Karakteristik dan Cara kerja TRIAC

Karakteristik dan Cara kerja TRIAC – TRIAC merupakan singkatan dari Triode for Alternating Current (Trioda untuk arus bolak balik), yaitu komponen thyristor dua arah dan dapat dianalogikan sebagai dua buah thyristor yang terhubung secara anti parallel dengan kedua gate terhubung. TRIAC terdiri dari 4 lapis semikonduktor dan 3 terminal yaitu MT1, MT2 dan Gate. ( MT : Main Terminal ).

TRIAC dapat dikenali dari bentuknya yang menyerupai Transistor. Ada berbagai macam bentuk TRIAC yaitu berupa komponen PCB  atau berbentuk Chip untuk PCB SMD.

Karakteristik dan Cara kerja TRIAC

cara kerja triac

Seperti pada gambar diatas, TRIAC dapat dipandang sebagai saklar elektronis untuk tegangan arus bolak balik,yang mampu memblok tegangan pada kedua arahnya,tapi juga mampu meneruskan arus pada kedua arahnya. Kurva Karakteristik TRIAC dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

cara kerja triac

Cara kerja TRIAC yaitu Triac akan terhubung (on) ketika berada di quadran I yaitu saat arus positif kecil melewati terminal gate ke MT1,dan polaritas MT2 lebih tinggi dari MT1. Saat triac terhubung dan rangkaian gate tidak memegang kendali, maka triac tetap terhubung selama polaritas MT2 tetap lebih tinggi dari MT1 dan arus yang mengalir lebih besar dari arus genggamnya (holding current/Ih), Triac juga akan tersambung saat arus negatif melewati terminal gate ke MT1,dan polaritas MT1 lebih tinggi dari MT2, dan triac akan tetap terhubung walaupun rangkaian gate tidak memegang kendali selama polaritas MT1 lebih tinggi dari MT2.

Selain dengan cara memberi pemicuan melalui teminal gate, triac juga dapat dibuat tersambung (on) dengan cara memberikan tegangan yang tinggi sehingga melampaui tegangan breakdownnya terhadap terminal MT1 dan MT2. Namun cara ini tidak sarankan karena dapat menyebabkan triac menjadi rusak. Pada saat triac “on”, maka tegangan jatuh maju antara terminal MT1 dan MT2 sangatlah kecil yaitu berkisar antara 0.5 volt sampai dengan 2 volt. Walaupun cara kerja TRIAC ini bisa memblokir arus, namun ia berbeda dengan Thyristor konvensional, ketika dipicu oleh TRIAC bisa melewatkan arus dua arah. Pulsa gerbang tunggal merupakan pemicu TRIAC untuk dapat melewatkan dua arus listrik yang berlawan arah.

Pemicuan yang terjadi pada TRIAC akan memunculkan 4 kemungkinan, diantaranya:

I-Mode
Gate Current Negative (-ve) dan MT2 Current Positive (+ve)

I+Mode
Gate Current Positive (+ve) dan MT2 Current Positive (+ve)

III-Mode
Gate Current Negative (-ve) dan MT2 Current Negative (-ve)

III-Mode
Gate Current Positive (+ve) dan MT2 Current Negative (-ve)

Aplikasi Penggunaan TRIAC

TRIAC sangat cocok digunakan sebagai AC Switching (Saklar AC), karena dapat mengendalikan aliran arus listrik pada dua arah siklus gelombang bolak-balik AC. Kelebihan inilah yang menjadi kelebihan TRIAC jika dibandingkan dengan SCR. Tetapi TRIAC pada umumnya tidak digunakan pada rangkaian switching yang melibatkan daya yang sangat tinggi. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi TRIAC pada peralatan elektronika atau listrik.

  • Pengatur pada peralatan rumah tangga yang berarus listrik AC
  • Pengatur motor kecil
  • Pencahayaan pada lampu dimmer
  • Kecepatan pada kipas angin

Demikianlah pembahasan mengenai Karakteristik dan Cara kerja TRIAC, Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top