Cara Membuat Hotspot Mikrotik

Pada tutorial ini saya akan membahas cara membuat hotspot di mikrotik secara lengkap. Router mikrotik ini nantinya akan dijadikan server hotspot untuk pengguna yang ingin terhubung melalui wifi.

Hotspot merupakan salah satu fitur yang ada di mikrotik yang berfungsi untuk melakukan authentifikasi sebelum user dapat mengakses jaringan. Untuk menambah pemahaman pembaca, disini saya akan mengulas sedikit tentang hotspot secara umum.

Pengertian, Fungsi dan Cara kerja Hotspot

Hotspot adalah tempat dimana tersedianya sinyal wifi yang memberikan layanan akses (internet/intranet) dengan media kabel atau wireless. Wifi (Wireless Fidelity) merupakan jaringan nirkabel yang memanfaatkan frekuensi radio.

Cara kerja hotspot adalah memancarkan sinyal gelombang radio atau wifi yang dapat menjangkau perangkat yang memiliki teknologi wifi. Ketika ada yang ingin terhubung ke hotspot maka muncul halaman login hotspot penyedia layanan di browser, sehingga pengguna harus mengisi username dan password yang dibuat oleh penyedia layanan internet.

Menu Hotspot Mikrotik Dan Fungsinya

Selanjutnya saya akan membahas menu-menu yang ada pada fitur hotspot. Hal ini juga sangat penting dalam membuat hotspot di mikrotik. Pada fitur hotspot ini terdapat berbagai macam menu yang fungsinya berbeda-beda, diantaranya :

cara membuat hotspot mikrotik

Server

Menu yang berfungsi untuk menampilkan list daftar ethernet hotspot yang aktif. 1 ethernet di mikrotik hanya dapat membuat 1 hotspot server saja.

Server Profile

Tempat penyimpanan konfigurasi secara umum dari hotspot server. Pada setiap profile dapat digunakan untuk beberapa interface hotspot server. Adapun sub menu yang dapat di modifikasi hotspot server, diantaranya :

  • Pengaturan proxy transparent.
  • Pengaturan RADIUS.
  • Pengaturan halaman HTML.
  • Metode Autentikasi.

User

Menu ini berfungsi untuk :

  • Dapat memberikan batas waktu dan limit.
  • Menampilkan daftar tabel user dan password.
  • Dapat mengatur alamat IP untuk user.
  • Dapat mengatur profile yang dipilih untuk user.

Active

Berfungsi untuk memonitoring user yang aktif atau user yang sudah di autentikasi ke hotspot server secara realtime.

Host

Untuk memonitoring semua perangkat yang terhubung dengan host port / ethernet server baik yang dapat digunakan sudah login ataupun belum.

Pengertian flag pada tabel host :

  • S –User yang sudah ditentukan IP nya pada IP binding.
  • H –User yang menggunakan IP DHCP.
  • D –User yang menggunakan IP statik.
  • A –User yang sudah melakukan login.
  • P –User yang di bypass pada IP binding.

IP Binding

Dapat melakukan Bypass user baik IP dan MAC address sehingga user tidak harus login terlebih dahulu. Selain itu, menu ini juga dapat memblokir user baik dari IP dan MAC address sehingga tidak dapat menggunakan aksesdari hotspot.

Topologi

Setelah anda sudah mengetahui fungsi tiap-tiap menu pada fitur hotspot, maka pada pembahasan ini saya akan menggambarkan topologi sederhana untuk mempermudah anda dalam memahami tutorial membuat hotspot di mikrotik.

cara membuat hotspot mikrotik

Pada topologi diatas, dapat kita pahami bahwa ether1 dari mikrotik terhubung ke modem ISP DHCP server, lalu ether2 dihubungkan ke acces point pada port WAN dengan alamat IP 192.168.1/24.

Perangkat user yang ingin terhubung ke acces point harus mengisi username dan password yang telah kita buat, jika sudah terhubung akan diberikan IP pool secara default.

