Pembahasan lengkap Sensor ultrasonic hc-sr04

Sensor ultrasonic hc-sr04 adalah modul elektronik yang mendeteksi sebuah objek menggunakan suara. sensor ultrasonic terdiri dari sebuah transmitter (Pemancar) dan sebuah receiver (penerima). Transmitter berfungsi untuk memancarkan sebuah gelombang suara kearah depan. Jika ada sebuah objek didepan transmitter maka sinyal tersebut akan memantul kembali ke Receiver

BACA JUGA : Alarm phsyical distancing arduino

DEFINISI SENSOR ULTRASONIC

Sensor ultrasonik adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mengubah besaran fisis (bunyi) menjadi besaran listrik dan sebaliknya. Disebut sebagai sensor ultrasonik karena sensor ini menggunakan gelombang ultrasonik (bunyi ultrasonik). Salah satu sensor ultrasonik yang paling sering dijumpai adalah sensor ultrasonic hc-sr04.

Fungsi sensor ultrasonic hc-sr04 

Fungsi sensor ultrasonic adalah mendeteksi benda atau objek di hadapan sensor. untuk penerapannya sensor ultrasonic hc-sr04 banyak digunakan seperti pada robot jenis obstacle atau robot pemadam api. Selain itu dapat juga diterapkan pada kendaraan untuk mencegah tabrakan dan sebagai radar sederhana atau digunakan untuk mengukur jarak antara penghalang dan sensor.

Komponen sensor ultrasonic hc-sr04

Piezoelektrik

Fungsi dari komponen ini adalah mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang menghasilkan gelombang ultrasonik maupun sebaliknya

Transmitter

Komponen yang berfungsi untuk memancarkan gelombang ultrasonik yang dihasilkan oleh piezoelektrik ke objek yang ingin diukur jaraknya

Receiver

Berfungsi untuk menerima pantulan gelombang ultrasonik dari objek yang ingin diukur jaraknya

Pinout dan Spesifikasi

Sensor ultrasonic hc-sr04
  • VCC = 5V Power Supply. Pin sumber tegangan positif sensor
  • Trig = Trigger/Penyulut. Pin ini yang digunakan untuk membangkitkan sinyal ultrasonik.
  • Echo = Receive/Indikator. Pin ini yang digunakan untuk mendeteksi sinyal pantulan ultrasonik.
  • GND = Ground/0V Power Supply. Pin sumber tegangan negatif sensor

CARA KERJA DAN KARAKTERISTIK HC-SR04

Sensor ultrasonic hc-sr04 memiliki 2 komponen utama sebagai penyusunnya yaitu ultrasonic transmitter pada pin Trigger dan ultrasonic receiver pada pin pin Echo. Fungsi dari ultrasonic transmitter adalah memancarkan gelombang ultrasonik delapan pulsa dengan frekuensi 40 KHz dengan durasi 10 μS (10 mikrodetik).

Sensor ultrasonic hc-sr04

Delapan pulsa ultrasonik bergerak melalui udara menjauh dari transmitter dan mengarah ke benda atau obyek yang ada di depannya. kemudian ultrasonic receiver menangkap hasil pantulan gelombang ultrasonik yang mengenai suatu objek. sehingga pin Echo menjadi HIGH / TINGGI untuk mulai membentuk awal sinyal gema. Jika tidak ada sinyal ultrasonik yang dipantulkan atau diterima oleh receiver selama rentang 38 mS (mili detik), maka pin Echo akan Timeout dan menjadi LOW / RENDAH. yang artinya tidak ada obyek atau benda

sensor ultrasonic hc-sr04 adalah

Waktu tempuh gelombang ultrasonik dari pemancar hingga sampai ke penerima sebanding dengan 2 kali jarak antara sensor dan bidang pantulnya. Lebar rentang waktu dari sinyal ECHO inilah yang digunakan untuk mengukur jarak antara sensor dengan obyek atau benda.

sensor ultrasonic hc-sr04 adalah

Adapun rumus sensor ultrasonik tersebut diambil dari rumus kecepatan, karena sudah diketahui kecepatan rambat bunyi berada di kisaran 340 m/s= 0.034 cm/μS.

Jadi, jika waktu pengukuran adalah t dan kecepatan suara adalah 340 m/s, maka jarak antara sensor dengan objek dapat dihitung dengan menggunakan Persamaan dibawah ini :

Keterangan :

S = Jarak antara sensor dengan objek (m)
t = Waktu tempuh gelombang ultra sonic dari transmitter ke receiver (s)

1 komentar untuk “Pembahasan lengkap Sensor ultrasonic hc-sr04”

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top