Perbedaan dan Jenis Memory SD Card

Ada banyak jenis memory card disini, seperti memory stik, MMC, CF Card, SD Card dan lain-lain. namun pada artikel kali ini saya akan membahas jenis memory SD Card saja. Adapun jenis memory SD Card disini terbagi berdasarkan ukuran,tipe,kapasitas dan kecepatannya. Sebelum kita membahas jenis memory SD Card, alangkah baiknya kita mengetahui definisi dari kartu memory SD.

jenis memory SD Card

Apa itu Memory SD Card ?

SD (Secure Digital) adalah format kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association (SDA) untuk digunakan pada perangkat portabel. Memory Card atau kartu memori merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone.

BACA JUGA : Jenis-jenis sensor dan fungsinya

Arsitektur memory SD Card

Ukuran memory SD Card

Pada dasarnya memory SD Card ini dibedakan dalam tiga jenis yakni :

jenis memory SD Card
  1. SD Card – Ukuran panjang 3mm, lebar 24mm, ketebalan 2.1mm, berat 2 gram. ukuran memory ini banyak digunakan seperti kamera dan komputer.
  2. MiniSD – panjang, 21.5mm, lebar 20mm, ketebalan 1.4mm, berat 1 gram. Didesain khusus untuk perangkat mobile dengan menggunakan mini SD adapter,Anda dapat memasukkan mini SD ini kedalam slot MMC atau SD card.
  3. MicroSD – Ukuran panjang 11mm, lebar 15mm, ketebalan 1mm, berat 0.5 gram Sama kartu SIM pada HP kita.

Ketiga jenis memory SD Card ini hanya dibedakan dalam bentuknya saja yang menyesuaikan tempat di dalam perangkat. jadi merupakan ukuran fisik dari memory card mulai dari SD, Mini SD, dan kemudian Micro SD. Namun untuk MiniSD sekarang sudah tidak diproduksi lagi dikarenakan sudah jarang sekali gadget / gear yang mengadopsi memory card miniSD ini.

Tipe memory SD Card

jenis memory SD Card memiliki tipe lanjutan dengan embel-embel serupa yang termasuk SD, SDHC, dan SDXC.

jenis memory SD Card

1. SD

Memori jenis ini memiliki kapasitas dari mulai 1 MB hingga 2 GB dengan format FAT16. Namun, tak jarang juga Anda menemukan SDSC dengan kapasitas mencapai 4GB.Jika kita menemukan SD dengan kapasitas mencapai 4GB maka memori SD tersebut bukanlah standar pada umumnya. Anda harus ingat bahwa ukuran dari kartu memori tidak menentukan besarnya kapasitas kartu memori. 

2. SDHC

Memiliki kecepatan serta kinerja yang telah ditingkatkan dengan memakai format FAT32. SDHC card memiliki kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB. Namun, SDHC ini hanya bisa digunakan untuk perangkat yang compatible dengan format SDHC saja. Jika perangkat tersebut dapat membaca format SDHC maka perangkat tersebut juga bisa membaca format SD. 

3. SDXC 

Memori SDXC memiliki kapasitas dari mulai 64 GB, dan secara teori kapasitas maksimalnya dapat mencapai 2 TB. Memori SDXC banyak digunakan untuk smartphone karena bisa menampung banyak game dan aplikasi.

Kapasitas memory SD Card

jenis memory SD Card berdasarkan kapasitasnya yaitu : 

  1. SD (Secure Digital) – kapasitas sampai 2GB, sudah sangat jarang kita temukan 
  2. SDHC (Secure Digital High Capacity) – kapasitas 4GB sampai 32GB.
  3. SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) – kapasitas lebih dari 32GB sampai saat ini sudah ada yang sampai 2TB. 

