Istilah komputer dari huruf U

Berikut ini merupakan sekumpulan istilah komputer dari huruf U. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini

Istilah Komputer Dari Huruf U

Istilah Komputer Dari Huruf U

  1. UAC : Suatu utility pada Windows yang mencegah program berbahaya membuat perubahan pada komputer.
  2. UART : Chip yang berfungsi untuk mengatur antarmuka komputer dengan hardware yang tersambung, misalnya mouse dan keyboard.
  3. UAT : Menurut Wikipedia, UAT adalah sebuah proses untuk mendapatkan konfirmasi dari seorang SME � Subject Matter Expert (ahli di bidangnya), terutama pemilik atau klien yang mengerti tentang objek yang sedang dalam phase pengetesan, melalui trial atau review yang mofikasi & tambahannya sesuai dengan requirement yang sudah disetujui sebelumnya.
  4. UDDI : Universal Discovery Description Integration (UDDI) mendeskripsikan bagaimana pelanggan potensial sebuah web service dapat belajar mengenai kapabilitasnya dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat kontak awal dengan situs.
  5. UDP : kependekan dari User Datagram Protocol metupakan bagian dari internet protocol. Dengan UDP, aplikasi komputer dapat mengirimkan pesan kepada komputer lain dalam jaringan lain tanpa melakukan komunikasi awal.
  6. UEFI : Standar baru antarmuka firmware untuk PC yang didesain untuk menggantikan BIOS. UEFI dibuat untuk mengatasi kelemahan dan batasan yang dimiliki oleh BIOS serta penambahan berbagai fitur baru dan juga memiliki tampilan visual yang lebih cantik.
  7. UFS : File system ini digunakan oleh beberapa sistem UNIX. Solaris. dan SunOS(4.2). Linux hanya dapat membaca file system ini.
  8. UGC : UGC (User Generated Content) adalah upaya memproduksi konten yang dilakukan oleh masyarakat umum. Dulu, konsep ini menghadirkan konten yang bisa disebut amatir karena konten tidak diisi oleh para profesional atau ahli di bidangnya masing-masing. Budaya ini membuat upaya menyediakan konten di media internet telah berubah.
  9. UI : Merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
  10. UML : Unified Modeling Language (UML) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut.
  11. UMTS /3G : Salah satu teknologi telepon genggam 3G (Generasi ke -3). Untuk membedakan UMTS dari teknologi 3G lainnya, UMTS seringkali dipasarkan sebagai 3GSM, menekankan dasar 3G dari teknologi ini.
  12. UNIX : Sistem operasi yang digunakan baik pada PC maupun Mainframe. Banyak komputer dan server yang terhubung dengan Internet menggunakan UNIX.
  13. UPS : Alat penyimpan listrik dan listrik tersebut akan digunakan ketika komputer kehilangan energi dari sumber daya utamanya (listrik padam).
  14. UPS : UPS adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memberikan sumber listrik sementara ketika.
  15. UPX : Merupakan tools open source yang digunakan untuk mengkompres file executable (*.exe).
  16. UPnP : Universal Plug and Play (UPnP) adalah arsitektur di Windows XP yang mendukung peer-to-peer Plug and Play fungsionalitas untuk jaringan perangkat.
  17. Upstream : Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream. 
  18. URI : URI (Uniform Resurce Identifier) digunakan browser untuk mengidentifikasi dokumen tunggal dan dituliskan dalam satu baris teks. URI digunakan untuk mengidentifikasi suatu resource dengan lokasi atau nama, ataupun keduanya. URI menunjuk ke suatu halaman web, termasuk lokasi code fragmentnya (apabila ada) dan “scheme”.
  19. URL (Uniform Resource Locator) : Sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada Web atau pada fasilitas Internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs Web.
  20. URL : System hypertext yang mengandung konsekuensi tentang adanya penyimpanan pointer (penunjuk lokasi) ke tempat dokumen web berada. Dalam web
  21. USB (Universal Serial Bus) : Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play. dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner. modem dan printer.
  22. USB OTG : Suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkatmobile (seperti smartphone)yang memiliki port mini-USBatau micro-USBuntuk bertindak sebagai HOST(tentunya dengan menggunakan adapter), yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasangdan dibaca.
  23. Usenet : Usenet news, atau dikenal juga dengan nama “Net news”, atau “news” saja, merupakan sebuah buletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada (cara terakhir ini sudah jarang dilakukan). 
  24. UTP : Jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan pelindung internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum dan sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN).
  25. UTP : Singkatan dari Unshielded Twisted Pairs, sejenis kabel untuk jaringan yang menggunakan topologi star

Lanjut istilah komputer huruf U Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top