Istilah komputer dari huruf S

Berikut ini merupakan sekumpulan istilah komputer dari huruf S. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini.

Istilah Komputer Dari Huruf S

Istilah Komputer Dari Huruf S

  1. S.M.A.R.T : Merupakan sistem monitoring untuk hardisk yang akan mendeteksi dan memberikan laporan berbagai indikator kondisi hardisk untuk mengantisipasi saat dimana hardisk akan rusak.
  2. SAN : Storage Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan (storage). Terpisah & berbeda dengan LAN/WAN perusahaan, tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpan, tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN.
  3. SAS : Bus komputer yang digunakan untuk mengirimkan datake dan dari perangkat penyimpanan komputer seperti harddrive dan tape drive.
  4. SATA : Interface harddisk dan disc drive yang lebih baik dari IDE, lebih ramping dan lebih cepat, 7 pin, dan biasanya berkecepatan 3.0 Gigabit/detik.
  5. SATA : SATA singkatan dari Serial ATA adalah teknologi yang didesain untuk menggantikan teknologi ATA. Salah satu perbedaan yang nampak jelas antara teknologi ATA dan SATA adalah jenis kabel/konektor. Pada teknologi SATA, kabel yang digunakan adalah kabel konektor 7 pin atau 15 pin, sementara pada ATA menggunakan 80 pin. Saat ini, versi SATA yang umum digunakan adalah SATA II, dan pada bulan Agustus 2008 lalu, SATA III mulai diperkenalkan dengan kecepatan transfer mencapai 6 Gbit/detik atau setara dengan 750 MB/detik.
  6. SCSI (Small Computer System I) : -Small Computer System Interface- Interface (antarmuka) yang menghubungkan sistem dengan banyak peripheral seperti harddisk. CDROM drive dan tape drive. SCSI distandarkan oleh ANSI (American Standards Institute) pada 1986 dan telah mengalami banyak pening
  7. SCSI : Antarmuka dengan kecepatan 160 MB/detik. Jenis SCSI (SCASI I, Wide SCSI, Ultra wide) menggunakan card tersendiri. Motherboard teknologi baru sudah menyertakan card SCSI nya. SCSI biasanya digunakan untuk system server, yang menuntut kinerja tinggi. Sistem SCSI dikenal dengan teknologi RAID, sistem penyusunan, penulisan, keamanan dengan beberapa harddisk.
  8. SCSI : Interface paralet dengan tahap kecepatan tinggi yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke alata lainnya seperti harddisk, printer, atau ke komputer lain secara jaringan.
  9. SCSI : set standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer Data antara komputer dan periferal . SCSI mendefinisikan perintah, protokol (komputer) dan antarmuka listrik dan optika . SCSI ini paling sering digunakan untuk Cakram Keras, tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk pemindai dan drive CD . SCSI mendefinisikan set perintah secara spesifik untuk jenis periferal, sesuatu yang “tidak diketahui � unknown�” sebagai salah satu jenis yang mengartikan bahwa secara Teori dapat digunakan sebagai antarmuka ke hampir perangkat apapun, namun standar ini sangat pragmatis dan ditujukan terhadap persyaratan komersial .
  10. SD (Secure Digital) : Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam. Kartu SD dikembangkan oleh SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar. Kartu SD standar memiliki ukuran 32 mm x 24 mm x 2,1 mm, tetapi ada beberapa kartu SD yg setipis MMC (1.4 mm).
  11. SDK : Kumpulan dari tools yang dibutuhkan untuk membuat serta menjalankan program.Sector
  12. SDK : Software Development Kit (SDK atau devkit) merupakan satu set perkakas pengembangan software yang digunakan untuk mengembangkan atau membuat aplikasi untuk paket software tertentu, software framework, hardware platform, sistem komputer, konsol video game, sistem operasi atau platform sejenis lainnya.
  13. SDRAM (Synchronised Dynamic RAM) : Adalah pengganti DRAM yang spektakuler. Siklus akses memori ini disinkronkan dengan clock processor. Dengan demikian mengurangi waktu tunggu antara prosessor dan memori.
