Istilah komputer dari huruf W

Berikut ini merupakan sekumpulan istilah komputer dari huruf W. Namun data yang ada masih bersifat statis. Maka dari itu saya akan berusaha menambah kosa kata yang ada dalam website ini

Istilah Komputer Dari Huruf W

Istilah Komputer Dari Huruf W

  1. W3C (World Wide Web Consortium) : Standar dari berbagai macam penyedia jasa untuk pembangunan dari teknologi yang berhubungan dengan Web. seperti HTML.
  2. WAIS (Wide Area Information Servers) : Sistem yang membolehkan untuk melacak dokumen yang memuat informasi yang sedang dicari.
  3. WAMP : WAMP adalah singkatan dari dari Windows and the principal components of the package:Apache, MySQL and PHP ( Perl or Python). Apache adalah Web server, MySQL adalah database, sedangkan PHP adalah bahasa scripting yang dapat memanipulasi informasi yang dibuat di database dan menghasilkan halaman web dinamis konten setiap waktu diminta oleh browser.
  4. WAN : Jaringan komputer yang areanya dapat mencapai antar provinsi bahkan antar negara. Biasanya jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut.
  5. WAP : Sebuah protokol atau sebuah teknik layanan messaging yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital (handphone) atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP dapat melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.
  6. WAVE : Google Wave adalah sebuah alat komunikasi yang membantu para pengguna internet untuk dapat berkomunikasi dan berkolaborasi di web secara realtime.
  7. WBMP (Wireless Bitmap) : Format grafik yang terdapat dalam WAP. WBMP merupakan format yang mirip dengan format BMP. Gambar dengan Standar format WBMP ini dibuat dengan susunan yang dapat diperluas kegunaannya. Bagian isi atau Type dapat berubah menjadi format-format baru yang dapat diakses. Walaupun WBMP akan memperlambat transfer data karena ukurannya yang tidak kecil. tetapi menggunakan gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak pada layar berukuran kecil seperti pada handhone.
  8. WDDM : WDDM, Windows Display Driver Model menurut Wikipedia adalah arsitektur grafis driver untuk video card driver yang menjalankan Microsoft Windows. Versi awal dari WDDM adalah pada vista. WDDM memberikan fungsi yang dibutuhkan agar dekstop dapat menggunakan aplikasi Desktop Windows Manager, jendela composite manager berjalan pada Direct3D keatas. Ini juga mendukung antar muka DVGI baru yang diperlukan untuk pengelolaan perngkat dasar dan penciptaan. Spesifikasi WDDM memerlukan setidaknya kemapuan driver video card Direct3D 9 dan harus menerapkan interface perangkat untuk runtime Direct3D 9Ex dalam rangka menjalankan aplikasi Direct3D secara opsional dapat mengimplementasikan antarmuka Direct3D 10/10.1 dan lebih tinggi
  9. WECA : Singkatan dari Wireless Ethernet Compatibility Alliance, suatu organisasi yang mengawasi standarisasi peralatan Wi-Fi
  10. WEP : Singkatan dari Wired Equivalent Privacy, standar sekuriti yang digunakan pada jaringan wireless. WEP memanfaatkan metoda enkripsi data
  11. WEP : Suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, disebut juga dengan Shared Key Authentication. Shared Key Authentication adalah metode otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi menuju access point.
  12. WINS : WINS adalah singkatan dari istilah Windows dalam bahasa Inggris: Windows Internet Name Services yaitu sebuah layanan dalam sistem operasi Windows NT, Windows 2000 atau Windows Server 2003 yang secara dinamis melakukan registrasi terhadap nama NetBIOS yang dimiliki oleh komputer-komputer yang berada di dalam jaringan.
  13. WORM/ Write Once, Read Many : Jenis disk optik yang dapat dan dibaca ulang tetapi tidak dapat diubah setelah dirakam dengan ruang penyimpanan kapasiti tinggi.
  14. WPA : Singkatan dari Wi-Fi Protected Access, standar sekuriti terbaru yang digunakan pada peralatan Wi-Fi
  15. WPAN : Singkatan dari Wireless Personal Area Network, jenis jaringan berskala kecil yang biasanya digunakan untuk menghubungkan berbagai peralatan Bluetooth secara ad hoc
  16. WPS : Program sertifikasi opsional yang dirancang untuk memudahkan mengatur pengaktifan jaringan keamanan Wi-Fi di rumah dan lingkungan kantor kecil. WPS mendukung metode menekan tombol atau memasukkan PIN ke dalam aplikasi sejenis panduan yang lebih diketahui bagi kebanyakan konsumenuntuk mengkonfigurasi jaringan dan memungkinkan keamanan.
  17. WSP/WISP : Internet Access Provider atau Internet Service Provider yang berusaha memberikan layanan sambungan nirkabel broadband dan sambungan untuk station bergerak kepada perusahaan pengguna.
  18. WYSIWYG : WYSIWYG (/?w?ziw??/ WIZ-ee-wig) adalah singkatan dari What You See Is What You Get (Arti : Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan).
  19. Wafer : Merupakan bahan dasar darikomponen microsystem. Waferbiasanya berbentuk lempengan tipisberbentuk lingkaran dengan garisdisalah satusisinya. Pada umumnyawafer terbuat dari kristal silikon .
  20. Wallpaper : Gambar atau pola grafis yang menjadi pengisi atau latar belakang layar monitor saat layar tersebut tidak menampilkan jendela aplikasi secara utuh.
  21. Warez : Sebutan bagi pembajak software di Internet.
  22. Warm Boot : Me-restart komputer dengan menekan Ctrl+Alt+Del atau melakukan shutdown dan restart. Booting panas ini dapat dideteksi dan dimanipulasi oleh virus. sehingga virus yang tinggal dalam memori tetap berada di memori
  23. Waveform : waveform adalah grafik sinyal elektrik kabel.
  24. Wavelength : Wavelength : Jarak antara dua puncak dari suatu gelombang elektromagnetik yang melintas melalui suatu bahan.
  25. Wavetable synthesizer : Sistem yang berdiri sendiri, membangkitkan suara digital yang bukan karena manipulasi alat fisik atau rekaman suara dan dapat menghasilkan suara yang realistis tanpa gangguan.

Lanjut istilah komputer huruf W Halaman 2

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top