringan yang memungkinkan seorang user membagi sumber dayanya yang ada di komputernya, baik itu file, printer, dan mengakses sumber daya yang terdapat pada komputer lain. Pada jaringan ini setiap komputer dapat berfungsi sebagai server dan workstation serta tidak membedakan sistem operasi yang digunakan.
  2. P2P : P2P merupakan singkatan dari Peer-to-Peer (bahasa Inggris) atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas.
  3. PAE : Metode mengubah (converting) memory komputer, termasuk RAM dan memory virtual lainnya, ke dalam sistem memory umum. Hal ini dapat dilakukan pada sistemkomputer 32-bit (x86), menggunakan prosesor x86 dan memiliki memory lebih dari 4 GB.
  4. PC : Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang banyak diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer selain komputer pribadi. Hanya orang-orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
  5. PC : Komputer pribadi yang berdiri sendiri. PCB (Printed Componen Board)
  6. PCB : Printed Circuit Board atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.
  7. PCB : Sebuah papan plastik yang berisi alur – alur konduktor teratur yang memungkinkan seluruh komponen dapat berhubungan dan membentuk satu kesatuan sistem sirkuit elektronik.
  8. PCI (Peripheral Component I) : -Peripheral Component Interconnect- Periferal bus yang umum digunakan pada PC. Macintosh dan workstation. Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran pada akhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepat antara CPU dengan komponen-komponen
  9. PCI Express : PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D.
  10. PCI-X : Singkatan perifer komponen Interconnect diperpanjang. Sekali lagi, Ex disingkat dengan X bukan E. Sebagian besar komputer desktop mencakup satu atau lebih PCI slot untuk memperluas komputer I/O kemampuan. Umum kartu PCI termasuk network card, kartu suara, dan kartu video. Pada awal 1990-an, ketika PCI pertama diperkenalkan, kecepatan 66 MHz PCI adalah lebih dari cukup untuk kartu PCI tersedia pada saat itu. Namun, satu dekade kemudian, kartu ekspansi didukung kecepatan transfer data yang lebih cepat dan karena itu menjadi lebih cepat daripada PCI bus akan mendukung. Untuk mencegah antarmuka menjadi kemacetan, PCI-X diperkenalkan. Versi pertama dari PCI-X didukung kecepatan transfer data dari 133 MHz, yang merupakan lebih dari dua kali sebagai cepat sebagai standar PCI asli. Kemudian sepanjang datang PCI-X 2.0, yang dapat berjalan pada kecepatan 266 atau 533 MHz.
  11. PCMCIA : (Personal Computer Memory Card International Association) PCMCIA dikenal juga dengan nama PC-Card.
  12. PDA : Pembantu digital pribadi (bahasa Inggris: Personal Digital Assistant; PDA) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain itu, dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.
  13. PDF : Format dokumen yang dikembangkan oleh Adobe, yang bersifat portable dan multi-platform.
  14. PDF : Portable Document Format (PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993, untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk me-representasikan dokumen 2D yang meliputi teks, huruf, citra, dan grafik vektor 2D. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen 3D. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008, dengan kode ISO 32000-1:2008.
  15. PGA (Pin Grid Array) : Sebuah chip berbentuk bujursangkar dengan pin yang bersifat high density (200 pins muat dalam chip berukuran 1.5 inci persegi). PGA dapat terbuat dari keramik (CPGA) dan dari plastik (PPGA). Bagian bawah dari PGA tampak seperti hamparan permadani paku.
  16. PHP : Bahasa script yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP mempunyai 8 tipe data, yaitu Integer, Double, Boolean, String, Object, Array, Null, Nill, dan Resource.
  17. PHP : singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994.
  18. PIC : Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar periferal dan pengendali sela periferal yang membantu kerja CPU dalam proses penyelaan.
  19. PIM : Berdiri untuk manajer informasi pribadi. PIM adalah aplikasi perangkat lunak yang berfungsi sebagai perencana, notebook, dan buku alamat semua dalam satu. Dapat juga mencakup hal-hal seperti kalkulator, jam, dan album foto. PIMs terutama populer untuk PDA (Personal Digital Assistants), karena ini adalah mengapa kebanyakan orang memilikinya. Namun, bagi kita yang tidak memiliki semua gadget portabel terbaru, program PIM juga dikembangkan untuk komputer desktop.
  20. PIN : Kata sandi yang terdiri dari 4 digit. Platform

Lanjut istilah komputer huruf P Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top