Kecepatan memory SD Card

Adapun klasifikasi kecepatan atau speed class dan kualitas yang dihasilkan dari jenis SD Card adalah sebagai berikut:

  • Class 2 – 2MB/second to 25MB/second – Kualitas Video Standar
  • Class 4 – 4MB/second to 50MB/second – Kualitas Vdeo Standar
  • Class 6 – 6MB/second to 150MB/second – Kualitas HD Video
  • Class 10 – 10MB/second to 312MB/second – Kualitas Full HD Video

Class inilah yang disebut rating speed, dimana class 10 merupakan yang paling cepat saat ini, dengan kecepatan reading & writing dari dan ke memory card.

jenis memory SD Card

1. Maks Speed

Angka seperti 45 MB/s, 60 MB/s, 90 MB/s yang tertera pada memori itu adalah kecepatan maksimumnya. Kenyataannya akan berada di bawah itu. Karena akan tergantung pada seberapa penuh memorinya. Oleh karena itu pembuat memori akan menuliskan juga kecepatan minimumnya. Hal ini penting, terutama untuk rekaman video, karena frame by frame nya harus bisa diputar atau direkam tanpa cacat untuk memenuhi syarat minimal kecepatan video. Angka minimum ini akan dijadikan acuan untuk kamera memberikan “peringatan” ketika kecepatan real dari proses perekaman jatuh di bawah nilai minimumnya.

2. SPEED CLASS

Speed Class atau Kecepatan minimum SD Card ditunjukkan dengan angka kecil yang dilingkari huruf C. Angka 10, artinya kecepatan minimum untuk memori tersebut menyimpan file adalah 10 MB per detik. (yang lainnya 2=20 MB/s, 4=4 MB/s, 6=6 MB/s, 10=10 MB/s) Semakin tinggi angkanya, semakin mahal harganya. Tapi semakin stabil juga memorinya,

3. ULTRA HIGH SPEED CLASS (UHS)

Perhatikan juga angka di dalam huruf U,menunjukkan bahwa memori tersebut termasuk Ultra High Speed (UHS) Class.

  • Angka 1, kecepatan minimum10 MB/s. 
  • Angka 3, kecepatan minimum30 MB/s.
jenis memory SD Card

4. VIDEO SPEED CLASS

Video Speed Class ada 5 kelas berbeda, oleh sebab itu kita juga harus mempertimbangkan Video Speed Class untuk memaksimalkan performa dari kartu penyimpanan tersebut agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan perangkat, yakni sebagai berikut:

  • Kelas 6 (6mb/s) – Vide Class 6 (V6) – Kualitas 720p/1080p dan beberapa video 4K 
  • Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 10 (V10) – Kualitas Video 720p/1080p/4K 
  • Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 30 (V30) – Kualitas Video 1080p/4K @60/120 fps 
  • Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 60 (V60) – Kualitas Video 8K @60/120 fps 
  • Kelas 10 (10mb/s) – Video Class 90 (V90) – Kualitas Video 8K @60/120 fps
jenis memory SD Card

Kinerja aplikasi Class A1/A2

Maksud dari klasifikasi ini adalah untuk menunjukkan bahwa SD Card tersebut bisa diadopsi sebagai memory internal jika perangkatnya memiliki fitur ini. Dengan kata lain jika SD Card memiliki simbol A1/A2 berarti SD Card tersebut bisa diinstal aplikasi.

Berikut adalah tabel spesifikasinya

jenis memory SD Card

Penggunaan memory SD Card

  • Dari ketiga jenis memory SD Card tersebut, maka untuk penggunaan harus disesuaikan dengan spesifikasi perangkat yang di miliki.
  • Perangkat yang lebih lama kemungkinan belum mendukung jenis SDXC, sedangkan yang terbaru bisa menggunakan ketiga jenis SD Card kartu tersebut.
  • Perangkat terbaru disarankan untuk tetap menggunakan jenis memory SD Card tipe SDXC agar dapat menyesuaikan performa
  • Semakin tinggi kelas dan tipe dari jenis memory SD Card, maka semakin baik pula gambar, grafis dan video yang dihasilkan dari perangkat

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top