Istilah komputer dari huruf R

Berikut ini merupakan sekumpulan istilah komputer dari huruf R. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini

Istilah Komputer Dari Huruf R(2)

Istilah Komputer Dari Huruf R

  1. RADCAB : RADCAB adalah singkatan mnemonic yang membantu orang mengevaluasi informasi ditemukan secara online.
  2. RAID : RAID, singkatan dari Redundant Array of Independent Disks merujuk kepada sebuah teknologi di dalam penyimpanan data komputer yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan pada media penyimpanan komputer (utamanya adalah hard disk) dengan menggunakan cara redundansi (penumpukan) data, baik itu dengan menggunakan perangkat lunak, maupun unit perangkat keras RAID terpisah. Kata “RAID” juga memiliki beberapa singkatan Redundant Array of Inexpensive Disks, Redundant Array of Independent Drives, dan juga Redundant Array of Inexpensive Drives. Teknologi ini membagi atau mereplikasi data ke dalam beberapa hard disk terpisah. RAID didesain untuk meningkatkan keandalan data dan/atau meningkatkan kinerja I/O dari hard disk. Sejak pertama kali diperkenalkan, RAID dibagi ke dalam beberapa skema, yang disebut dengan “RAID Level”. Pada awalnya, ada lima buah RAID level yang pertama kali dikonsepkan, tetapi seiring dengan waktu, level-level tersebut berevolusi, yakni dengan menggabungkan beberapa level yang berbeda dan juga mengimplementasikan beberapa level proprietary yang tidak menjadi standar RAID. RAID menggabungkan beberapa hard disk fisik ke dalam sebuah unit logis penyimpanan, dengan menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras khusus. Solusi perangkat keras umumnya didesain untuk mendukung penggunaan beberapa hard disk secara sekaligus, dan sistem operasi tidak perlu mengetahui bagaimana cara kerja skema RAID tersebut. Sementara itu, solusi perangkat lunak umumnya diimplementasikan di dalam level sistem operasi, dan tentu saja menjadikan beberapa hard disk menjadi sebuah kesatuan logis yang digunakan untuk melakukan penyimpanan.
  3. RAID : Sekumpulan disk drive yang dianggap oleh OS sebagai drive tunggal. Recovery dan security menjadi prioritas.
  4. RAM : Random Access Memory. Memory fisik yang terpasang pada PC.
  5. RAM : Sebuah papan tipis yang berisi chip yang berfungsi untuk menyimpan data sementara saat komputer dihidupkan. Semakin besar ukuran RAM semakin cepat kinerja komputer.
  6. RAMDAC : (Random Acces Memory Digital to Analog Converter) Chip pengontrol VGA yang mengatur color pallete dan convert data dari memori ke sinyal analog di monitor.
  7. RAMDAC : Sebuah chip yang mengkonversikan grafik PC kedalam sinyal analog merah, hijau, biru, yang digunakan oleh monitor. Semakin cepat RAMDAC dari sebuah kartu grafis, semakin halus gambar yang dihasilkan (semakin bagus kualitasnya).
  8. RDF : Resource Description Framework (RDF) merupakan sebuah model sederhana untuk mendeskripsikan hubungan antara sumber-sumber daya yang merupakan properti-properti dan values.
  9. RDRAM : Sebuah teknologi chip dinamis dari Rambus. Inc. Produk ini memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip. Pada 1995 diperkenalkan chip dasar dengan kecepatan 600 MBytes/sec. Pada 1997. Concurrent RDRAM mengalami peningkatan kecepatan hingga 700 MBps. dan pada 1998. Direct RDRAM mencapai kecepatan 1.6 GBps. Concurrent RDRAMs banyak dipergunakan pada video games. sementara Direct RDRAM biasa dipakai pada komputer.
  10. RFI : Penyisipan sebuah file dari luar kedalam webserver dengan tujuan script didalam akan dieksekusi pada saat file yang disisipi di-load.
  11. RFID : RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magnetic card seperti ATM. RFID kini banyak dipakai diberbagai bidang seperti perusahaan, supermarket, rumah sakit bahkan terakhir digunakan dimobil untuk identifikasi penggunaan BBM bersubsidi.
  12. RGB : suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna
  13. RISC : rancangan prosesor yang sederhana, tetapi dalam kesederhanaan tersebut didapatkan kecepatan operasi tiap � tiap siklus instruksinya. Dengan mengoptimalkan penggunaan memori register diharapkan siklus operasi semakin cepat. Register adalah memori yang paling cepat dibandingkan cache maupun memori utama.
  14. RJ-11 Connector : Konektor telepon standar yang dipasang ke jack yang biasanya dipasang di dinding untuk mendapatkan sambungan telepon. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.
  15. RJ-45 Connector : Konektor standar untuk kabel Ethernet Cat 5.
  16. RJ45 : RJ 45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.
  17. ROM : Memori yang bersifat tetap dalam menyimpan data sehingga meskipun komputer dimatikan data tetap tersimpan di dalamnya. Di dalam ROM terdapat software penting yang digunakan untuk mengendalikan proses dasar komputer yang disebut dengan BIOS.
  18. ROM : Read-Only Memory. Tipe memory yang dimasukkan ke dalam komputer termasuk program atau data, dan tidak dapat diubah oleh pemakai
  19. RPC : Remote Procedure Call (RPC) adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain.
  20. RPM : Satuan kecepatan perputaran silinder dalam 1 menit, misalnya sebuah harddisk mempunyai kecepatan putar 7200 RPM, berarti platter harddisk tersebut dapat berputar hingga 7200 putaran per menit.

Lanjut istilah komputer huruf R Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top