Cara Membuat Mikhmon Online Gratis Lengkap

Pada umumnya mikhmon dapat dijadikan secara online menggunakan server hosting, sedangkan untuk koneksi dengan mikrotik nya menggunakan layanan VPN Remote API. Dengan kata lain, maka kita harus membayar kepada penyedia layanan hosting dan VPN tersebut. Lagi pula tidak semua penyedia hosting tersebut membuka port mikhmon nya karena alasan keamanan. Namun kita masih dapat membuat mikhmon online tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Caranya adalah dengan menggunakan hosting gratis dari 000webhost.com.

Untuk itulah pada tutorial kali ini saya akan membahas cara membuat mikhmon online tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Dengan menggunakan mikhmon online, maka kita dapat mengakses nya dari jarak jauh lewat jaringan luar. Jika anda ingin menggunakan mikhmon online secara gratis, maka anda sudah berada pada artikel yang tepat. Langsung saja berikut langkah-langkahnya..

Upload mikhmon di Hosting

Langkah pertama dalam membuat mikhmon online gratis adalah mengupload mikhmon di Hosting 000webhost.com. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka halaman https://www.000webhost.com/free-website-sign-up untuk mendaftar hosting gratis

2. Masukkan email dan password lalu klik SIGN UP

3. Buka email yang sudah anda daftar lalu pilih click to verify your email

membuat mikhmon online gratis

4. Selanjutnya pilih Get start lalu masukkan Nama > password > Submit untuk membuat nama website. Nama ini nantinya akan menjadi alamat URL mikhmon yang berakhiran .000webhostapp.com. Contoh : praktekotodidak.000webhostapp.com

membuat mikhmon online gratis

5. Setelah itu pilih manage website lalu klik Tools > File Manager > Upload file

6. Pada tahap ini kita sudah masuk di file manager, selanjutnya pilih public_html lalu klik upload file di menu sebelah kanan atas.

7. Klik select file lalu upload file mikhmon.zip yang telah di download sebelumnya.

8. Arahkan kursor pada file mikhmon.zip lalu klik kanan dan pilih Extract

9. Selanjutnya Klik folder mikhmon lalu pilih Select all pada sub foldernya

10.Lalu klik kanan > Move dan pilih  Change untuk mengarahkan ke folder public_html

11. Jika anda sudah mengupload mikhmon nya dengan benar, maka seharusnya anda sudah bisa membuka mikhmon secara online melalui alamat url yang telah dibuat sebelumnya.  

membuat mikhmon online gratis

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kita sudah berhasil membuat mikhmon online secara gratis, namun belum bisa digunakan untuk manajemen hotspot. Hal ini karena kita belum mengkoneksikan mikhmon online ke router mikrotik. Untuk lebih jelas, simak penjelasannya dibawah ini !

Menghubungkan mikhmon online dengan mikrotik

Secara garis besar, tahap-tahap dalam menghubungkan mikhmon online gratis yang ada pada tutorial ini adalah sebagai berikut :

  • Dapatkan IP Publik Modem ISP
  • Setting DMZ Function 
  • Setting DDNS

Berikut pembahasan singkatnya…

Mendapatkan IP Publik Modem ISP

Tahap pertama dalam membuat mikhmon online gratis adalah IP dari modem ISP anda harus menggunakan IP Publik, bukan IP Private. Contoh IP private indihome/telkom biasanya berawalan 10.x.x.x. Berhubung internet saya berlangganan indihome, maka anda dapat membaca tutorial Cara Mendapatkan IP Public di IndiHome.

Setelah anda sudah mendapatkan IP Publik dari modem ISP, maka langkah selanjutnya adalah setting DMZ Function dan DDNS (Dynamic DNS) pada Router/modem ISP. Hal ini diperlukan agar router mikrotik terhubung dengan mikhmon online. Simak tutorialnya dibawah ini !

Setting DMZ Function Pada Modem ISP

Secara fungsi, fitur DMZ Function ini hamper sama dengan Port Forwarding yaitu untuk membuka akses perangkat pada jaringan lokal (IP privat) agar bisa diakses dari jaringan publik (internet) menggunakan port tertentu.

DMZ Function ini digunakan untuk memforward port API mikrotik. Namun jika anda ingin menggunakan fungsi Port Forwarding, maka silahkan dibaca : Port Forwarding Modem Indihome

Sebagai contoh disini saya menggunakan modem indihome huawei hg8245h5. Sebagian besar jenis modem pada ISP ini juga dapat berfungsi sebagai router. Jadi apabila anda menggunakan jenis router huawei lain, maka langkah-langkah konfigurasinya kurang lebih hampir sama.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka 192.168.100.1 di browser untuk login Router hg8245h5.
  • Isi username dan paaswordnya. Defaultnya : admin
  • Masuk ke System information > DMZ Function > New
  • Centang Enable DMZ lalu pilih nama WAN di bagian “WAN Name”
  • Masukkan alamat IP yang terhubung ke mikrotik dibagian ”Host address”
  • Terakhir klik Apply
membuat mikhmon online gratis

Setting DDNS Pada Pada Modem ISP

DDNS (Dynamic DNS) berfungsi untuk menerjemahkan IP public dinamis sehingga IP address dapat diperbaharui secara otomatis pada DNS. Apabila IP publik pada router anda masih bersifat dinamis, maka anda dapat memanfaatkan sistem DDNS ini.