Cara Membuat Hotspot Di Mikrotik

Sekarang saatnya kita akan membahas cara membuat hotspot di mikrotik. Hal penting untuk anda ketahui bahwa fitur hotspot ini merupakan gabungan dari berbagai service yang ada, diantaranya:

  • DHCP Server, berfungsi untuk memberikan layanan IP otomatis pada user yang login di hotspot.
  • Firewall NAT, digunakan untuk mentranslasikan IP user ke IP yang dapat dikenali internet.
  • Firewall Filter, digunakan untuk memblock user yang belum melakukan login dan lain-lain.

Adapun langkah-langkah dalam membuat hotspot di mikrotik adalah sebagai berikut :

1. Lakukan reset routerboard mikrotik untuk mengembalikan setelan ke pengaturan pabrik. Caranya sudah saya buatkan artikel lainnya DISINI

2. Hubungkan kabel UTP dari laptop/PC ke port ethernet router Mikrotik.

3. Setelah itu buka aplikasi winbox, jika belum punya silahkan download DISINI.

4. Hubungkan router mikrotik anda agar dapat akses internet. Adapun langkah-langkahnya silahkan klik DISINI

5. Lalu setting hotspot di Mikrotik, pada langkah ini akan saya jelaskan pada sub judul dibawah.

Cara Setting Hotspot Di Mikrotik

Setelah router mikrotik anda sudah terhubung ke internet, ada beberapa konfigurasi yang harus anda lakukan untuk membuat hotspot di mikrotik. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini secara berurutan.

1. Buka di menu IP > Hotspot > Hotspot Setup

cara membuat hotspot mikrotik

2. Tentukan interface mana yang akan digunakan untuk menjalankan. Contoh ether2, lalu klik ”Next”.

3. IP Address yang ada di interface akan terisi secara otomatis, namun jika belum ada IP yang terdeteksi, maka anda dapat menentukan IP nya, lalu klik ”Next”.

4. Range IP Address akan terisi secara otomatis, namun anda juga dapat menentukan range IP Address yang akan diberikan ke user. Setelah itu klik ”Next”.

5. SSL-Certificate digunakan untuk login HTTPS, jika anda tidak memiliki sertifikat SSL pilih ”none”, setelah itu klik ”Next”. 

6. SMTP Server digunakan untuk server hotspot, sehingga setiap client akan di redirect ke SMTP. Jika anda tidak menyediakan SMTP Server, maka biarkan secara ”default (0.0.0.0)”, setelah itu klik ”Next”. 

7. Setelah itu anda diperintahkan untuk menentukan alamat DNS server, pada contoh ini saya menggunakan DNS Server Google (8.8.8.8), Lalu klik Next.

8. Selanjutnya memasukkan nama DNS untuk local hotspot server. Disini saya memakai DNS namanya “praktekotodidak.com”. Jika tidak diisi maka halaman login akan menggunakan url IP Address.

9. Langkah terakhir, buat username dan password untuk login di browser lalu klik “Next” dan router mikrotik akan reboot dengan sendirinya.

Uji coba Koneksi Hotspot Mikrotik

Setelah melakukan setting hotspot di mikrotik, tahap terakhir adalah melakukan pengetesan dengan cara mengkoneksikan hotspot mikrotik ke perangkat. Sebelum itu anda harus settingan Acess Point yang akan anda gunakan nanti. Jika anda menggunakan perangkat ”Tenda” atau ”nanostation” sebagai acess pointnya, maka tutorialnya bisa di lihat dibawah ini.

Setting tenda sebagai access point

Setting nanostation sebagai access point

Setelah Acess Point yang anda gunakan sudah di setting, maka anda sudah siap untuk uji coba Koneksi Hotspot. Berikut langkah-langkahnya :

1. Hubungkan port PoE In (ethernet1) router Mikrotik ke port WAN pada Acces point

2. Aktifkan “Wifi” perangkat user (komputer/android) dan hubungkan ke hotspot acces point yang digunakan. Jika berhasil maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini ..

cara membuat hotspot mikrotik

3. Login menggunakan “username” dan “password” yang telah di buat sebelumnya. Jika berhasil login maka anda sudah bisa mengkases internet dari wifi tersebut.

Begitulah cara membuat hotspot di mikrotik. Sangat mudah bukan !!! jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat terima kasih .

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top