Membuat DDNS Gratis Menggunakan NO-IP

Membuat DDNS Gratis Menggunakan NO-IP – Dynamic DNS atau yang disingkat dengan DDNS adalah metode untuk memperbarui IP pada hostname secara otomatis di DNS (Domain Name System). Biasanya sebuah server hanya bisa diakses menggunakan IP statik (tetap), sedangkan perangkat yang kita gunakan tersebut menggunakan IP dynamic (berubah-ubah).

Baca juga : Pengertian Dan Jenis-Jenis IP Address

Oleh sebab itulah kita membutuhkan IP statik yang mana nantinya IP Dynamic dari ISP akan di rubah menjadi IP statik dengan menggunakan fungsi DDNS. Dengan ini maka kita dapat mengontrol, memantau perangkat dari jarak yang jauh seperti cctv, komputer dan lain-lain.

Ada banyak penyedia layanan DDNS yang berbayar maupun gratis seperti FreeDNS, DynDNS, NO-IP, dan lain-lain. Namun pada artikel ini saya akan menggunakan NO-IP untuk membuat DDNS secara gratis. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

Membuat DDNS Gratis Menggunakan NO-IP

1. Buka situs https://www.noip.com lalu klik Sign Up

2.  Setelah itu isikan email,pasword, dan nama DDNS anda.

3. Lalu buka Email yang sudah anda daftar lalu klik “confirm Acount”

4. Secara otomatis anda akan langsung diarahkan ke situs https://www.noip.com lalu klik pilihan “Get Started with Dynamic DNS”

5. Untuk mengubah DDNS, masuk ke dashboard lalu klik menu Dynamic DNS > No-IP Hostnames

6. Setelah itu klik “Create Hostname” lalu buatlah nama DDNS yang ingin digunakan

7. Setelah itu download aplikasi Dynamic DNS Update Client (DUC) di menu “Dynamic Update Client” atau kunjungi halaman  https://www.noip.com/download?page=win. DUC ini berfungsi agar DDNS selalu melakukan update IP publik dinamis secara otomatis setiap kali ada perubahan IP yang dilakukan ISP

8. Lalu install DUC di komputer/laptop anda seperti gambar dibawah ini.

membuat ddns gratis no-ip

9. Setelah terinstall, selanjutnya silahkan login menggunakan alamat email dan password yang telah dibuat sebelumnya.

membuat ddns gratis no-ip

10. Pilih hosts DDNS yang ingin dihubungkan dengan DUC lalu centang “require a password to modify hosts” dan klik “Save”.

11. Masukkan kembali password yang telah dibuat saat pendaftaran..

12. Jika langkah-langkah pendaftaran dan setting nya sudah dilakukan dengan benar, maka tampilan aplikasi DUC akan centang hijau yang menanadakan hosts sudah terkoneksi dengan DUC

membuat ddns gratis no-ip

Begitulah langkah-langkah dalam membuat DDNS secara gratis menggunakan no-ip. Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top