Cara kalibrasi osiloskop

Sebelum menggunakan osiloskop sebagai alat ukur, kita harus melakukan kalibrasi untuk memastikan apa yang diukur nanti tepat. Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Persiapan kalibrasi osiloskop

  • Tekan tombol power pada osiloskop sampai led menyala dan pada layar muncul garis.
  • Apabila garis yang muncul tersebut masih kabur, putar tombol focus dibawah layar untuk pengaturan fokusnya
  • Cek kecerahan garis, jika kurang terang / terlalu terang, putar tombol
  • Jika garis yang muncul sedikit miring, maka putar pengaturan kemiringan garis (Trace Rotation) pada lubang di bawah layar dengan menggunakan obeng (-) kecil.
  • Jika semua pengaturan sudah selesai, siapkan probe atau kabel output osiloskop
kalibrasi osiloskop
  • Pasang probe pada channel 1 lalu pilih saklar mode pada channel 1
kalibrasi osiloskop
  • Tempatkan ujung probe pada terminal CAL yang ada pada ujung kiri bawah pada layar osiloskop.

Kalibrasi tegangan pada Osiloskop

Tempatkan ujung probe pada terminal Cal yang ada pada ujung kiri bawah pada layar osiloskop, jika pada tulisan yang ada di terminal cal terdapat keterangan 2 Vpp dan 1KHz. Hal itu berarti osiloskop harus dikalibrasi agar nilai pada peak to peak atau puncak atas dan bawah pada kotak div bernilai 2 volt dan frekuensi gelombang 1div sebesar 1 KHz

BACA JUGA : Bagian Tombol Osiloskop Beserta Fungsinya

  • Buatlah hasil perhitungan 1 kotak atau div adalah 2 Volt dengan cara memutar tombol var didekat tombol volt/div untuk mengkalibrasi tegangan pada channel 1 (Batasan yang dipakai pada tombol volt/div bebas).
  • Jika nilai 1 kotak sudah tepat 2 volt seperti pada gambar dibawah berati kalibrasi tegangan pada channel 1 telah berhasil. Maka dilanjutkan untuk melakukan kalibrasi frekuensi.

Kalibrasi frekuensi pada osiloskop

Buatlah nilai 1 gelombang (1 puncak dan 1 lembah ) pada gelombang kotak tersebut bernilai 1 KHz. Caranya yaitu :

  • Atur tombol volt/div agar pulsa gelombang kotak mudah dilihat (usahakan pada nilai 0.5 ms atau 1 ms saja), 
  • Putar tombol var dibawah atau didekat tombol time/div. Misal saya gunakan tombol time/div pada 0.5 ms maka saya harus mendapatkan bentuk gelombang kotak 1 puncak 1 kotak dan 1 lembah 1 kotak.
kalibrasi osiloskop
  • Sehingga nantinya saat dihitung nilai periode 1 gelombang ( 1 puncak dan 1 lembah) adalah 0.5 ms + 0.5 ms = 1 ms (nilai periode gelombang). Maka frekuensinya f adalah 1/T = 1/1 ms = 1 / 0,001= 1000 Hz = 1 KHz (sesuai pada nilai 1 KHz pada terminal Cal).
kalibrasi osiloskop

Note : Nilai var pada kalibrasi tegangan pada channel 1 tadi sudah selesai dilakukan, jadi jangan sekali-kali merubahnya sedikitpun, bila tidak anda harus mengulang kembali melakukan kalibrasi tegangan channel 1 dari awal lagi.

Kalibrasi channel 2

Jika ingin menggunakan osiloskop channel 1 dan 2, maka pada channel 2 juga harus memerlukan kalibrasi. Namun yang perlu dikalibrasi hanya pada tegangan (volt/div) saja. Adapun langkahnya sama seperti pada channel 1.  Kita juga tidak perlu untuk mengkalibrasi frekuensi (time/div) karena sudah dilakukan pada channel 1

Untuk menguji apakah hasil kalibrasi kita sudah berhasil atau tidak, anda bisa membaca artikel saya selanjutnya DISINI

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top