Istilah komputer dari huruf T

Berikut ini merupakan sekumpulan istilah komputer dari huruf T. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini

Istilah Komputer Dari Huruf T

Istilah Komputer Dari Huruf T

  1. T1 : sambungan telepon digital yang digunakan di Amerika yang terdiri dari 24 kanal dengann kecepatan masing-masing 64Kbit per detik dan dengan kecepatan keseluruhan 1,544Mbit per detik. Sambungan telepon ini dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi, dengan setiap kanal dapat dikonfigurasi untuk melewatkan data atau suara dan setiap kanal dapat dijual terpisah-pisah, yang dinamakan fractional T1. Untuk Eropa dan Indonesia, standar yang digunakan adalah E1 dengan 32 kanal 64Kbit per detik, dengan kecepatan keseluruhan 2,048Mbit per detik.
  2. TCP/IP : (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet
  3. TDP :Atau thermal design point, adalah istilah yang menunjukan nilai daya maksimal dari suhu (thermal) yang harus disalurkan/dihilangkan. 
  4. TFT /Active Matrix LCD : Merupakan salah satu tipe layar LCD yang datar, dimana tiap -tiap piksel dikontrol oleh satu hingga empat transistor. Teknologi ini menyediakan resolusi terbaik dari teknik panel datar.
  5. TFT : TFT atau Thin Film Transistor adalah layar yang sudah umum dijumpai pada perangkat ponsel. Layar jenis ini menggunakan teknologi LCD yang memberikan resolusi serta kedalaman warna yang cukup baik. Kelebihan layar TFT adalah memiliki tampilan yang tajam dan respon sentuh cukup cepat. Hanya saja layar TFT memiliki kekurangan di sektor konsumsi baterai yang boros.
  6. TFTP : Trivial File Transfer Protocol (disingkat menjadi TFTP) adalah sebuah protokol perpindahan berkas yang sangat sederhana yang didefinisikan pada tahun 1980. TFTP memiliki fungsionalitas dasar dari protokol File Transfer Protocol (FTP).
  7. TIFF : format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang. Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi. Ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar. Format ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format berkas TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic). Selain itu, format ini mudah digunakan untuk transfer antar program. Hampir semua program yang mampu membaca format berkas bitmap juga mampu membaca format berkas TIFF.
  8. TRIM : Trim adalah proses menghilangkan suatu bagian dari salah satu objek yang saling tumpang tindih (overlap).
  9. TTL : Logika transistor�transistor (TTL) adalah salah satu jenis sirkuit digital yang dibuat dari transistor dwikutub (BJT) dan resistor. Ini disebut logika transistor-transistor karena baik fungsi penggerbangan logika maupun fungsi penguatan dilakukan oleh transistor (berbeda dengan RTL dan DTL).
  10. Table : Table dalam MS Access adalah bagian dari database yang merupakan tempat menampung data dan dibuat sesuai dengan klasifikasi data tersebut.
  11. Tablet : Perangkatkomputeryang mempunyai layarsentuhyang luas dan minim tombol fisik. Terminator
  12. Tag : Kode HTML yang digunakan untuk menunjukkan jenis teks. link. grafik atau elemen HTML lainnya.
  13. Tape Drive : perangkat penyimpanan data yang membaca dan menulis data pada pita magnetik. Magnetic penyimpanan data tape biasanya digunakan untuk offline, penyimpanan data arsip. Media tape umumnya memiliki biaya unit yang menguntungkan dan stabilitas arsip lama. Sebuah tape drive menyediakan penyimpanan akses sekuensial, tidak seperti disk drive, yang menyediakan penyimpanan akses acak. Sebuah disk drive dapat pindah ke posisi apapun pada disk dalam beberapa milidetik, tetapi tape drive fisik harus angin rekaman antara gulungan untuk membaca salah satu bagian tertentu dari data. Akibatnya, tape drive telah sangat lambat rata-rata mencari kali. Untuk akses berurutan setelah rekaman itu diposisikan, namun, tape drive dapat mengalirkan data yang sangat cepat. Sebagai contoh, pada 2010 Linear Tape-Open (LTO) didukung kecepatan transfer data kontinu hingga 140 MB / s, dibandingkan dengan hard disk drive.
  14. Target Disk Mode : Target Disk Mode (kadang-kadang disebut sebagai TDM atau Target Mode) adalah modus boot unik untuk komputer Macintosh. Ketika Mac yang mendukung Target Disk Mode dimulai dengan kunci ‘T’ ditekan, sistem operasi tidak bisa boot. Sebaliknya, firmware Mac memungkinkan drive untuk berperilaku sebagai SCSI, FireWire, atau perangkat penyimpanan massal eksternal Thunderbolt.
  15. Task Bar : Taskbar adalah sebuah panel yang disediakan untuk memperlihatkan aplikasi yang sedang aktif pada sistem operasi.
  16. Taskbar : Sebuah on-screen toolbar pada layar yang menunjukkan task atau aplikasi yang sedang aktif/berjalan. Jika kita mengklik tombol taskbar. hal ini akan mengakibatkan aplikasi yang sedang berjalan kembali pada startup-nya/posisi awalnya.
  17. Tebibyte : Tebibyte adalah unit penyimpanan data yang sama dengan 2 sampai 40 kekuatan, atau 1,099,511,627,776 byte. Sementara terabyte diperkirakan 10 ^ 12 atau 1,000,000,000,000 byte, tebibyte adalah persis 1,099,511,627,776 byte. Hal ini untuk menghindari ambigu terkait dengan ukuran terabyte. Tebibyte adalah gibibytes 1.024 dan mendahului pebibyte unit pengukuran. Untuk daftar unit lain pengukuran, lihat artikel pusat bantuan ini. Singkatan: TiB
  18. Telecommunications : Telecommunication adalah kegiatan yang terjadi didalam network dengan mentransfer atau mengunduh beberapa text, voice, vidio,sound dll.
  19. Teleconference : teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa.
  20. Teleconferencing : Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geogafis.
  21. Telnet : Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
  22. Template : Dokumen berisikan model-model tampilan yang muncul pada saat proses pembuatan dokumen lain.
  23. Terabyte : seribu Gigabyte atau 1024 GB
  24. Teraflops : FLOPS adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Floating point Operations Per Second yang merujuk pada satuan untuk jumlah perhitungan yang dapat dilakukan oleh sebuah perangkat komputasi (dalam hal ini adalah komputer) terhadap bilangan pecahan (floating point) tiap satu satuan waktu.
  25. Terahertz : Terahertz. Sebuah teknologi yang akan memungkinkan kita untuk mendeteksi dan melihat material apa yang tersimpan dibalik pakaian yang kita kenakan. Bahkan dari jarah ratusan meter jauhnya. Dengan kata lain dengan teknologi ini kita akan memiliki kemampuan melihat tembus pandang dari jarak jauh.

Lanjut istilah komputer huruf T Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top