Secara umum, alamat IP router indihome/telkom ini bersifat dinamis yang artinya dapat berubah-ubah ketika router dimatikan/direstart. Solusinya anda harus membuatnya menjadi statis. Adapun cara atau solusi lainnya yaitu menggunakan DDNS.

Untuk mendapatkan DDNS ini, kita perlu mendaftar pada salah satu penyedia layanan Dynamic DNS. Pada tutorial ini, saya menggunakan penyedia DDNS gratis yaitu noip.com. Adapun cara mendaftar beserta konfigurasinya bisa dilihat pada artikel Membuat DDNS Gratis Menggunakan NO-IP. Setelah mengikuti tutorialnya, barulah anda bisa melanjutkan setting DDNS Pada Router ISP.

Adapun langkah-langkah dalam melakukan setting DDNS Pada Router Huawei HG8245H5 adalah sebagai berikut.

  • Login ke Router lalu buka Advanced > Aplication > DDNS
  • Setelah itu klik tombol “New” lalu Centang Enable DDNS, lalu pilih nama WAN yang digunakan di router anda
  • Masukkan dengan nama domain dari no-ip.com pada kotak domain Name
  • Pilih “no-ip” dibagian “Service Provider”
  • Isi dynupdate.no-ip.com dibagian “Host of the service provider”
  • Pada ”service port” isi dengan 80
  • Masukkan username dan password saat anda mendaftar no-ip.com.
  • Terakhir klik Apply dan refresh halaman brosernya.
membuat mikhmon online gratis

Perhatikan gambar diatas, jika tampillanya “Run State” Up dan”Last Error” None (Update Success), maka anda sudah berhasil melakukan setting DDNS Pada Router Huawei HG8245H5.

Pengetesan

Untuk mengecek apakah mikhmon online sudah terkoneksi dengan mikrotik, cobalah untuk membuka mikhmon online melalui alamat url yang telah dibuat pada hosting lalu klik ”add router” untuk menghubungkan mikhmon online dengan mikrotik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  • Isi “Session Name” dan ”Hotspot name” sesuai keinginan.
  • Lalu masukkan ”IP Mikrotik” dengan domain name yang sudah didapatkan dari no-ip.com.
  • Masukkan ”Username” dan ”Password” mikrotik anda.
  • Pada bagian ”DNS name” isi dengan alamat IP atau nama DNS yang terdapat di menu IP > Hotspot > server profile pada mikrotik.
  • Klik tombol “Save” dan ”Connect”

Jika anda sudah mengikuti langkah-langkah pada tutorial membuat mikhmon online gratis ini dengan benar, maka seharusnya anda sudah berhasil menghubungkan mikhmon online dengan mikrotik.

Sekarang kita akan menguji apakah mikhmon online ini bisa diakses dari jarak jauh melalui jaringan luar. Disini saya mencoba mengaksesnya lewat android menggunakan jaringan GSM di tempat yang jauh dari jangkauan hotspot.

membuat mikhmon online gratis

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, menandakan bahwa tutorial membuat mikhmon online gratis ini sudah berhasil. Namun jika anda masih gagal, cobalah untuk mengubah port API : 8728 ikuti tutorial nya dibawah ini.  

Mengubah port MikroTik & Mikhmon

Pada umunya penyedia layanan hosting ini hanya membuka port-port tertentu saja seperti 80 dan 21 sedangkan port lainnya seperti 8728 (API mikrotik) tidak dibuka dengan alasan keamanan. Oleh sebab itu itu anda harus mengubah settingan port di webserver mikhmon.

1. Masuk ke folder public_html lalu pilih folderfolder “lib”.

2. Edit file “routeros_api.class.php” dengan cara klik kanan dan pilih “Edit”

3. Lalu cari baris kode berikut :

var $port = 8728;  //  Port to connect to (default 8729 for ssl)

4. Ganti port pada kode baris tersebut menjadi :

var $port = 21;  //  Port to connect to (default 8729 for ssl)

5. Ubah juga port API dari mikrotik dengan cara sebagai berikut

  • Masuk ke IP > service lalu “disable” port 21 ftp
  • Klik port API 8728 lalu ubah port dari 8728 menjadi 21

5. Hubungkan kembali Mikhmon webserver dengan mikrotik anda. maka seharusnya anda sudah berhasil menjalankan mikhmon online secara gratis.

membuat mikhmon online gratis

Begitulah tutorial lengkap tentang cara membuat mikhmon online tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Dengan menggunakan mikhmon online, maka kita dapat mengakses nya dari jarak jauh lewat jaringan luar. Semoga berhasil dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top