Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Userman

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mengetahui cara install dan setting userman. Namun ada beberapa kasus yang mana userman hotspot tidak dapat dibuka di browser. Untuk itulah pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi tidak bisa login userman di mikrotik.

Adapun cara login hotspot Userman di mikrotik adalah dengan mengetikan http://ip-mikrotik/userman di browser, contoh: http://192.168.14.1/userman.

Penyebab Userman Tidak Bisa Login

Penyebab userman tidak bisa login ini biasanya hanya terdapat kesalahan pada port http yang ada di menu IP – SERVICE. Penjelasan tentang port ini sudah pernah saya bahas DISINI. Secara default, port http mikrotik adalah 80 yang digunakan untuk mengakses mikrotik menggunakan web browser.

Mengatasi Tidak Bisa Login Userman

Berdasarkan penjelasan diatas, maka cara mengatasi tidak bisa login userman di mikrotik hanya dengan merubah port http nya saja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Login mikrotik menggunakan winbox
  • Setelah itu klik menu IP > SERVICE
  • Di bagian Ip service list, pilih Name : www dan Port : 80
  • Rubah port dengan nilai 80 tadi dengan port kosong yang anda miliki, contoh : 81, 8080
  • Terakhir klik OK untuk menyimpan

Pada gambar diatas, port www tersebut saya ubah menjadi 81, maka untuk melakukan login userman di browser adalah mengetikkan seperti ini http://ipmikrotikhotspot:port/userman. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

cara mengatasi tidak bisa login userman

Seperti tampak gambar diatas, 192.168.14.1 adalah ip mikrotik yang saya gunakan, sedangkan 81 adalah port yang saya gunakan untuk port http. Jadi ketikkan di browsernya adalah : http://192.168.14.1:81/userman.

Mengatasi Lupa Username dan Password Userman

Jika anda tidak bisa login userman karena lupa username dan password, maka anda dapat melakukan reset menggunakan winbox. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Login ke mikrotik menggunakan winbox
  • Klik menu new terminal
  • ketikan command atau perintah¬†“tool user-manager database clear”

Penutup

Begitulah tutorial tentang cara mengatasi tidak bisa login userman. Sekian untuk artikel kali ini, semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share artikel ini dan follow akun kami di media lainnya agar tidak ketinggalan informasi dan tutorial yang tentunya akan sangat bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Silahkan menonaktifkan pemblokir iklan ini. Lalu refresh halaman ini untuk membuka konten ini !!!

Scroll to Top