  14. SDSL : Symmetric Digital Subscriber Line adalah layanan akses Internet kecepatan tinggi dengan pencocokan upstream dan downstream kecepatan data. Artinya, data dapat dikirim ke Internet dari mesin klien atau diterima dari Internet dengan ketersediaan bandwidth yang sama di kedua arah. Dari fitur ini kita bisa tahu bahwa layanan ini sangat baik dari segi kecepatan.
  15. SEO : SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau sering juga disebut sebagai optimasi mesin pencari. Dalam belajar ilmu internetmarketing, memahami teknik-teknik SEO dengan baik akan menjadi kunci sukses untuk Anda dalam dunia bisnis online yang Anda jalankan.
  16. SEO : Sebuah metode/cara agar Search Engine (mis. google) selalumengindex website kita di internet agar setiap proses pencarian dengan keyword melalui search engine dapat ditampilkan pada halamanpertama/utama.
  17. SERP : SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.
  18. SFX : Sebuah arsip berformat executable yang dalam pengekstrakannya tidak memerlukan aplikasi lain, yang artinya SFX tersebut dapat mengekstrak filenya sendiri.
  19. SIMM : RAM yang memiliki chip pada satu sisinya.
  20. SIMM : Singkatan dari Single In-line Memory Module. Papan rangkaian kecil yang dirancang untuk menempati chip/IC memori.
  21. SIP : SIP adalah Session Initiation Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk inisiasi, modifikasi dan terminasi sesi komunikasi VoIP. SIP adalah protokol Open Standard yang dipublikasikan oleh IETF, RFC 2543 dan RFC 3261
  22. SKU : SKU atau Stock Keeping Unit adalah kode unik yang diberikan kepada setiap item barang baik yang dibeli maupun dijual oleh perusahaan. SKU juga disebut dengan part number, product number atau product identifier. Cara penamaan bisa dilakukan dengan menggunakan properti-properti yang ada pada item itu misalnya ukuran, warna, dan tipe barang.
  23. SLA : SLA singkatan dari Service Level Agreement atau jika diterjemahkan adalah, Perjanjian Tingkat Layanan , Pengertian SLA adalah bagian dari perjanjian layanan secara keseluruhan antara 2 dua entitas untuk peningkatan kinerja atau waktu pengiriman harus di perbaiki selama masa kontrak. Dua entitas tersebut biasanya dikenal sebagai penyedia layanan dan klien, dan dapat melibatkan perjanjian secara hukum karena melibatkan uang, atau kontrak lebih informal antara unit-unit bisnis internal.
  24. SMB : Protokol yang dipakai untuk membaca. menulis dan mengalihkan file dari server ke client pada suatu sistem jaringan. Protokol ini dapat beroperasi di atas TCP/IP. IPX. NetBEUI. .Windows NT. Windows 9X. dan lain-lain.
  25. SMM : Social Media Marketing (SMM) adalah teknik memsarkan produk/pelayanan dgn menggunakan media-media sosial seperti Facebook, Twitter, Blogger.
  26. SMS : Short Message Service (SMS) adalah suatu fasilitas untuk mengirim suatu pesan Dan menerima singkat berupa TEKS melalui perangkat nirkabel, yaitu perangkat KOMUNIKASI teleon Selular, Dalam, Hal inisial perangkat nirkabel Yang digunakan adalah Telepon Selular.
  27. SMTP : Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan.
  28. SNMP : SNMP adalah kependekan dari Simple Network Management Protocol. Dari kepanjangan tersebut kita dapat menebak bahwa SNMP digunakan untuk manajemen network. SNMP merupakan protokol untuk menajemen peralatan yang terhubung dalam jaringan IP (Internet Protocol).
  29. SO-DIMM : SODIMM :Small Outline Dual Inline Memory Module. adalah sejenis ram yang digunakan pada laptop. SODIMM adalah bentuk kecil dari ram biasa, sehingga terdapat SODIMM DDR, SODIMM DDR2 dan DDR3. ukurannya hanya setengah dari ram biasa.
  30. SOA : SOA (service oriented architecture, arsitektur berorientasi layanan) adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya.

Lanjut istilah komputer huruf S Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top