Pengertian komputer dan komponen komponennya

Komputer merupakan salah satu bentuk penemuan di era globalisasi dalam bidang teknologi Informasi. Artikel ini akan menjelaskan pengertian komputer dan komponen komponennya. Adapun Pengertian komputer menurut beberapa ahli adalah :

Pengertian komputer

pengertian dan komponen komputer

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

BACA JUGA : pengenalan jaringan dan telekomunikasi

Menurut Donald H. Sanders, Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.

komputer adalah alat untuk untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan (wikipedia)

Jadi singkatnya pengertian komputer adalah sistem pengelolah informasi. Sistem komputer terdiri dari tiga komponen penting yaitu hardware, software dan brainware. Cara kerja komputer adalah menerima input, memprosesnya, dan menghasilkan sebuah output.

Komponen Komputer

Berikut ini adalah komponen komponen komputer beserta pengertian nya

Perangkat keras (hardware)

Beberapa hardware dalam sistem komputer yaitu :

Pemroses atau CPU, pengertian dari CPU adalah merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi sebagai unit pengolah data

Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara

Hard drive, media penyimpanan data semi permanen

Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet

Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer

Slot pada komputer, pengertian dari perangkat ini adalah komponen yang menyisipkan perangkat tambahan (peripheral)

  • ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
  • AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
  • IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
  • USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan langsung dapat digunakan)

Perangkat lunak (software)

Sistem operasi, Program dasar yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

Program, Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.

Brainware, pengguna komputer yang mampu mengoperasikan komputer serta mengatur sistem dalam perangkat komputer baik dari segi perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware)

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top