Mengukur kapasitor dengan multimeter

Kapasitor merupakan salah satu dari komponen elektronika yang mana salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan muatan listrik dalam sementara waktu. Adapun alat untuk mengetahui atau mengukur nilai Kapasitor yaitu Capacitance Meter, LCR Meter dan Multimeter.

Mengukur kapasitor dengan multimeter

Saat ini sudah banyak sekali jenis Multimeter Digital yang berfungsi untuk mengetahui nilai Kapasitor sehingga anda tidak perlu lagi membeli alat khusus untuk mengetahui suatu nilai kapasitansi. Meskipun begitu, Multimeter Digital tentunya mempunyai batas tertentu dalam mengukur kapasitansi suatu kapasitor.

BACA JUGA : penjelasan kapasitor lengkap

Untuk mengetahui kerusakan Kapasitor, kita juga bisa memakai multimeter analog skala resistansi (Ohm). Walaupun kita tidak dapat mengetahui secara pasti nilai kapasitansi suatu kapasitor, namun cukup berguna jika anda ingin mengetahui apakah kapasitor tersebut dalam keadaan Short atau rusak.

Mengukur Kapasitor dengan Multimeter Analog

Berikut ini adalah Cara menguji Kapasitor Elektrolit (ELCO) dengan Multimeter Analog :

  • Atur posisi skala Selektor ke Ohm (Ω) dengan skala x1K
  • Hubungkan Probe Merah (Positif ) ke kaki Kapasitor Positif
  • Hubungkan Probe Hitam (Negatif) ke kaki Kapasitor Negatif
  • Periksa Jarum yang ada pada Display Multimeter Analog,
  • Jika Jarum bergerak naik dan kemudian kembali lagi berarti Kapasitor nya masih bagus.
  • Kapasitor yang rusak : Jarum bergerak naik tetapi tidak kembali lagi atau Jarum tidak naik sama sekali berarti kapasitornya sudah rusak

Mengukur Kapasitor dengan Multimeter Digital

Cara mengukur Kapasitor dengan Multimeter Digital ini hanya dapat digunakan pada Multimeter Digital yang yang mempunyai fitur Kapasitansi Meter

mengukur kapasitor dengan multimeter
  • Atur posisi skala Selektor ke tanda atau Simbol Kapasitor
  • Hubungkan Probe ke terminal kapasitor.
  • Baca Nilai Kapasitansi Kapasitor tersebut.

Note : Cara pengukuran pada alat LCR meter dan Capacitance Meter hampir sama dengan cara menggunakan Multimeter Digital, dan tentunya hasil pengukuran akan lebih akurat jika dibandingkan dengan Multimeter Digital

Alat ukur mana yang harus dipilih ?

Pada gambar dibawah ini merupakan salah satu alat ukur khusus untuk mengukur kapasitor yaitu Capacitance meter dan LCR Meter.

mengukur kapasitor dengan multimeter

Seperti pada pembahasan saya sebelumnya, maka kedua alat ukur inilah yang harus dipilih karena lebih akurat. Namun saya lebih menyarankan capacitance meter, karena mempunyai tingkat akuransi paling tinggi dibandingkan dengan alat ukur lainnya dalam hal pengukuran kapasitor. Capacitance meter juga banyak diaplikasikan pada pengukuran peralatan radio dan instrumentasi.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top