Menambah kapasitas Drive C Tanpa Instal Ulang

Menambah kapasitas Drive C Tanpa Install Ulang – Pada saat kita membeli sebuah laptop baru, maka  hard disk di dalamnya sudah dibagi menjadi dua partisi, yakni drive C dan drive D. Untuk drive C digunakan untuk penginstallan sistem operasi dan program sehingga ukurannya lebih kecil dari drive D yang mana sebagai tempat penyimpanan data.

Namun anda dapat menyesuaikan sendiri kapasitas hardisk tersebut menggunakan aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut digunakan untuk membagi / partisi ruang hard disk kembali sesuai keperluan.

Baca JUga : Perbedaan Format NTFS FAT32 Dan Exfat

Jika ruang penyimpanan pada drive C ukurannya kecil akan memberikan dampak negatif pada sistem seperti lemot, hang dan lain-lain. Untuk menghindari hal tersebut, maka kita harus  menambah kapasitas drive C. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas drive C tanpa instal ulang, diantaranya :

  1. Disk Management
  2. Minitool Partition Wizard
  3. Aomei Partition Assistant
  4. EaseUS Partition Master

Aplikasi diatas tidak hanya digunakan untuk drive C saja, tapi bisa juga untuk partisi lainnya yang ada pada laptop/PC anda. Pada tutorial ini saya akan memberikan contoh menambah kapasitas drive C tanpa instal ulang. Langsung saja, berikut beberapa langkah untuk menambah kapasitas drive C menggunakan aplikasi diatas.

Menggunakan Disk Management

Cara pertama kita akan menggunakan fitur bawaan dari sistem operasi Windows yaitu Disk Management. Dengan begitu, maka anda dapat menambah kapasitas partisi tanpa aplikasi tambahan.

Berikut cara menambah kapasitas drive C dengan disk management

1. Klik Start Windows lalu ketik “Disk Management” di kolom pencarian.

2. Setelah itu pilih “Create and format hard disk partitions”.

3. Klik kanan Local Disk C, lalu, pilih “Extend Volume”.

4. Jika muncul kotak dialog dari Extend Volume Wizard, klik ”Next” saja.

5. Setelah itu atur volume yang ingin ditambahkan sesuai space yang tersedia, lalu klik “Next”.

6. Klik ”Finish” jika muncul kotak dialog lagi, dan hasilnya seperti gambar berikut ini.

Meskipun Disk Management hanya aplikasi bawaan windows, tapi secara fungsi juga tidak kalah sama aplikasi pihak ketiga. Jadi, selain menambah kapasitas partisi, aplikasi ini juga bisa digunakan membagi partisi hardisk. Selengkapnya baca : Membagi Partisi Hardisk Pada Windows 11,10,8,7

Menambah Kapasitas Drive C Dengan Minitool Partition Wizard

Jika pada cara pertama tersebut tidak berhasil, anda bisa memakai aplikasi tambahan yang bernama Minitool Partition Wizard. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menambah, menyatukan, recovery dan menghapus partisi dengan cepat. Silahkan download aplikasi ini di situs resminya klik DISINI

Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi Minitool Partition Wizard:

1. Buka aplikasi Minitool, lalu klik kanan Partisi C.

2. Setelah itu klik menu “Extend”.

3. Pilih disk yang memiliki free space lebih untuk ditambahkan ke penyimpanan C.

4. Kemudian klik “OK” dan “Apply”.

5. Jika muncul kotak dialog, klik ”YES” saja.

6. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, lalu klik ”OK”.

Adapun hasilnya terlihat pada gambar dibawah ini.

Menambah Kapasitas Drive C Dengan aomei Partition Assistant

Pada cara ketiga kita akan menggunakan aomei Partition Assistant. Sama seperti minitool,  aplikasi ini bisa menambahkan kapasitas, mengatur ukuran drive dan lainnya. Silahkan download aplikasi ini di situs resminya klik DISINI

Berikut cara menambah kapasitas drive C dengan aomei Partition Assistant.

1. Buka aplikasi Aomei Partition Assitant, lalu pilih disk yang mempunyai space lebih untuk digabungkan ke drive C.

2. Setelah itu klik kanan disk tersebut dan pilih menu ”Resize Partition”.

4. Aturlah space yang ingin anda dikosongkan dengan menggeser atau mengetikkan jumlahnya di kolom Partition Size tersebut. Tapi sebaiknya jangan di geser sampai terlalu penuh karena drive tersebut akan penuh.

5. Jika sudah klik “OK”, lalu klik kanan pada disk C dan pilih menu ”Merge Partition”.

6. Kemudian centang space kosong di opsi Unallocated dan drive C, lalu klik OK.

Adapun hasilnya terlihat pada gambar dibawah ini ..

Menambah kapasitas drive C dengan easeus partition master

Pada tahap yang terakhir kita akan menggunakan aplikasi EaseUS. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap seperti seperti menyalin, membagi, memformat, dan menggabungkan. Namun jika anda menggunakan versi free maka fitur nya juga akan dibatasi. Silahkan download aplikasi ini di situs resminya klik DISINI

Berikut cara menggunakan easeus partition master untuk ,enambah kapasitas drive C

1. Buka EaseUS Partition Master lalu pilih disk yang ingin dibagi

2. Lalu klik kanan saja pada disk yang ingin dibagi lalu pilih ”Resize/Move”

3.Aturlah space pada partisi yang ingin anda dikosongkan dengan menggeser atau mengetikkan jumlahnya di kolom Partition Size tersebut.

4. Setelah itu akan ada partisi baru Secara otomatis bernama ”Unallocated Space”. Partisi inilah yang akan kita gunakan untuk menambah kapasitas drive C.

5. Klik tombol ”OK” dan klik tombol ”Apply” di bar atas untuk menerapkan perubahan.

Langkah diatas juga dapat anda terapkan jika anda hanya memiliki 1 ruang penyimpanan dan berniat untuk membaginya menjadi 2 atau lebih.

6. Setelah itu klik kanan pada disk C dan pilih menu ”Merge”.

7. Centang space kosong pada partisi Unallocated yang telah dibuat tadi. Anda juga dapat menambah beberapa partisi lain yang ingin digabungkan, ketika sudah menjadi satu kesatuan partisi lalu tentukan format yang diinginkan.

8. Setelah itu klik OK dan klik tombol ”Apply” di bar atas untuk menerapkan perubahan.

Setelah proses selesai, maka ukuran Drive C sudah bertambah sesuai dengan unallocated space yang telah kita buat. Anda tidak perlu khawatir karena data nya tidak akan hilang. Namun jika anda menggunakan fungsiuntuk partisi hardisk lainnya, maka sebaiknya data tersebut dibackup dulu.

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas drive C tanpa instal ulang. Namun dengan menggunakan salah satu dari 4 aplikasi diatas sudah cukup membantu untuk mempartisi dan menambah kapasitas ruang penyimpan drive pada laptop,komputer anda. Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top